• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Beberapa Penyebab Anak Mimisan

Beberapa Penyebab Anak Mimisan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Pernahkah ibu mendapati anak mengalami mimisan? Sebaiknya saat anak mengalami mimisan ibu jangan panik. Mimisan atau epistaksis merupakan jenis perdarahan yang terjadi pada hidung. Mimisan merupakan kondisi kesehatan yang tidak berbahaya jika mimisan yang dialami anak dapat diatasi dengan cara mandiri di rumah.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Tindakan Mudah Mengatasi Anak Mimisan

Mimisan adalah kondisi yang rentan dialami oleh anak-anak. Namun tidak hanya anak-anak, seseorang yang memasuki usia lansia, wanita hamil, dan orang-orang dengan kondisi gangguan daya tahan tubuh sangat rentan mengalami kondisi mimisan. Ibu, tidak ada salahnya mengetahui penyebab mimisan yang sering terjadi pada anak.

Penyebab Mimisan pada Anak

Siapa yang tidak panik bila melihat anaknya mengalami perdarahan pada bagian hidung. Namun, sebaiknya ibu tetap tenang saat melihat anak mengalami mimisan. Ada beberapa penanganan mandiri yang ibu lakukan jika anak mengalami mimisan, seperti menjaga posisi duduk anak dalam keadaan tegak dan condong ke depan agar darah yang keluar dari hidung tidak tertelan. Darah yang tertelan rentan menimbulkan kondisi mual serta muntah.

Sebaiknya jangan lupa untuk tenangkan anak dan segera kompres pangkal hidung anak menggunakan kompres dingin agar darah yang keluar dapat segera reda atau berhenti. Setelah 10 menit, lepaskan kompres dan perhatikan apakah anak masih mengalami mimisan atau tidak.

Ada beberapa penyebab yang meningkatkan risiko anak mengalami mimisan, seperti:

1. Udara yang Kering

Dilansir dari Kids Health, sebagian besar kasus mimisan pada anak disebabkan oleh kondisi udara yang kering. Iklim kering atau udara dalam ruangan yang terlalu panas nyatanya dapat membuat selaput hidung kering dan iritasi.

2. Pilek

Kondisi pilek juga meningkatkan risiko anak-anak mengalami mimisan. Pilek membuat anak lebih sering membuang ingus. Dilansir dari National Health Service UK, membuang ingus terlalu sering dan kencang nyatanya dapat tingkatkan risiko seseorang alami mimisan.

3. Alergi

Kondisi alergi pada anak nyatanya memerlukan penanganan yang tepat. Terkadang penggunaan obat digunakan untuk mengatasi alergi yang dialami anak. Penggunaan obat alergi nyatanya dapat membuat selaput hidung menjadi kering dan membuat anak rentan mengalami mimisan.

4. Kecelakaan saat Bermain

Sebaiknya tetap perhatikan anak ketika bermain, dilansir dari Kids Health, kecelakaan saat bermain yang mencederai bagian hidung dapat menyebabkan anak mengalami mimisan. Sebaiknya lakukan penanganan secara mandiri di rumah untuk atasi mimisan, namun jika mimisan tidak kunjung berhenti sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan dan penanganan secara medis.

Baca juga: Alasan Anak-Anak Sering Mimisan

Itulah beberapa penyebab mimisan pada anak yang kerap terjadi. Namun, apakah mimisan pada anak anak dapat dicegah?

Pencegahan yang Bisa Dilakukan untuk Mimisan

Ibu, perhatikan kondisi mimisan yang dialami anak. Jika anak sering mengalami mimisan, anak lebih sering mengalami memar, anak mengalami sakit kepala, demam, dan terus menerus kelelahan sebaiknya segera tanyakan kondisi kesehatan anak pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Pemeriksaan dan penanganan secara medis sebaiknya segera dilakukan untuk memastikan penyebab anak mengalami mimisan.

Namun, jika penanganan mandiri dapat mengatasi mimisan yang dialami anak, tentu ibu juga dapat melakukan pencegahan terhadap kondisi mimisan, dengan cara:

  1. Dilansir dari Cleveland Clinic, ajarkan anak untuk tidak memasukan benda apapun ke dalam hidung. Adanya benda asing dalam hidung dapat sebabkan iritasi pada bagian dalam hidung dan rentan sebabkan mimisan.

  2. Berikan anak waktu istirahat yang cukup dan penuhi kebutuhan nutrisi serta gizi anak agar daya tahan tubuh anak dapat optimal dan anak terhindar dari kondisi mimisan.

  3. Memenuhi kebutuhan cairan untuk tubuh anak setiap harinya nyatanya dapat membantu anak terhindar dari kondisi dehidrasi. Dehidrasi sangat rentan sebabkan mimisan pada anak.

  4. Perhatikan suhu ruangan agar tidak terlalu panas atau kering agar anak terhindar dari kondisi mimisan.

Baca juga: Cara Mengatasi Anak Mimisan

Itulah pencegahan yang bisa dilakukan agar kondisi kesehatan anak selalu sehat. Sebaiknya jangan panik jika anak mengalami mimisan.

 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Nosebleed Prevention
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Nosebleed
Kids Health. Diakses pada 2020. Nosebleeds