Begini Cara Pengobatan Patah Pergelangan Tangan

Begini Cara Pengobatan Patah Pergelangan Tangan

Halodoc, Jakarta - Patah pergelangan tangan terjadi ketika ada satu atau lebih tulang pada bagian pergelangan tangan yang retak. Kondisi ini umum terjadi ketika kamu terjatuh dan berusaha menopang tubuh dengan bagian telapak tangan menghantam tanah terlebih dahulu. Olahraga seperti skating atau snowboarding juga sama berisikonya, begitu pula dengan penipisan dan tulang rapuh.

Tentu saja, pergelangan tangan yang patah menimbulkan rasa nyeri yang diikuti dengan pembengkakan atau memar. Pergelangan tangan akan mengalami kesemutan atau mati rasa, dan sulit untuk digerakkan. Jangan dibiarkan, karena kondisi ini perlu segera ditangani.

Baca juga: Tangan Memar Setelah Terjatuh? Ini 5 Gejala Patah Pergelangan Tangan

Namun, penanganan yang bisa kamu lakukan pun tidak asal, karena bisa saja terjadi infeksi atau komplikasi lain yang justru membuat luka di pergelangan tangan kamu ini semakin memburuk. Nah, supaya tidak salah, yuk ikuti cara pengobatan pergelangan tangan yang tepat berikut ini!

  • Kompres es batu untuk meredakan pembengkakan. Namun, jangan langsung tempelkan es batu pada kulit. Gunakan handuk untuk membungkus es batu atau membalut tangan yang patah untuk mencegah terjadinya radang dingin. Biarkan es mengompres selama 15 menit, lalu angkat dan biarkan selama 15 menit berikutnya.

  • Letakkan pergelangan tangan yang patah di atas bantal atau lebih tinggi dari jantung selama beberapa hari pertama. Ini akan membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.

  • Konsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau asetaminofen untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang kamu rasakan. Namun, selalu perhatikan efek samping yang mungkin terjadi.

  • Balut pergelangan tangan yang patah. Namun, pastikan tangan dalam kondisi lemas atau tidak tegang. Setiap gerakan pada tangan akan menghasilkan tegangan pada bagian pergelangan tangan. Pun, jangan membalut pergelangan tangan yang patah terlalu kencang. Setelah dibalut, cek kembali sirkulasi, sensasi yang kamu rasakan, dan gerakannya.

  • Lakukan latihan peregangan pada bagian bahu, jari tangan, dan siku jika dibutuhkan dan pembengkakan pada pergelangan tangan sudah berkurang, begitu pula dengan rasa nyerinya.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Bedanya Patah atau Keseleo Pergelangan Tangan

Biasanya, cara tersebut membantu mengobati patah pergelangan tangan. Pada beberapa kasus, dibutuhkan pembedahan untuk pengobatan patah pergelangan tangan. Cara ini dilakukan apabila pergelangan tangan tidak membaik meski sudah dilakukan gips atau bebat. Terkadang, pin, pelat, atau perangkat lainnya mungkin dibutuhkan untuk menahan tulang.

Berapa Lama Waktu Penyembuhan yang Dibutuhkan?

Mungkin, butuh waktu sekitar 8 minggu atau lebih untuk patah pergelangan tangan bisa kembali pulih. Namun, bukan berarti kamu langsung bisa kembali melakukan aktivitas berat. Kamu tetap perlu melakukan segalanya perlahan, jangan terburu-buru jika tidak ingin pergelangan tangan kembali patah.

Pun, kamu masih akan merasa tidak nyaman dan kaku ketika mencoba menggerakkan pergelangan tangan untuk melakukan suatu hal yang ringan, misalnya mengambil piring atau gelas. Kondisi ini bisa berlangsung selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun setelah pemulihan.

Baca juga: Ketahui Penanganan yang Tepat pada Patah Pergelangan Tangan

Tidak ada salahnya untuk selalu menanyakan apa pun yang kamu rasakan setelah mengalami patah pergelangan tangan dan melakukan pengobatan. Ini jelas membantu kamu untuk selalu mengetahui bagaimana kondisi pergelangan tangan yang cedera. Tanya dokter sekarang jauh lebih mudah dengan adanya aplikasi Halodoc, karena kamu tidak perlu lagi berkunjung ke klinik atau rumah sakit. Cukup download saja aplikasi Halodoc di ponsel kamu.