Awas, Kebanyakan Begadang Timbulkan Masalah Kulit Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Awas, Kebanyakan Begadang Timbulkan Masalah Kulit Ini

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu terbiasa kurang tidur alias begadang? Tahukah kamu jika kebanyakan begadang tidak pernah memberikan efek baik untuk tubuh? Justru, kamu rentan mengalami berbagai masalah pada kesehatan. Kurang fit ketika terbangun, mudah lelah, hingga penurunan daya ingat dan risiko kematian bisa saja terjadi sebagai dampak dari kurang tidur yang menjadi kebiasaan. 

Tidur malam mutlak diperlukan, karena saat itulah tubuh melakukan regenerasi sel dan jaringan. Ketika kamu begadang, hal ini tidak terjadi, dan membuat sel pun jaringan tubuh menjadi lebih cepat rusak. Akibatnya, kamu rentan terserang berbagai penyakit. Tidak hanya itu, ternyata kebanyakan begadang bisa memicu terjadinya beragam masalah kulit. Apa saja?

  • Membuat Wajah Terlihat Lebih Tua

Mungkin kamu tidak percaya, tapi benar jika kamu adalah pengidap insomnia atau memiliki kebiasaan begadang memiliki wajah yang terasa lebih tua, sekitar 10 tahun lebih jauh dari usiamu saat ini. Pasalnya, pengidap insomnia maupun orang-orang yang gemar begadang memunculkan kerutan halus di wajah lebih cepat, karena kolagen menghalangi pembentukan kerutan pada wajah. 

Baca juga: Begadang Bisa Ganggu Fungsi Hati, Kenapa?

  • Jerawat yang Bermunculan

Tidak cukup waktu tidur akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mental kamu. Tentu saja, ini memicu munculnya stres dan depresi. Bisa saja, kamu punya masalah yang tidak selesai, dan kurang tidur karena terlalu larut dalam masalah membuat stres dan depresi hadir tanpa mengenal waktu. Stres memicu meningkatkan hormon kortisol, dan jumlahnya yang terlalu tinggi akan rentan menyebabkan peradangan, termasuk pada kulit. 

Salah satu peradangan pada kulit yang sering terjadi sebagai dampak dari kurang tidur adalah jerawat. Jadi, jangan heran kalau tiba-tiba jerawat bermunculan di wajah setelah kamu terbiasa dengan begadang. Pasalnya, hormon kortisol memicu peningkatan produksi minyak pada wajah, dan minyak berlebih juga menjadi penyebab munculnya jerawat yang mengganggu. 

Baca juga: Sering Begadang, Fungsi Otak Bisa Menurun

  • Membesarnya Kantung Mata

Kantung mata atau mata panda juga menjadi dampak negatif yang terjadi ketika kamu kebanyakan begadang. Ini terjadi karena pelebaran pembuluh darah pada area bawah mata, sehingga membuat seperti ada kantong mata atau mata panda. Semakin sering kamu begadang, maka mata panda ini semakin terlihat. Tentu saja, hal ini memengaruhi penampilan kamu. 

  • Kulit Tampak Lebih Kusam

Masalah kulit berikutnya yang pasti kamu alami ketika kurang tidur adalah kulit yang menjadi lebih kusam. Insomnia atau sering begadang membuat kekebalan tubuh menurun, sehingga potensi terjadinya peradangan pun semakin meningkat. Sayangnya, peningkatan peradangan ini menghambat kerja kolagen dan asam hyaluronic untuk membuat kulit wajah tetap cerah. Inilah yang membuat kulit kamu terlihat lebih kusam dan pucat. 

Baca juga: Sering Begadang Waspada Risiko Alzheimer

Memang, insomnia menjadi penyakit pada beberapa orang. Namun, tetap saja kamu tidak boleh membiarkannya, apalagi setelah mengetahui dampak dari kebanyakan begadang atau insomnia yang tidak teratasi. Jadi, ketika kamu merasa susah tidur, kamu bisa langsung bertanya pada dokter cara mudah mengatasinya. Kamu bisa pakai aplikasi Halodoc dengan memilih fitur Tanya Dokter

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2019. Lack of Sleep Hurts Your Looks. 
Everyday Health. Diakses pada 2019. Is Insomnia Causing Your Dark Circles?
Everyday Health. Diakses pada 2019. 6 Amazing Reason to Sleep for Skin Health.