• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Merawat Anjing Bichon bagi Pemula

Begini Cara Merawat Anjing Bichon bagi Pemula

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Begini Cara Merawat Anjing Bichon bagi Pemula

“Anjing Bichon menjadi salah satu ras anjing populer. Anjing kecil ini sangat lucu, dengan mata dan kepala bulat. Ras anjing ini sangat pas untuk anak-anak karena bisa menjadi teman bermain yang menyenangkan. Ketahui bagaimana cara tepat merawat anjing Bichon untuk kamu yang berencana memeliharanya.”

Halodoc, Jakarta – Anjing Bichon berasal dari kawasan Malta, Spanyol dengan empat jenis yang berbeda dan ciri khas yang unik pada setiap ras. Kelompok anjing ras ini termasuk Bichon Bolognese, Maltese, Havanais, dan Tenerife yang kini lebih dikenal dengan sebutan Bichon Frise.

Tingkat kesukaan orang terhadap jenis anjing Bichon tidak sama pada setiap wilayah. Misalnya, Bichon jenis Frise lebih disukai karena tampak lebih lucu dengan ukuran tubuh yang mungil. Banyak pemilik yang mengikutsertakan anjing kecil ini untuk kompetisi hewan karena memiliki tampilan yang menarik. 

Baca juga: Cara Menjinakkan Anjing Doberman Agar Patuh dan Menurut

Cara Merawat Anjing Bichon

Bichon Frise memang anjing kecil dengan berat antara 3 sampai 5 kilogram. Meski begitu, anjing ini termasuk kuat dan aktif, serta butuh banyak olahraga secara teratur. Bulu anjing ras ini tumbuh secara teratur tetapi tidak rontok, jadi kamu perlu melakukan perawatan secara rutin agar bulunya tidak kusut. 

Pastinya, tidak adanya kerontokan bulu membuat anjing Bichon jadi pilihan hewan peliharaan yang tepat untuk pengidap alergi. Begitu pula dengan sifatnya yang ceria dan menyenangkan membuat anjing ini banyak dipilih oleh keluarga sebagai teman bermain untuk sang buah hati. 

Kecerdasan yang dimilikinya membuat anjing ini mudah dilatih, tetapi pastikan kamu tidak membiarkannya sendirian terlalu lama karena bisa berdampak pada kecemasan berlebihan. Nah, berikut ini tips merawat anjing Bichon bagi pemula yang perlu diketahui:

  1. Pastikan Kesehatannya Terjaga

Jaga agar anjing Bichon peliharaanmu tetap sehat. Pastikan kamu sudah mendiskusikan jadwal pemberian vaksin dengan dokter hewan, termasuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Pasalnya, anjing ras ini bisa mengidap banyak masalah kesehatan yang berkaitan dengan genetik, termasuk masalah kandung kemih, alergi, dan displasia pinggul. 

Jadi, kamu perlu mengetahui gejala yang tidak biasa pada anjing ini, dan segera mungkin lakukan pengobatan. Gunakan saja aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya jawab kapan saja dengan dokter hewan dan membeli langsung obat yang diresepkan melalui layanan pharmacy delivery. Pastikan kamu sudah download aplikasi Halodoc, ya!

Baca juga: Penjelasan tentang Karakter Anjing Chow Chow

  1. Berikan Pakan yang Tepat

Beri makan anjing kecil ini makanan kering berkualitas tinggi. Porsinya bisa antara seperempat dan tiga perempat cangkir makanan kering berkualitas sebanyak dua kali sehari, dan sesuaikan jumlah yang diperlukan untuk tingkat aktivitas dan usia anjing. Periksa berat badannya secara rutin dengan menggerakkan tangan di sisi tubuhnya dan meraba tulang rusuknya. Kurangi jatah hariannya jika kamu sudah tidak bisa merasakan tulang rusuknya karena artinya anjing kecil satu ini sudah menunjukkan gejala obesitas.

  1. Rutin Memberikan Latihan

Anjing Bichon termasuk ras yang cerdas, sehingga tak ada salahnya melatihnya secara rutin setiap hari. Ajak anjing ini berjalan-jalan, dan berikan mainannya untuk menghibur dirinya sendiri saat berada di dalam ruangan. Biarkan dia berlari dan bermain di luar di bawah pengawasan, bisa juga di halaman yang dipagari dengan aman. 

Anjing ras ini sangat cocok dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya serta dapat menjadi teman bermain untuk olahraga yang baik. Titipkan anjing ini pada kerabat jika kamu harus bepergian selama beberapa waktu, karena anjing ini sangat sedih jika tidak memiliki teman. 

Baca juga: Begini Tips Merawat Anjing Peliharaan untuk Pemula

  1. Perawatan yang Tepat

Agar tidak kusut, pastikan kamu menyisir bulu anjing ini setiap hari. Berikan perhatian ekstra pada bagian kaki karena anjing mungkin menjilat untuk membersihkan dirinya sendiri. Kamu bisa menggunakan sikat pin, caranya, yaitu sikat ke atas, bukan ke bawah. Lakukan perawatan ini secara rutin agar bulu anjing tetap terjaga kesehatannya. 

Jangan lupa juga, perhatikan kesehatan giginya, rutinlah membersihkan bagian ini dengan sikat dan pasta gigi yang memang dibuat khusus untuk anjing. Bersihkan setidaknya dua atau tiga kali dalam satu minggu untuk mencegah terjadinya radang gusi. Lalu, kesehatan mata dan kukunya pun perlu mendapatkan perhatian, lakukan perawatan kuku dua kali dalam satu bulan. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Daily Puppy. Diakses pada 2021. How to Care for a Bichon Frise.

Prestige Animal Hospital. Diakses pada 2021. Bichon Frise.

Animal Care Tips. Diakses pada 2021. Care Tips For Bichon Frise Owners.