• Home
  • /
  • Begini Perkembangan Bayi 13 Bulan

Begini Perkembangan Bayi 13 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Perkembangan Bayi 13 Bulan

Halodoc, Jakarta – Selamat! Usia Si Kecil kini sudah memasuki 13 bulan. Berbagai momen membahagiakan tentu sudah dilalui orangtua dan bayi, mulai dari kelahiran, konsumsi ASI, serta tumbuh kembang anak yang terasa terjadi terlalu cepat. Memasuki usia 13 bulan, apa saja yang berubah pada sang buah hati? Simak gambaran seputar perkembangan bayi usia 13 bulan pada artikel berikut! 

Seiring bertambahnya usia, Si Kecil akan mengalami perubahan fisik serta perkembangan kemampuan, termasuk bahasa. Pada usia 13 bulan, bayi akan mulai mengalami perkembangan pada kemampuan berbahasa serta rasa ingin tahu yang semakin tinggi. Pada usia ini, anak mulai bisa mengeluarkan satu sampai dua kata dan seakan sudah mengerti saat diajak berbicara. 

Baca juga: Ketahui Tahapan Perkembangan Bahasa pada Bayi

Kemampuan Bahasa dan Rasa Ingin Tahu 

Pada usia 13 bulan, bayi sudah mengalami peningkatan dalam kemampuan berbahasa. Bayi pada usia ini terlihat seakan sudah mengerti saat diajak berbicara, bahkan terkadang bisa membalas dengan satu sampai dua kata. Bayi biasanya sudah mulai mengucapkan kata “ba”, “ma”, atau “mama”. Biasanya, kata yang akan dikeluarkan bayi merupakan kata yang sering ia dengar sehari-hari. 

Terkadang, bayi usia 13 bulan akan memiliki istilah tersendiri alias bahasa slang untuk menunjukkan sesuatu, seperti “ba” untuk menunjuk botol. Selain perkembangan bahasa, refleks bayi juga sudah mulai berkembang. Saat seseorang melambaikan tangan atau mengucap selamat tinggal, bayi usia 13 bulan biasanya akan membalas dengan melakukan gerakan yang sama. 

Meski begitu, Si Kecil mungkin masih akan merasa kesulitan dan frustasi untuk mengekspresikan keinginannya ke dalam kata-kata. Sebab, kemampuan berbahasanya memang masih sangat terbatas dan baru mulai berkembang. Mereka juga cenderung kesulitan untuk menunjukkan rasa takut, sakit, senang, sedih, atau marah. Orangtua memiliki peran penting untuk membantu bayi usia 13 bulan untuk melewati hal tersebut. 

Baca juga: Begini Perkembangan Bahasa Anak di Usia 1 hingga 4 Tahun

Pada usia ini, ayah dan ibu bisa membantu mengenalkan bayi pada perubahan emosi yang terjadi secara cepat. Hal itu bisa membantu menghindari rasa bingung pada anak. Bantu Si Kecil mengenali perasaan dan ajarkan padanya kapan waktu untuk menggunakan emosi-emosi tersebut. Ibu bisa mencoba untuk melatihnya dengan mengajak anak bercermin untuk menyaksikan ekspresi yang ia keluarkan. 

Anak mungkin akan merasa terpesona dan mempelajari perubahan emosi yang terjadi pada dirinya. Selain perkembangan bahasa dan ekspresi, pada usia 13 bulan bayi biasanya juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini bisa meningkatkan risiko Si Kecil terluka, jatuh, bahkan sakit. Namun jangan khawatir, semua pengalaman tersebut adalah hal yang dibutuhkan anak untuk berkembang. 

Sebagai orangtua, disarankan untuk selalu bersiap dengan segala kemungkinan yang terjadi. Rasa ingin tahu anak mungkin akan membawanya melakukan hal-hal baru. Selalu siapkan kotak pertolongan pertama, berisi obat-obatan di tempat yang mudah dijangkau. Dengan begitu, ibu bisa lebih mudah dan segera mengatasi luka yang muncul saat anak beraktivitas. Sederhana saja, pastikan kotak obat selalu terisi dengan sediaan dasar, seperti perban, plester luka, alkohol pembersih, serta antiseptik.

Baca juga: Fakta Bayi Bicara dengan Bahasa Isyarat

Jika ibu masih ragu dan butuh saran ahli, coba hubungi dokter untuk membantu pemberian pertolongan pertama pada luka anak. Pakai aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Parents. Diakses pada 2019. 13 Month Old Child Development.
Baby Centre. Diakses pada 2019.  Your 13-month-old's development.