Begini Metode Pengobatan pada Acquired Polyneuropathy

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Acquired Polyneuropathy, metode pengobatan penyakit saraf

Halodoc, Jakarta - Jika kemampuan gerak mata kamu terganggu, adanya gangguan gerakan pada saraf motorik dan indra pada kedua sisi tubuh, bahkan muncul rasa sakit seperti sensasi rasa terbakar, tersengat, atau dingin, kamu perlu waspada! Karena kondisi-kondisi tersebut merupakan gejala bahwa kamu mengidap acquired polyneuropathy. Yuk, kenali terlebih dulu tentang penyakit acquired polyneuropathy dan metode pengobatannya!

Baca juga: Cari Tahu 5 Hal Mengenai HIV AIDS

Pengertian Acquired Polyneuropathy

Acquired polyneuropathy merupakan penyakit saraf atau kerusakan dari beberapa saraf yang terjadi dalam waktu yang bersamaan. Kerusakan yang terjadi biasanya disebabkan oleh penyakit lain. Di samping itu, acquired polyneuropathy bukan merupakan penyakit yang diturunkan. Acquired polyneuropathy merupakan penyakit saraf yang paling umum, dan dikategorisasikan berdasarkan fungsi saraf.

Gejala pada Acquired Polyneuropathy

Gejala yang muncul pada acquired polyneuropathy, tergantung dari penyebabnya. Penyakit ini memiliki gejala yang cukup beragam, seperti:

  • Otot kaki terasa melemah.

  • Kemampuan pergerakan pada mata terganggu.

  • Munculnya rasa sakit, seperti sensasi dingin, terbakar, atau tersengat. Sensasi lainnya juga dapat timbul, seperti munculnya pembengkakan dan rasa gatal.

  • Adanya gangguan gerakan pada saraf motorik, dan indra. Kondisi ini terjadi pada kedua sisi tubuh.

  • Sensasi rasa kebas atau sakit pada betis, paha, telapak kaki, lengan, dan jari-jari.

Gejala-gejala di atas akan timbul jika kamu mengidap penyakit ini. Namun, gejala yang kamu rasakan tergantung pada penyebab acquired polyneuropathy yang sedang kamu alami.

Baca juga: Ini Dia Penyakit Autoimun yang Mungkin Menyerang Wanita

Penyebab Acquired Polyneuropathy

Gejala pada acquired polyneuropathy bisa timbul karena ada beberapa penyebab, seperti:

  • HIV/AIDS

  • Gagal ginjal azotemia, yaitu penyakit gagal ginjal yang disebabkan karena meningkatnya kadar kreatinin dan nitrogen urea darah, dan kondisi ini berkaitan dengan penurunan laju rata-rata penyaringan darah.

  • Kurangnya nutrisi vitamin B12. Manfaat vitamin B12, antara lain menghasilkan sel darah merah, dan menjaga kesehatan sistem saraf.

  • Penyakit lyme, yaitu infeksi yang disebabkan oleh bakteri genus Borrelia sp yang ditularkan lewat gigitan kutu.

  • Sindrom sjogren, yaitu penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada kelenjar air mata, air liur, dan zat-zat lainnya.

  • Hipotiroidisme, yaitu istilah yang digunakan untuk menggambarkan turunnya sintesis dan sekresi hormon tiroid dari kelenjar tiroid.

  • Diabetes, yaitu penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula yang berlebihan.

Faktanya, terdapat lebih dari 100 penyebab dari penyakit saraf acquired polyneuropathy. Namun, tidak semua pengidap acquired polyneuropathy disebabkan oleh penyakit-penyakit ini. Ada sekitar 30-40 persen pengidap kondisi ini tidak ditemukan penyebabnya. Dan kondisi ini disebut dengan idiopathic neuropathy.

Pengobatan Acquired Polyneuropathy

Metode pengobatan penyakit saraf yang dilakukan pada pengidap acquired polyneuropathy tergantung pada penyebab yang sudah ditemukan. Pengobatan ini memang disesuaikan dengan penyebabnya. Sebagai contoh:

  • Malnutrisi vitamin B12.

  • Uremia.

  • Infeksi bakteri Streptococcus B.

Nah, jika ditemukan penyebab seperti di atas, pengobatan akan dilakukan dengan menghentikan penggunaan obat-obat neurotoxic. Menghentikan penggunaan obat neurotoxic dapat menyembuhkan gangguan neuropati ringan, atau mencegah penyakit ini bertambah parah. Selain itu, biasa dokter akan mengecek riwayat medis kamu dan pemeriksaan klinis. Electrical and Mechanical Contracting (EMG), analisis dari cairan cerebrospinal (lumbar puncture), pemeriksaan indera, penelitian konduksi saraf (NCS), biopsi kulit dan tes darah untuk mengukur tingkat vitamin B12.

Baca juga: Jarang Disadari, Inilah Penyebab & Gejala Terkena HIV

Untuk itu, lakukan aktivitas olahraga yang teratur, serta pola makan yang sehat. Selain itu, kamu bisa melakukan diskusi dengan dokter ahli jika kamu ingin melakukan metode pengobatan penyakit saraf acquired polyneuropathy yang kamu alami. Atau kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan? Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!