Beberapa Persiapan sebelum Melakukan Echocardiografi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Beberapa Persiapan sebelum Melakukan Echocardiografi

Halodoc, Jakarta - Jantung mempunyai fungsi yang sangat fatal pada manusia. Jika terjadi gangguan, kondisi tersebut dapat membahayakan nyawa seseorang. Jantung mempunyai fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga semua bagian tubuh dialiri darah yang mengandung oksigen dan dapat berfungsi normal.

Walau begitu, jantung mungkin saja mengalami kelainan yang disebabkan oleh banyak hal. Untuk memastikannya, umumnya seseorang akan diperiksa menggunakan echocardiografi. Sebelum dilakukan pemeriksaan ini, seseorang butuh persiapan tertentu. Berikut beberapa persiapan sebelum melakukan echocardiografi!

Baca juga: 8 Penyakit yang Bisa Dideteksi Lewat Echocardiografi

Persiapan Sebelum Dilakukan Echocardiografi

Pemeriksaan echocardiografi dilakukan dengan menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar dari jantung. Cara ini dapat memungkinkan dokter untuk melihat detak jantung dan cara darah dipompa. Hal ini juga dapat mengidentifikasi penyakit yang mungkin terjadi pada jantung.

Gangguan-gangguan pada jantung yang dapat diperiksa adalah terjadinya gumpalan darah di jantung, cairan yang terdapat di kantung sekitar jantung, dan terjadinya masalah dengan aorta, yang merupakan aliran darah utama pada jantung. Maka dari itu, pemeriksaan ini termasuk penting terutama jika mengalami masalah pada jantung.

Umumnya, hal ini dilakukan setelah seseorang mengalami serangan jantung. Selain itu, pemeriksaan ini juga dapat memperlihatkan apabila bayi yang belum lahir mengalami cacat jantung. Jika kamu mengalami detak jantung yang tidak teratur, ada baiknya juga melakukan pemeriksaan echocardiografi.

Ternyata, seseorang yang akan diperiksa harus melakukan beberapa persiapan sebelum pemeriksaan echocardiografi dilakukan. Hal tersebut berguna untuk memaksimalkan pemeriksaan jantung agar hasilnya benar-benar akurat. Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan sebelum pemeriksaan echocardiografi, yaitu:

  • Jangan mengonsumsi makanan atau minuman apapun selama tiga hingga empat jam sebelum dilakukannya pemeriksaan. Hal ini dikarenakan alat akan dimasukkan ke dalam kerongkongan agar dapat mencegah muntah saat dilakukan.

  • Kenakan pakaian yang nyaman, karena kamu akan berbaring di atas tempat tidur untuk diperiksa. Dokter umumnya akan menempelkan alat ke jantung kamu untuk memeriksa detak jantung dan hal lainnya.

Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal pemeriksaan echocardiografi, dokter dari Halodoc siap membantu. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Kamu juga dapat melakukan pemesanan online untuk pemeriksaan echocardiografi di beberapa rumah sakit terpilih melalui aplikasi tersebut.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Melakukan Echocardiografi?

Dokter juga akan memiliki instruksi khusus pada beberapa jenis pemeriksaan echocardiografi yang dilakukan, seperti:

Echocardiografi Transesofagus

  • Selalu pastikan dokter mengetahui semua obat yang kamu konsumsi sebelum datang untuk tes. Dokter mungkin meminta kamu tidak mengonsumsi obat tersebut sebelum tes.

  • Jangan bawa kendaraan sendiri. Pada pemeriksaan ini akan diberikan obat penenang yang membuat kamu sulit untuk mengendarai kendaraan yang kamu bawa.

Stress Echocardiografi

  • Kamu hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi air putih selama empat jam sebelum tes.

  • Dilarang mengonsumsi apa pun yang mengandung kafein selama 24 jam sebelum tes terjadi. Hal tersebut termasuk juga obat yang mengandung kafein karena dapat mengganggu hasil tes.

  • Dilarang mengonsumsi obat jantung selama 24 jam sebelum tes, kecuali dokter yang menyarankan atau memang diperlukan. Walau begitu, kamu tetap boleh mengonsumsi obat tersebut selama dokter belum menyuruh kamu untuk berhenti meminumnya.

Baca juga: Deteksi Patent Foramen Ovale dengan Ekokardiografi

Itulah persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan pemeriksaan echocardiografi. Sangat penting untuk melakukan persiapan ini agar hasil maksimal didapat, sehingga dapat memastikan gangguan yang terjadi. Ketika telah diketahui, maka pengobatan bisa dilakukan.

Referensi:
Cedars Sinai. Diakses pada 2019. Preparing for an Echocardiography
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Echocardiogram