• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Membujuk Anak agar Suka Makan Pepaya

Begini Cara Membujuk Anak agar Suka Makan Pepaya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Si Kecil sedang sembelit? Artinya, ia harus lebih banyak makan serat, seperti dari buah-buahan. Salah satu buah yang dikenal luas ampuh mengatasi sembelit adalah pepaya. Tingginya kadar serat yang terkandung di pepaya memastikan pergerakan usus halus tetap lancar sehingga membantu mengatasi dan menghindarkan masalah sembelit pada anak-anak di teluk.

Selain mengatasi masalah sembelit, secara umum pepaya mengandung banyak sekali nutrisi yang cocok dijadikan camilan sehat untuk anak. Namun, bagaimana jika anak tidak mau makan pepaya? Bisa jadi karena teksturnya yang terlalu lembek atau aromanya yang tidak sedap. Apa yang harus dilakukan orangtua agar anak mau dan gemar makan pepaya?

Baca juga: Bukan Cuma Atasi Sembelit, Ini 4 Manfaat Pepaya Lainnya

Eits, Perhatikan Ini Dulu Sebelum Memberikan Pepaya pada Anak 

Meskipun sehat, orangtua harus paham dulu bahwa ada beberapa pertimbangan saat memberikan anak buah pepaya sehingga orangtua tidak boleh sembarang memberikannya. Pertama, pastikan anak usia berusia minimal delapan bulan saat mencoba pepaya pertama mereka. Orangtua bisa memberikan sekitar 3 sendok pepaya sekali makan, dan kemudian perlahan-lahan tingkatkan jumlahnya seiring bertambahnya usia.

Ingat, pepaya bisa menyebabkan reaksi alergi akibat zat lateks yang ada di dalamnya. Sehingga saat pertama kali memberikannya, perhatikan betul-betul reaksi tubuh anak. Jika tidak ada reaksi alergi atau gejala iritasi kulit, maka anak bisa makan pepaya lagi. Namun ingat, anak tidak boleh makan terlalu banyak pepaya karena bisa menyebabkan sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya.

Jika Si Kecil mengalami gangguan pencernaan yang tak kunjung sembuh, segera diskusikan hal ini dengan dokter di Halodoc. Kamu juga bisa membuat janji dengan dokter langsung di aplikasi Halodoc sebelum membawa Si Kecil ke rumah sakit

Baca juga: Selain Buah, Daun Pepaya juga Punya Manfaat untuk Kesehatan

Cara Agar Anak Suka Makan Pepaya

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat anak menyukai pepaya. Berikut caranya:

  • Berikan Contoh

Menurut studi dari Archives of Pediatric and Adolescent Medicine, anak-anak punya kecenderungan mengikuti apa yang menjadi pilihan orangtuanya, termasuk pilihan makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, coba konsumsi pepaya di depan mereka, dan siapkan pepaya yang siap di makan untuk anak. Jika anak terlihat tertarik, maka segera suapi anak dengan pepaya. Cara ini juga berlaku untuk jenis buah-buahan lainnya.

Orangtua juga perlu menaruh buah-buahan di meja makan, atau di beberapa tempat yang bisa dilihat anak. Banyak orangtua membeli buah segar, lalu menyimpannya, biasanya di rak di tempat yang tidak terlihat dan tidak terpikirkan. Jika kamu ingin anak-anak makan buah setiap hari, maka buah tersebut tidak boleh disimpan melainkan harus terlihat oleh anak. 

  • Sajikan dengan Buah Lain yang Kaya Warna

Buah adalah sumber vitamin, mineral, antioksidan, dan serat, yang membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, obesitas pada masa kanak-kanak dan diabetes tipe 2. Jika anak tidak terlalu menyukai buah pepaya, coba hidangkan buah ini dengan buah-buahan lainnya dalam satu piring. Kamu bisa menyajikannya dengan buah mangga, pisang, jeruk, kiwi, sehingga menarik perhatian mereka.

  • Jelaskan Manfaat Pepaya

Orangtua juga perlu menjelaskan manfaat buah pepaya untuk tubuhnya. Terlebih saat ia sedang sembelit dan merasa terganggu dengan kondisi ini, jelaskan padanya bahwa buah pepaya akan menolongnya buang air besar lebih mudah. Dengan begini, Si Kecil pasti jadi ingin makan buah pepaya supaya gejala sembelit yang ia rasakan segera hilang. 

Baca juga: Macam-Macam Sumber Makanan Sehat untuk Anak

Itulah beberapa trik yang bisa dilakukan agar Si Kecil suka makan pepaya. Jika kamu ingin tahu buah apa saja yang baik untuk anak, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Dokter akan senantiasa memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan demi memaksimalkan pertumbuhan anak. Tunggu apa lagi, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Archives of Pediatric and Adolescent Medicine. Diakses pada 2020. Child Food and Beverage Choices During Role Playing.
India Parenting. Diakses pada 2020. Health Benefits of Papaya for Kids.
Today's Parent. Diakses pada 2020. 4 Ways to Get Your Kid to Eat More Fruit.