Ketahui Fungsi Jantung Ini pada Tubuh Manusia

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ketahui Fungsi Jantung Ini pada Tubuh Manusia

Halodoc, Jakarta – Jantung adalah organ tubuh yang penting untuk kelangsungan hidup manusia. Sehingga, kondisi ini menyebabkan kita perlu untuk menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari berbagai gangguan penyakit yang dapat membuat kesehatan terganggu.

Baca juga: 3 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Jantung

Utamanya, jantung memiliki fungsi untuk mengalirkan darah yang penuh dengan oksigen menuju seluruh tubuh. Tidak hanya oksigen, jantung juga akan mengalirkan darah yang berisi dengan segala jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tentu jantung yang sehat dan normal akan membantu kelangsungan hidup menjadi lebih baik.

Inilah Fungsi Jantung

Jantung bekerja terus-menerus di dalam tubuh manusia untuk memompa darah dan mengalirkan darah menuju seluruh tubuh. Jantung mengalirkan 14.000 liter darah pada orang dewasa setiap sehari. Ya, meskipun ukurannya tidak terlalu besar, jantung menjadi organ yang vital dalam tubuh.

Jantung memiliki 4 bagian yang terbagi menjadi serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. Tiap bagian jantung dipisahkan oleh lapisan dinding yang dikenal sebagai septum. Ketahui fungsi jantung berdasarkan bagian yang ada pada jantung.

1. Serambi Kanan

Pada serambi kanan terdapat darah yang sangat minim kandungan oksigen dalamnya. Darah ini dikenal sebagai darah kotor. Dari serambi kanan, darah kotor dipompa menuju bilik kanan. Ada perbedaan serambi kanan pada orang dewasa dan janin dalam kandungan. Pada jantung janin, pada serambi kanan terdapat lubang untuk menuju serambi kiri. Kondisi ini memengaruhi sirkulasi janin dalam kandungan. Kondisi paru-paru yang belum berfungsi dengan membaik membuat janin harus mengambil darah bersih yang kaya oksigen dari ibu. Namun, begitu bayi dilahirkan lubang akan tertutup dan membuat lapisan dinding untuk serambi kanan dan serambi kiri.

Baca juga: 5 Cara Praktis Cegah Penyakit Jantung

2. Bilik Kanan

Bilik kanan memiliki fungsi untuk memompa darah kotor dari serambi kanan menuju paru-paru agar karbondioksida yang terkandung dalam darah diganti dengan oksigen untuk proses pernapasan seseorang. Jika bagian ini mengalami masalah, seseorang bisa mengalami gagal jantung bagian kanan.

3. Serambi Kiri

Setelah darah kembali terisi dengan oksigen dari paru-paru, jantung kembali menerima darah yang bersih dan diterima melalui serambi kiri jantung. Darah bersih masuk jantung melalui pembuluh balik atau vena pulmonalis.

4. Bilik Kiri

Dibandingkan dengan bagian jantung yang lainnya, bilik kiri menjadi bagian jantung yang paling tebal dan memiliki fungsi memompa darah yang baru diterima dari paru-paru dan berisi oksigen untuk dialirkan menuju seluruh tubuh. Ada beberapa kondisi yang sebabkan bilik kiri terganggu, seperti tekanan darah tinggi. Kondisi ini bisa sebabkan bilik kiri membesar dan mengeras.

Tidak ada salahnya untuk menyayangi jantung dengan memulai kebiasaan baru yang membuat fungsi jantung berjalan dengan optimal dan menghindari kamu dari berbagai gangguan. Lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab gejala yang kamu alami pada kesehatan jantung. Kini kamu bisa membuat janji secara online dengan dokter pilihan di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc

Gangguan Jantung yang Harus Diwaspadai

Semakin usia bertambah, maka kinerja jantung juga menurun. Kondisi ini sebabkan kamu perlu menjaga kesehatan jantung dengan baik. Menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat menghindari kamu dari berbagai gangguan kesehatan jantung, seperti serangan jantung, gagal jantung, penyakit jantung koroner, dan kardiomiopati.

Baca juga: 5 Jenis Penyakit yang Berhubungan dengan Jantung

Jangan lupa untuk tetap aktif berolahraga agar kesehatan jantung tetap terjaga. Selain itu, jaga tingkat stres yang dirasakan agar jantung terhindar dari tekanan darah tinggi yang membahayakan fungsi jantung. Perhatikan juga jenis makanan yang dikonsumsi agar memiliki gizi dan nutrisi yang seimbang. Tidak ada salahnya juga untuk memeriksakan kesehatan jantung secara rutin.

Referensi:
Heart. Diakses pada 2019. How The Healthy Heart Works
NHS Inform. Diakses pada 2019. Understanding How Your Heart Functions
Healthline. Diakses pada 2019. Right Atrium
Healthline. Diakses pada 2019. Left Atrium
Healthline. Diakses pada 2019. Right Ventricle
Healthline. Diakses pada 2019. Left Ventricle