• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Manfaat Infused Water Lemon

Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Manfaat Infused Water Lemon

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Infused water adalah minuman yang saat ini sedang populer. Selain mudah dibuat, infused water dapat memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan. Infused water adalah minuman yang dibuat dengan mencampur air dengan berbagai macam buah-buahan. Lemon adalah buah yang sering dijadikan campuran dalam infused water

Banyak yang mengklaim bahwa infused water lemon memberikan manfaat kesehatan, seperti memaksimalkan fungsi pencernaan dan meningkatkan energi. Infused water lemon juga sering dikonsumsi oleh orang-orang yang menjalani diet karena membantu menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

Baca Juga: 5 Buah untuk Detoks Infused Water yang Mudah Ditemui

Alasan Infused Water Lemon Bantu Turunkan Berat Badan

  1. Rendah Kalori

Infused water lemon adalah minuman dengan kalori yang sangat rendah. Ketika kamu mencampur setengah lemon ke dalam air, setiap gelas air lemon yang kamu konsumsi hanya mengandung enam kalori. Hal ini tentu menjadi cara bagus untuk mengurangi kalori dan membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Healthline, seseorang yang rutin mengonsumsi minuman dan makanan rendah kalori dapat mengurangi jumlah kalori keseluruhan yang dikonsumsi. Inilah alasan mengapa orang yang menjalani diet perlu mengonsumsi infused water lemon karena dapat memangkas sejumlah besar kalori. 

Jika kamu sedang menjalani diet dan ingin mengetahui bahan makanan apa saja yang rendah kalori, tanyakan kepada ahli gizi melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi ahli gizi  kapan saja dan di mana saja.

  1. Menghidrasi Tubuh

Memenuhi asupan cairan tubuh adalah komponen penting untuk menjaga kesehatan. Air yang diminum bekerja membawa nutrisi ke sel hingga mengangkut limbah keluar dari tubuh. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi juga membantu tubuh dalam mengatur suhu tubuh, sehingga tubuh mampu meningkatkan kinerja fisik. Selain itu, sudah menjadi rahasia umum jika banyak minum air membantu menurunkan berat badan.

Melansir dari Live Strong, peningkatan hidrasi juga membantu tubuh untuk memecah, sehingga dapat menghilangkan lemak lebih signifikan. Tetap terhidrasi juga membantu mengurangi retensi air yang menyebabkan gejala seperti kembung, bengkak, dan kenaikan berat badan. Sebagian besar air lemon terdiri dari air, maka minuman ini membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Baca Juga: Perut Rata dengan Infused Water Lemon, Benarkah?

  1. Meningkatkan Metabolisme

Infused water lemon membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Melansir dari Healthline, para peneliti menyebutkan bahwa hidrasi yang baik mampu meningkatkan fungsi mitokondria, organel yang ditemukan dalam sel yang membantu menghasilkan energi bagi tubuh. Proses ini yang menyebabkan peningkatan metabolisme, sehingga mampu menurunkan berat badan secara efektif.

Minuman satu ini juga terbukti meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori mudah terbakar ketika beraktivitas. Lagi-lagi karena air adalah bahan utama dalam infused water lemon, minuman ini tentunya juga membawa manfaat metabolisme yang sama seperti air biasa.

  1. Meningkatkan Rasa Kenyang

Jika kamu sedang menjalani diet, hal paling diutamakan adalah banyak minum air. Mengapa? Air bagian mendasar dari rejimen penurunan berat badan, karena meningkatkan rasa kenyang tanpa menambah kalori. Minum air sebelum makan juga mampu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang selama makan. Kalau bosan dengan air putih biasa, kamu bisa mencoba infused water lemon yang punya sedikit rasa yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama seperti air biasa. 

Baca Juga: Adakah Efek Samping dari Minum Infused Water?

Meningkatkan metabolisme, membuat kenyang lebih lama, dan menghidrasi tubuh adalah bukti infused water lemon dapat meningkatkan penurunan berat badan. Nah, cara untuk membuat infused water, kamu hanya memerlukan botol minum yang diisi dengan air dan kemudian dicampur dengan beberapa potong buah lemon. Mudah sekali, kan? Selamat mencoba!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Does Lemon Water Help You Lose Weight?.
Live Strong. Diakses pada 2020. How to Drink Lemon Water to Lose Weight.