31 August 2018

Ternyata Olahraga Ini Bisa Membantu Atasi Depresi

olahraga atasi depresi, olahraga, depresi

Halodoc, Jakarta – Jika kamu mengalami depresi, kamu tidak hanya bisa mengatasinya dengan obat-obat atau sesi terapi. Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melakukan kegiatan olahraga. Olahraga memiliki peran yang cukup penting dalam membantu mengurangi gejala depresi. Selain sehat fisik, olahraga juga membantu kita untuk lebih sehat secara mental.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa olahraga benar-benar mampu mengatasi depresi dan membuat kamu tidak mudah mengidap gangguan mood tersebut. Pada penelitian ini, para peserta penelitian yang aktif melaporkan bahwa mereka memiliki lebih sedikit gejala depresi dibandingkan dengan peserta penelitian lain yang memiliki gaya hidup tidak aktif, di mana perbaikan gejala akan semakin tampak jika mereka sering berolahraga.

Bahkan para peneliti menemukan bahwa orang dewasa yang awalnya tidak aktif berolahraga dan baru mulai berolahraga 3 kali seminggu dapat menurunkan risiko terjadinya depresi hingga 19 persen.

Dari penelitian ini, para peneliti menduga hal ini mungkin merupakan suatu hubungan tidak langsung dengan cara mengalihkan perhatian kamu dari situasi yang tidak menyenangkan atau dengan mempengaruhi diet atau paparan sinar matahari pada penderita. Namun, para penelitian juga memiliki dugaan lainnya  yaitu bahwa olahraga mungkin bekerja secara langsung pada otak. Untuk membuktikannya coba lakukan olahraga ini untuk mengatasi depresi kamu:

 

1. Lari

 

 

Berlari selain bermanfaat untuk mengurangi kalori, mengurangi nafsu makan, serta menurunkan risiko penyakit jantung, juga sangat baik untuk memperbaiki mood, baik selama kita berlari atau sesudahnya. Gerakan berulang-ulang ketika berlari memiliki efek mediatif pada otak. Olahraga ini terutama sangat berguna bagi mereka yang mengalami depresi karena cara kerjanya mirip dengan anti-depresan. Selain itu, lari juga bisa mempermudah kita tidur di malam hari. Olahraga untuk mengatasi depresi ini juga terbilang minim biaya.

 

2. Hiking

 

 

Banyak yang setuju bahwa alam memiliki efek menenangkan pada otak, terutama ketika kita berada di antara pepohonan. Percaya atau tidak, pepohonan dapat membantu kita mengurangi rasa cemas melalui zat kimia yang dikeluarkannya. Sebuah studi membuktikan bahwa mereka yang lebih sering berjalan-jalan di hutan memiliki kadar hormone stress lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya berkutat di perkotaan saja.

 

 

3. Yoga

 

Yoga bermanfaat bagi kesehatan mental kita karena olahraga ini berfokus pada pernapasan. Ketika kita menarik nafas panjang, maka rasa cemas pun akan berkurang. Berbagai studi sudah menunjukkan bahwa yoga bisa menjadi alternatif olahraga untuk mengatasi depresi, rasa marah, cemas, dan gejala-gejala mental lainnya.

 

 

4. Menari

 

Selain menyenangkan, menari ternyata juga memberikan efek positif bagi kesehatan mental. Kamu bisa mengambil kelas Zumba, salsa, atau sekadar mengikuti irama musik di rumah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan mengikuti kelas menari, rasa cemas akan berkurang. Apalagi menari juga bisa menjadi salah cara berekspresi yang akan memperkuat koneksi tubuh dan pikiran.

 

 

5. Strength Training

 

Strength Training atau latihan kekuatan biasanya selalu dianggap hanya untuk membentuk otot. Padahal latihan ini juga memiliki efek mental yang kuat, termasuk untuk mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Latihan kekuatan dapat memperbaiki mood, meningkatkan kepercayaan diri, mempermudah tidur, dan mengurangi stres tentunya.

Itulah olahraga yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi stress. Apabila stress yang kamu alami masih berlanjut, maka sebaiknya kamu segera berdiskusi dengan dokter di Halodoc. Jangan ragu menghubungi dokter terkait via Chat atau Voice Call/ Video Call melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya kapan saja dan dimana saja. Yuk, download sekarang! 

Baca juga: