03 September 2018

6 Tips Mengecilkan Lengan dengan Barbel

 cara mengecilkan lengan, barbel, latihan

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang senang mengenakan baju tanpa lengan atau pun baju yang ngepas di badan, kamu akan merasa kurang percaya diri ketika lenganmu terlalu dan bergelambir. Bisa jadi ini dikarenakan kamu kurang menerapkan latihan untuk bisa mengecilkan lengan.

Latihan dengan menggunakan barbel adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan lengan. Sayangnya, kamu mungkin saja kurang memaksimalkan barbel yang kamu punya. Atau ketika latihan dengan barbel, kamu mungkin salah melakukan gerakan-gerakan tertentu. Hal tersebut menyebabkan penerapan latihan jadi kurang maksimal. Yuk, ikuti tips di bawah ini untuk hasil yang maksimal!

  1. Squat Sambil Mengangkat Barbel

Untuk mengecilkan lengan, kamu bisa melakukan latihan squat. Caranya adalah dengan memegang barbel dengan berat 2,5–3 kilogram di kiri-kanan tangan. Posisinya adalah membuka kedua kaki seukuran setengah meter lalu lakukan squat. Kedua lengan berada di depan dada dengan posisi menggenggam. Setiap kali badan turun, kunci kedua lengan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari squat yang kamu lakukan.

  1. Mengikuti Gerakan Tinju

Kamu bisa melakukan jab-strike-upper cut sambil membawa barbel. Kuncinya adalah mengencangkan otot lengan. Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menyesuaikan kecepatannya. Lakukanlah gerakan ini selama 2-3 menit dengan 2 kali pengulangan.

  1. Push up dengan Barbel

Biasanya kalau push up dengan barbel, barbelnya kamu posisikan di atas perut supaya perut bisa lebih terkunci dan terbentuk. Nah, pada lengan kamu bisa mendapatkan efek yang sama dengan cara memegang barbel kecil di kedua tangan lalu melakukan push up. Kalori yang terbakar bisa lebih banyak karena upaya yang kamu gunakan lebih besar. Lakukan gerakan setiap hari selama 1-2 menit.

  1. Plank

Siapa bilang plank tidak bisa jadi latihan yang oke untuk lengan? Justru kamu bisa mengencangkan lengan dengan cara melakukan plank minimal 1-2 menit setiap harinya. Cara paling efektif melakukan plank adalah dengan memosisikan kedua lengan sejajar dan membagi beban badan di lengan dan paha. Untuk memberikan tambahan tekanan dan keseimbangan, kamu bisa plank sambil memegang barbel.

Dengan kamu melakukan plank sambil bertahan supaya bisa seimbang, energi serta kalori yang digunakan jadi lebih besar, sehingga sangat efektif untuk pembakaran lemak di bagian lengan. Lakukan latihan ini selama 30 detik untuk hasil yang maksimal.

  1. Stretching dengan Barbel

Kamu pasti pernah melakukan stretching kan? Caranya adalah angkat kedua tangan di atas kepala, lalu renggangkan kedua sisi badan sampai kamu bisa merasakan tulang dadamu menonjol. Sebagai variasi, kamu bisa melakukannya sambil membawa barbel. Satu barbel untuk masing-masing tangan. Penambahan beban akan membuat pembakaran di bagian lengan bawah menjadi lebih maksimal. Bonusnya adalah lengan bagian atasmu bisa lebih terbentuk dan menjadi kencang.

  1. Konvensional Barbel

Pasti kamu sudah tahu cara latihan konvensional, yaitu latihan barbel dengan gerakan menaikkan dan menurunkan lengan saat kamu menahan barbel. Supaya lebih menantang, kamu bisa melakukannya sambil posisi setengah jongkok dan pada hitungan kedua puluh tahan selama 30 detik lalu diulangi selama 2-3 kali.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai cara mengecilkan dan mengencangkan lengan, kamu bisa bertanya langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: