15 January 2018

Begini Cara Cukur Bulu Kaki Agar Tidak Tumbuh Lagi

Begini Cara Cukur Bulu Kaki Agar Tidak Tumbuh Lagi

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan wanita rutin membersihkan bulu kakinya, karena bulu kaki yang lebat dan panjang pastinya tidak enak dipandang dan mengurangi rasa percaya diri. Namun, meski sudah dicukur, bulu kaki pun mudah tumbuh lagi dan kadang terasa kasar saat baru tumbuh. 

Bulu-bulu yang tumbuh pada kaki memang tidak mengganggu kesehatan, tapi bagi para wanita, bulu kaki dapat mengganggu penampilan. Karena faktor keturunan atau kondisi medis tertentu, sebagian orang memiliki bulu kaki yang lebih lebat. Jadi, membersihkan bulu kaki, terutama bagi wanita, sangat penting dilakukan untuk menunjang penampilan.

Cara membersihkan bulu kaki yang paling umum dan biasanya dilakukan oleh banyak wanita adalah mencukur. Cara ini sangat praktis dan mudah dilakukan, serta ternyata tidak akan membuat bulu kaki tumbuh bertambah lebat. Namun, mencukur membuat bulu kaki dapat tumbuh kembali dengan cepat dan bulu yang tumbuh menjadi kasar dan keriting. Mencukur juga dapat menimbulkan risiko bulu tumbuh ke bawah kulit dan menyebabkan radang folikel rambut. Jadi, agar bulu kakimu tidak cepat tumbuh setelah dicukur, perhatikan tips-tips berikut:

  • Basahi Kaki dengan Air Hangat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin mencukur bulu kaki adalah basahi kaki dengan air hangat dan diamkan selama 2-4 menit agar pori-pori kulit dan folikel rambut terbuka, sehingga memudahkanmu mencukur hingga ke ujung bulu. Jangan mencukur bulu kaki dalam kondisi kaki yang kering, karena berisiko melukai kulit. 

  • Gunakan Scrub

Sebelum mulai mencukur, kamu juga bisa membersihkan sel-sel kulit mati dan kotoran pada kaki dengan menggunakan scrub yang mengandung garam. Scrub sebelum bercukur juga dapat membuat rambut-rambut kecil yang bersembunyi di bawah permukaan kulit jadi muncul ke permukaan, sehingga kamu dapat mencukur bulu kaki sampai bersih.

  • Oleskan Krim Cukur

Setelah itu, oleskan krim cukur pada kaki untuk mencegah kulit kakimu terluka pada saat dicukur. Selain krim cukur, kamu juga bisa mengoleskan kondisioner rambut untuk memudahkan proses mencukur. Tapi hindari menggunakan sabun mandi, karena sabun mandi tidak cukup membuat kulit kaki menjadi licin sehingga membuat kamu jadi lebih sulit mencukur dan berisiko terluka.

  • Mencukur dari Bawah ke Atas

Kemudian, cukurlah bulu kaki mulai dari bagian kaki paling bawah, yaitu pergelangan kaki, terus bergerak secara perlahan-lahan sampai ke atas, hingga bagian lutut atau bagian dalam paha. Cara mencukur yang berlawanan dengan arah tumbuhnya rambut ini dapat membantu bulu kaki tercukur sampai bersih hingga mendekati akar tumbuhnya. Mencukurlah dalam satu tarikan panjang ke atas agar bulu kaki tidak cepat tumbuh sehabis dicukur.

  • Pilih Alat Cukur yang Tepat

Sebaiknya gunakan alat cukur yang punya lebih dari satu mata pisau untuk mendapatkan hasil cukuran yang lebih bersih dan agar bulu tidak cepat tumbuh kembali. Ganti silet pada alat cukur secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain memilih alat cukur yang tepat, menjaga kebersihan alat cukur juga sangat penting untuk dilakukan. Alat cukur yang tidak dibersihkan dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri yang memicu timbulnya jerawat, ruam, dan infeksi. Jadi, setelah dipakai, bilas alat cukur dengan air hangat dan pastikan tidak ada bulu-bulu yang tertinggal.

  • Oleskan Pelembab

Langkah terakhir yang juga penting dilakukan agar bulu kaki tak cepat tumbuh lagi adalah oleskan pelembab pada kaki setelah dicukur. Selain untuk menjaga kulit tetap halus dan lembap, kandungan emolien pada pelembap juga membuat bulu yang akan tumbuh menjadi halus. Oleskan pelembap saat kulit kaki masih lembab setelah bercukur.

Nah, selamat mencoba tips-tips di atas ya untuk mendapatkan kulit kaki yang bersih dari bulu-bulu. Untuk mengetahui cara menjaga kesehatan kulit lebih lanjut atau jika kamu mengalami masalah dengan kulitmu, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Kini kamu juga bisa melakukan tes kesehatan tanpa perlu keluar rumah dengan bantuan fitur Lab Service di aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membeli produk-produk kesehatan di Halodoc dan pesananmu akan segera diantarkan dalam satu jam. Ayo, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.