Atasi Episkleritis dengan Obat Tetes Mata, Efektifkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Atasi Episkleritis dengan Obat Tetes Mata, Efektifkah?

Halodoc, Jakarta - Episkleritis adalah salah satu kondisi gangguan kesehatan pada mata yang berupa peradangan mata. Peradangan biasanya terjadi diantara jaringan sklera dan konjungtiva pada mata. Sklera adalah lapisan putih pada bola mata, sedangkan konjungtiva merupakan lapisan yang melapisi sklera

Peradangan yang terjadi pada mata dapat membuat mata terlihat memerah, iritasi, dan terasa tidak nyaman pada mata. Namun jangan khawatir kondisi ini masih tergolong dalam kondisi kesehatan yang ringan.

Baca juga: Begini Cara Mengobati Mata Merah Akibat Episkleritis

Gejala Episkleritis

Ada beberapa gejala yang dialami seseorang ketika mengalami kondisi episkleritis, namun gejala yang paling terlihat adalah mata yang menjadi kemerahan. Kondisi ini bisa dialami oleh salah satu sisi mata atau kedua mata. Selain itu, pengidap episkleritis mengalami kondisi mata yang berair terus menerus, sensitif terhadap cahaya, mata terasa panas dan gatal, serta terasa adanya benda asing pada mata.

Ada dua jenis kondisi episkleritis yang tentu berbeda satu sama lain. Pertama episkleritis sederhana, jenis yang paling banyak terjadi. Kondisi ini menyebabkan satu atau kedua mata memerah dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada mata. Kedua adalah episkleritis nodular. Kondisi ini membuat adanya benjolan yang meradang di sekeliling pembuluh darah. Biasanya, seseorang yang mengalami kondisi ini mengalami rasa yang lebih tidak nyaman dibandingkan kondisi episkleritis sederhana.

Diagnosis Episkleritis

Ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan untuk memastikan kondisi episkleritis, salah satunya adalah pengecekan melalui warna mata. Warna mata pengidap episkleritis bisa berubah menjadi kemerahan atau menjadi ungu pekat. Selain itu, dokter juga melakukan pemeriksaan menggunakan lampu celah. Dokter memberikan obat tetes mata untuk melebarkan pupil mata sehingga pemeriksaan mata lebih jelas.

Baca juga: Ada Bercak Merah pada Mata, Waspada Episkleritis

Pengobatan Episkleritis

Kondisi ini merupakan penyakit yang ringan sehingga perawatan di rumah bisa dilakukan untuk mengatasi episkleritis, salah satunya adalah penggunaan obat tetes mata. Penggunaan obat tetes mata bisa digunakan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada mata.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengompres mata dengan handuk dingin untuk mengurangi gejala pada kondisi episkleritis. Mengistirahatkan mata, menggunakan pelindung untuk mata saat beraktivitas di luar juga menjadi cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati kondisi episkleritis.

Komplikasi Episkleritis

Episkleritis tidak menimbulkan dampak penyakit serius dalam jangka panjang. Namun kondisi episkleritis bisa muncul kembali meskipun sudah sembuh. Sebaiknya segera periksakan pada tim medis jika episkleritis kembali menyerang.

Tidak ada salahnya untuk rutin melakukan cek kesehatan kamu khususnya kesehatan mata. Pengecekan ini untuk mengetahui gangguan yang ada pada mata lebih dini. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan mata kamu, gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 7 Cara Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Mata