06 September 2018

Badan Terasa Lelah Setelah Berolahraga, Kenapa?

 badan lelah, berolahraga, lelah berolahraga menguras energi, tubuh sedang kurang fit

Halodoc , Jakarta – Pernah merasakan badan terasa lelah sehabis berolahraga? Sejatinya olahraga sangat bisa memberikan energi kepada kamu, tetapi tak jarang juga malah bisa menguras energi dan ini bisa saja terjadi tergantung dengan beberapa hal, termasuk kondisi fisik dan kesehatanmu.

Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, berikut adalah beberapa penjelasan kenapa badan terasa lelah setelah berolahraga:

  1. Fisikmu Sedang Tidak Fit

Mengalami badan lelah setelah olahraga sebenarnya adalah kondisi yang biasa terjadi setelah melakukan aktivitas fisik. Apakah ini baik atau tidak tergantung dengan rasa lelah seperti apa yang kamu rasakan. Kalau rasa lelahmu lebih condong ke lelah karena beraktivitas, tetapi segar berarti kondisimu normal. Namun kalau sampai muncul perasaan meriang, keringat dingin bisa jadi fisikmu tidak sedang fit , karena itu badanmu mengalami lelah yang berlebihan.

  1. Tidak Melakukan Pemanasan

Tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga dapat membuat badanmu berasa sangat lelah. Bahkan tidak hanya lelah, bisa jadi terasa sakit di bagian-bagian tertentu. Makanya, pemanasan sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan gerakan inti berolahraga. Bisa dengan stretching , lari-lari kecil, skipping dan jenis-jenis pemanasan yang umum lainnya.

  1. Melakukan Latihan Terlalu Ekstrim

Melakukan latihan terlalu ekstrim bisa membuat badanmu terasa lelah. Latihan ekstrimnya, misalnya ketika kamu melakukan latihan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, seperti naik gunung atau panjat tebing. Padahal, kamu bukan tergolong orang yang aktif berolahraga dan tiba-tiba langsung menjalani olahraga yang berat seperti itu. Inilah yang membuat badanmu terasa lelah yang amat sangat ketika berolahraga.

  1. Salah Melakukan Gerakan

Salah melakukan gerakan-gerakan tertentu bisa menyebabkan badan terasa lelah, bahkan bisa-bisa badanmu mengalami salah urat yang membuatnya kram dan tidak bisa digerakkan. Ada baiknya ketika kamu mencoba melakukan olahraga baru, ikuti instruksi dari trainer -nya supaya jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang tidak hanya membuat badan pegal, tetapi juga bisa mencederai otot dan ini bisa menjadi sangat berbahaya.

  1. Kurang Istirahat

Kamu terlalu rutin melakukan olahraga sampai tidak punya waktu istirahat, bisa menyebabkan badan menjadi drop sehingga kamu bisa merasakan rasa lelah yang sangat luar biasa. Karena itu, supaya terhindari dari situasi ini maka ada baiknya kamu mengambil jeda untuk istirahat sebelum akhirnya melanjutkan latihan. Tubuh sebenarnya bisa memberikan kode ataupun sinyal kalau tubuh sedang butuh istirahat. Ketika badan sudah terasa lelah, istirahat supaya fisik dapat memulihkan ketahanannya sehingga kamu bisa kembali melakukan olahraga.

  1. Kurang Tidur

Kalau kamu kurang tidur bisa membuat badan terasa tidak fit , ketika badan tidak fit bisa membuat badan terasa lelah. Tidur adalah momen di mana kamu memulihkan tubuh dari segala padatnya aktivitas. Idealnya adalah melakukan tidur selama delapan jam setiap hari sehingga tubuh punya waktu untuk beristirahat. Kurang tidur juga tidak baik untuk sistem metabolisme dan pencernaan tubuh.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai penjelasan kenapa badan terasa lelah sehabis berolahraga ataupun tips seputar kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc . Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor , kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat .

Baca juga: