Banyak Hidangan Bersantan, Ini 5 Tips Makan Sehat Saat Lebaran

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Banyak Hidangan Bersantan, Ini 5 Tips Makan Sehat Saat Lebaran

Halodoc, Jakarta - Lebaran tinggal menghitung hari, tidak terasa ya. Setelah selama satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa, menahan lapar dan haus, kini tiba saatnya merayakan hari kemenangan. Tentu saja, hidangan khas lebaran tidak pernah berubah. Beberapa makanan seperti opor, rendang, dan sambal goreng tetap menjadi menu utama yang wajib setiap lebaran.

Ya, semua hidangan tadi identik dengan santan, termasuk makanan yang akan membuat berat badan melonjak ketika kamu tidak bisa membatasi atau mengontrolnya. Tidak hanya obesitas, tekanan darah dan kolesterol dapat ikut melonjak. Padahal, hanya dua hari berselang, dan pastinya kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Tidak perlu khawatir, lebaran sehat tetap bisa dilakukan dengan memperhatikan tips makan sehat berikut ini.

  • Jangan Sampai Lapar Mata

Puasa sudah selesai, kamu tidak perlu lagi harus menahan lapar dan haus berlama-lama. Sekarang, kamu kembali ke rutinitas biasa, makan dalam jumlah dan waktu yang kembali normal. Sayangnya, hidangan lebaran yang menggugah selera ini seringnya membuat lapar mata.

Baca juga: Mudik Lebaran Tiba, Jaga Kesehatan dengan 6 Cara Ini

Jangan, jangan sampai demikian, karena ini membuat kamu mudah kegemukan, kolesterol tinggi, dan hipertensi. Belum lagi dengan kehadiran kue-kue kering yang bentuknya unik dan cantik, sangat menggoda untuk dicoba. Makan seperlunya dan ingat lebaran adalah momen saling silaturahmi, bukan untuk balapan makan.

  • Aturan Makan Sehat Saat Lebaran

Meski identik dengan hidangan bersantan, kamu tetap bisa mengontrolnya. Caranya dengan membatasi asupannya, yaitu mengurangi siraman kuah yang memenuhi piring. Opor, rendang, dan sambal goreng, semua bersantan dan mengandung daging yang berprotein tinggi. Berlebihan tidak pernah baik untuk tubuh.

  • Berhenti Dulu

Meski rasanya enak, kamu harus berhenti ketika perut sudah memberikan sinyal cukup alias kenyang. Jangan dipaksakan, karena terbiasa berpuasa sebelumnya membuat perut perlu kembali menyesuaikan kebiasaan makan. Bukan hal yang baik untuk mengawalinya dengan makan berlebihan.

Baca juga: Awas! 6 Penyakit Ini Sering Muncul Setelah Lebaran

Selalu ingat, kamu akan makan sebanyak tiga kali sehari. Sebaiknya, bagilah porsinya, isi dengan menu yang kamu inginkan, bukan dengan semua menu yang tersedia. Coba menu lain ketika waktu santap siang atau makan malam nanti.

  • Kurangi Menu yang Berlemak

Daging ayam, daging rendang, dan jerohan yang digunakan sebagai bahan membuat sambal goreng. Semuanya adalah menu berlemak tinggi. Supaya kamu tetap bisa menjalani lebaran sehat, kurangi untuk mengonsumsi bagian yang berlemak, seperti bagian sayap ayam. Kurangi paduan rendang dan sambal goreng atau hindari memasukkan semua menu. Kurangi konsumsi kulit ayam, karena di bagian inilah lemak paling tinggi.

  • Minum Air Putih Saja

Teman makan opor adalah es buah, tentu ini salah. Hal ini membuat gula darah kamu meningkat drastis, dan jika kamu tidak berolahraga, maka kamu rentan mengalami kenaikan berat badan berlebih. Tetap perbanyak konsumsi air putih untuk menetralisir, karena ini bisa membantu membersihkan ginjal dan mengurangi penumpukan kalori yang sudah ada dalam menu makanan lebaran.

Baca juga: Olahraga Lagi Setelah Lebaran? Begini Cara Memulainya

Sempatkan olahraga setiap pagi untuk membuat kalori yang sudah tersimpan terbuang, sehingga berat badan pun tetap terjaga. Kalau kamu ingin tahu tips lebaran sehat atau menjalani lebaran 2019 tanpa adanya gangguan kesehatan, yuk tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Download saja aplikasi Halodoc melalui ponsel kamu sekarang juga!