23 July 2018

4 Kebiasaan di Pagi Hari untuk Metabolisme yang Lebih Cepat

kebiasaan yang memengaruhi metabolisme tubuh,kebiasaan baik di pagi hari,metabolisme

Halodoc, Jakarta - Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2009 di University of Leipzig menyatakan bahwa orang-orang yang beraktivitas di pagi hari lebih proaktif dibandingkan mereka yang tetap melanjutkan pekerjaannya di malam hari. Maka dari itu, bagi kamu yang telah terbiasa bangun pagi dan mulai melakukan aktivitas, hal ini merupakan hal yang baik dan harus dipertahankan.

Dari segi kesehatan pun, bangun di pagi hari merupakan hal yang bermanfaat. Kamu pasti memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dapat menghirup udara segar di pagi hari. Dengan begitu, tubuhmu pun akan terasa lebih segar karena kandungan oksigen di dalam udara yang kamu hirup juga senantiasa membantu peredaran darahmu semakin lancar. Selain itu, bagi kamu yang sedang menjalankan diet, kamu dapat melakukan olahraga di pagi hari.

Nah, berkaitan dengan usaha menurunkan berat badan, salah satu kunci agar berat badan cepat turun adalah dengan mempercepat metabolisme. Setiap orang pun memiliki tingkat kecepatan metabolisme tubuh yang berbeda, semisal pria yang cenderung memiliki metabolisme yang lebih cepat dibandingkan wanita. Selain itu, banyak juga kebiasaan yang memengaruhi metabolisme tubuh, dan kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan baik di pagi hari. Kebiasaan tersebut antara lain:

  1. Tidak Kembali Tidur

Kebiasaan baik di pagi hari yang pertama harus kamu lakukan untuk mempercepat metabolisme tubuhmu adalah tidak tidur kembali. Hal ini juga berkaitan dengan upaya mendapatkan tidur yang berkualitas. Apabila kamu terlelap kembali, hal ini dapat meningkatkan risiko obesitas.

Baca juga: 7 Manfaat Sehat Bangun Pagi

  1. Olahraga Tertentu

Olahraga yang dimaksud untuk mempercepat metabolisme tersebut adalah latihan yang menggabungkan latihan kekuatan dengan interval kardio yang intens. Seperti yang dilansir Ask Men, kombinasi antara keduanya akan mempercepat peningkatan metabolisme. Latihan kardio yang dilakukan di pagi hari akan membakar banyak kalori dan meningkatkan konsumsi oksigen pasca-latihan dan metabolisme hingga 24 jam setelahnya.

  1. Minum Air Putih

Meminum segelas besar air di pagi hari akan membuatmu terhindar dari efek negatif terkait dehidrasi dan kelelahan fisik saat hendak berolahraga. Mengonsumsi cukup air putih juga dapat mengoptimalkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak dengan meningkatkan laju metabolisme hingga 30 persen. Efek ini pun dapat bertahan hingga lebih dari satu jam setelahnya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk menyediakan segelas air putih di samping tempat tidur.

  1. Mengonsumsi Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk diet. Kandungan asam asetat merupakan komponen penting dalam cuka apel yang akan menghambat kemampuan tubuh dalam mencerna pati dan ini menjadi kunci penting dalam menurunkan berat badan secara cepat. Efek cuka apel yang diminum pagi hari pun sangat luar biasa bagi percepatan metabolisme tubuh. Kamu hanya perlu menyampurkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam setengah hingga satu cangkir air hangat, kamu pun dapat menambahkan sedikit madu agar rasanya tidak terlalu asam.

Baca juga: Tambah Flawless , 5 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Tidak ada salahnya kan untuk mencoba kebiasaan yang memengaruhi metabolisme tubuh seperti di atas untuk tubuh yang lebih sehat? Selamat mencoba, ya! Kalau kamu punya masalah kesehatan, bicarakan saja langsung dengan dokter ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa meminta saran kesehatan dan rekomendasi obat kepada dokter kapan saja dan di mana saja. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!