Atasi Stres Selama Puasa dengan 4 Kegiatan Ngabuburit Seru

Atasi Stres Selama Puasa dengan 4 Kegiatan Ngabuburit Seru

Halodoc, Jakarta - Kegiatan mengisi waktu menjelang berbuka puasa di bulan Ramadan, atau biasa yang dikenal sebagai ngabuburit bisa dilakukan dengan beragam cara. Namun, ketika pikiran sedang dilanda stres selama puasa, kira-kira apa sih kegiatan ngabuburit yang tepat untuk dicoba?

Nah, berikut beberapa kegiatan ngabuburit seru yang bisa kamu lakukan untuk mengusir stres selama puasa.

Ngabuburit Seru Agar Tidak Stress

1. Berolahraga Ringan

Olahraga ringan juga bisa mengusir rasa letih, lesu, dan malas saat puasa. Enggak cuma itu, olahraga saat puasa pun juga bisa membuat kamu jadi lebih bersemangat. Nah, cocok kan dijadikan kegiatan ngabuburit ketika pikiran dilanda stres selama puasa?

Baca juga: 6 Olahraga Terbaik yang Bisa Dilakukan saat Ngabuburit

Ketika berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang bisa menimbulkan rasa bahagia. Enggak membutuhkan waktu lama kok untuk memunculkan produksi hormon ini. Menurut ahli dari University of Vermont, olahraga dalam 20 menit saja sudah bisa memperbaiki suasana hati hingga 12 jam.

Olahraga ringan yang bisa kita coba saat stres selama puasa adalah joging. Olahraga sejuta umat ini juga bisa kamu coba selama berpuasa. Kamu bisa melakukannya 30 menit sebelum berbuka. Joging punya banyak manfaat lho bagi kesehatan.

Rutin berjoging amat baik bagi kesehatan jantung. Pasalnya, olahraga ini bisa meningkatkan detak jantung dan mendorong paru-paru bekerja dengan kapasitas tertinggi. Menariknya lagi, joging juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

2. Membuat atau Berburu Takjil

Kita bisa mengusir stres selama puasa dengan memilih kegiatan ngabuburit yang seru, seperti membuat atau berburu takjil. Namanya juga puasa di bulan Ramadan, rasanya ada yang kurang kalau tak ada takjil di atas meja saat berbuka.

Nah, bagi kamu yang bosan dengan takjil yang itu-itu saja, cobalah takjil timur tengah yang enggak kalah lezatnya. Contoh menu takjilnya fattoush. Bagi kamu yang kurang familiar dengan menu ini, fattoush merupakan salad yang dibuat dengan sayuran segar dari roti pita panggang. Uniknya, menu ini punya ciri khasnya sendiri. Di dalam fattoush, terdapat sumac, yaitu bumbu rempah yang sering digunakan dalam makanan khas negara di Timur Tengah.

Menu ini berasal dari wilayah Levantine di Timur Tengah, termasuk Lebanon dan Suriah. Cara membuat dan resepnya sederhana. Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan keju, wortel, ataupun terong panggang, sesuai dengan seleramu ke dalam salad ini.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Dihindari Saat Menjalankan Ibadah Puasa

3. Shopping

Untuk sebagian orang, shopping atau berbelanja bisa menjadi cara terjitu untuk melawan stres, khususnya kaum hawa. Menurut peneliti di University of Michigan, berbelanja bisa menjadi terapi yang menghilangkan stres seseorang, dan membuat mereka lebih bahagia. Nah, enggak ada salahnya kan mencoba kegiatan ngabuburit yang satu ini?

4. Jalan-Jalan

Masih ada banyak lagi kegiatan ngabuburit yang bisa kita coba, salah satunya menikmati keindahan sore hari dengan jalan-jalan. Selain pergi ke objek-objek wisata (bagi dirimu yang sedang berwisata) yang menarik, kita juga bisa kok memilih tempat yang terbilang sederhana, seperti taman kota. Enggak ada salahnya bukan pergi ke taman untuk menunggu waktu berbuka puasa?  Di Jakarta sendiri, taman bisa menjadi pilihan untuk duduk santai menikmati pemandangan sore hari.

Baca juga: 5 Ide Ngabuburit Sehat yang Bisa Dilakukan dengan Anak

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!