Badan Pegal Setelah Perjalanan Mudik, Haruskah Pijat?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Badan Pegal Setelah Perjalanan Mudik, Haruskah Pijat?

Halodoc, Jakarta – Lamanya perjalanan mudik dan banyaknya aktivitas di kampung halaman dapat memberikan rasa lelah atau pegal-pegal setelah perjalanan mudik selesai. Banyak alasan yang membuat kesehatan kamu menurun, kurangnya waktu berisitirahat bisa menjadi salah satu alasan badan pegal-pegal setelah sesampainya di rumah.

Baca juga: 5 Cara agar Tetap Fit dan Sehat Saat Mudik

Rasa pegal terkadang terasa mulai dari bagian leher, punggung hingga bagian kaki. Lalu apakah badan pegal setelah perjalanan mudik bisa dihilangkan dengan melakukan pijat tubuh? Ya, untuk menghilangkan badan pegal pijat memang menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk membuat tubuh kamu kembali segar.

Nyatanya, pijatan-pijatan lembut pada tubuh dapat memicu tubuh untuk lebih rileks. Namun sebaiknya ketahui cara memijat yang tepat agar tubuh kamu bisa kembali bugar:

1. Cara Memijat Bagian Punggung

Jika kamu menyetir sepanjang perjalanan mudik, bagian punggung menjadi salah satu bagian tubuh yang terasa pegal dan lelah. Letakan kedua tangan di belakang leher, urut bagian leher perlahan dari atas ke bawah dan sebaliknya. Regangkan bagian kepala secara perlahan ke belakang selama beberapa detik.

2. Cara Memijat Bagian Kaki

Momen idulfitri menjadi salah satu momen untuk bertemu dengan sanak saudara. Berkeliling bertemu keluarga menyebabkan rasa pegal pada bagian kaki. Sebaiknya, lakukan gerakan pijatan ini agar pegal yang kamu rasakan bisa segera hilang dan tubuh segera pulih. Pukul bagian paha dan kaki secara perlahan dengan lembut menggunakan tangan mengepal.

Baca juga: Menahan BAK saat Mudik Tingkatkan Risiko Infeksi Saluran Kemih

Manfaat Pijat untuk Menjaga Kesehatan Mental

Faktanya pijat tidak hanya digunakan untuk menghilangkan pegal pada bagian tubuh tertentu saja, melainkan bermanfaat untuk kesehatan jiwa atau mental. Dengan melakukan terapi pijat membuat suasana hati seseorang menjadi lebih baik. Simak ini manfaat pijat bagi kesehatan tubuh, yaitu:

1. Meredakan Cemas Berlebihan

Menurut penelitian yang dimuat dalam Psychological Bulletin, terapi pijat dapat meredakan perasaan cemas yang berlebihan, khususnya pada orang-orang yang memiliki masalah gangguan kecemasan. Manfaat terapi pijat bahkan sama besarnya dengan manfaat psikoterapi.

2. Mengatasi Depresi

Jika kamu atau kerabat dekat merasakan gejala depresi, tidak ada salahnya untuk segera melakukan terapi pijat. Pijat mampu menurunkan hormon kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol merupakan hormon yang memengaruhi rasa depresi seseorang. Dengan menurunkan hormon kortisol tentu gejala depresi atau kecemasan bisa diatasi.

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Kualitas tidur dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Tidur yang cukup juga dapat membuat seseorang memiliki kondisi kesehatan yang baik. Jika kamu memiliki masalah kesulitan tidur atau gangguan tidur, sebaiknya lakukan terapi pijat. Terapi pijat dapat meningkatkan produksi hormon serotonin yang membuat menjadi lebih tenang. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari masalah gangguan tidur atau kesulitan tidur.

Jadi, sebaiknya lakukan terapi pijat setelah kamu melakukan perjalanan mudik. Selain berpengaruh baik pada kesehatan mental, terapi pijat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu.

Untuk mengatasi masalah pegal-pegal, kamu juga bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai penanganan masalah pegal-pegal. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Tidur Mangap saat Mudik, Hati-Hati Tersedak