Atasi Keratosis Pilaris dengan Perawatan Rumahan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
atasi-keratosis-pilaris-dengan-perawatan-rumahan-ini-halodoc

Halodoc, Jakarta – Pernah mengalami kondisi di mana permukaan kulit menjadi kasar dan muncul bentol-bentol kecil mirip jerawat? Itu adalah keratosis pilaris atau yang dikenal juga sebagai penyakit kulit ayam. Meski tidak mengganggu karena tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri, tetapi keratosis pilaris bisa mengurangi penampilan kulit pengidapnya. Namun, jangan khawatir, keratosis pilaris bisa diatasi secara mandiri di rumah, kok. Yuk, ketahui perawatan rumahan untuk mengatasi kondisi ini  di sini.

Mengenal Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris adalah penyakit kulit yang ditandai dengan bentol-bentol kecil seperti beruntusan yang bisa membuat kulit kasar, sehingga terasa seperti amplas. Bentol-bentol tersebut biasanya berwarna merah atau putih yang kadang-kadang bisa bengkak. Penyakit kulit ini paling sering muncul di kulit lengan, paha, pipi, dan bokong, tetapi bisa juga muncul di alis, wajah, atau kulit. Keratosis pilaris terjadi karena adanya penumpukan keratin pada kulit di satu area tubuh. Keratin sendiri adalah protein yang melindungi kulit dari zat berbahaya dan infeksi. Penumpukan keratin akhirnya menyumbat dan menghalangi folikel rambut.

Keratosis pilaris bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bila dialami oleh remaja dan anak-anak, masalah kulit ini biasanya bisa sembuh dengan sendirinya saat mereka beranjak dewasa. Orang-orang yang memiliki jenis kulit kering juga berisiko tinggi mengalami keratosis pilaris. Masalah kulit tersebut bisa memburuk pada cuaca dingin, tetapi bisa hilang dengan sendirinya ketika suhu mulai lembap. Pengidap penyakit kulit tertentu, seperti eksim, psoriasis, alergi, atau infeksi jamur juga rentan mengalami keratosis pilaris.

Meski demikian, keratosis pilaris bukanlah penyakit kulit yang berbahaya serta tidak bisa menular dari satu orang ke orang lainnya.

Baca juga: 3 Gejala Keratosis Pilaris yang Perlu Diketahui

Pengobatan untuk Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus, karena penyakit kulit ini biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Kebanyakan pilihan pengobatan pun hanya bertujuan untuk melunakkan tumpukan keratin pada kulit. Berikut ini beberapa pilihan pengobatan untuk keratosis pilaris:

  • Topical exfoliants. Obat yang biasanya berbentuk krim ini bisa melembapkan kulit kering dan menyingkirkan sel kulit mati.

  • Topical retinoid. Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang bermanfaat untuk membantu proses pergantian sel serta mencegah penyumbatan folikel rambut. Obat ini biasanya juga berbentuk krim atau obat oles.

  • Terapi laser. Pengobatan ini dilakukan dengan cara menembakkan sinar laser ke bagian kulit yang terkena keratosis pilaris. Terapi laser ini perlu dilakukan beberapa kali agar bisa mendapatkan efeknya pada kulit.

Baca juga: Tak Perlu Pemeriksaan Khusus, Begini Cara Deteksi Keratosis Pilaris

Perawatan Rumahan untuk Keratosis Pilaris

Selain dengan obat-obatan di atas, kamu juga perlu melakukan beberapa perawatan di rumah agar keratosis pilaris bisa cepat sembuh. Berikut ini perawatan rumahan yang bisa membantu kamu mengatasi keratosis pilaris:

  • Sebaiknya jangan mandi terlalu lama, agar kulit tidak kering. Mandi selama 5 sampai 10 menit saja sudah cukup.

  • Gunakan sabun berbahan ringan yang tidak menggunakan pewangi dan pewarna.

  • Pasang alat pelembap ruangan atau humidifier di rumah untuk menjaga udara tetap lembab, sehingga kulit tidak cepat kering.

  • Gunakan pakaian longgar berbahan katun yang bisa menyerap keringat.

Baca juga: Kenali Xerosis yang Membuat Kulit Gatal dan Kering

Kalau ingin membeli obat-obatan yang kamu butuhkan untuk mengatasi keratosis pilaris, belinya lewat aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:

Stylecraze. Diakses pada 2019. 14 Home Remedies To Treat Keratosis Pilaris (Bumps On The Skin).
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Keratosis pilaris - Diagnosis and treatment.