20 October 2017

Begini Perkembangan Janin dalam Kandungan di Usia 5 Bulan

Begini Perkembangan Janin dalam Kandungan di Usia 5 Bulan

Halodoc, Jakarta – Merasakan kehidupan si kecil dalam kandungan tentu menjadi pengalaman yang luar biasa bagi seorang ibu. Perkembangan janin dari waktu ke waktu pun menjadi hal menarik yang selalui ingin diketahui orang tua. Sebisa mungkin ibu memberikan terbaik untuk si kecil bahkan sejak dalam kandungan. Mulai dari asupan gizinya hingga kondisi fisik ibu yang mesti selalu sehat dan bahagia agar “menular” pada si kecil dalam kandungan.

Di usia 5 bulan, janin dalam kandungan sudah bisa merasakan berbagai sensasi, ia bahkan sudah bisa mengenali lingkungan di sekitarnya, lho. Secara fisik, alis mata dan rambut halus yang sifatnya sementara mulai tumbuh di kepala. Rambut ini akan rontok setelah dua minggu si kecil lahir. Panjang tubuhnya pun sudah mencapai kurang lebih 25 sentimeter pada usia kehamilan lima bulan ini.

Pada usia ini juga bisa dibilang si kecil memiliki “jadwal” layaknya anak kecil yang sudah lahir ke dunia. Biasanya jadwal ini cukup teratur, pada pagi hari menjelang sore ia akan beristirahat sehingga ia tidak banyak bergerak dalam kandungan. Namun saat malam hari ia justru bergerak lebih aktif hingga bahkan menganggu waktu  istirahat ibu.

Perkembangan Janin Minggu ke-17
Di minggu ke-17, kulit si kecil mulai berkembang, transparan, dan terlihat merah karena pembuluh darah masih terlihat jelas. Secara fisik, bentuk telingannya sudah sempurna dan meski matanya masih terpejam namun ia sudah bisa menangkap cahaya terang. Beratnya sudah mencapai 120 gram dan rahim akan terlihat oval, akibatnya rahim jadi terdorong dari rongga panggul dan mengarah keperut. Secara otomatis usus ibu jadi terdorong dan mencapai daerah hati sehingga ibu merasakan tusukan di ulu hati. Karena ukuran kandungan kian besar, ibu disarakankan untuk tidak bergerak secara mendadak atau gerakan yang menyebabkan peregangan. Ini karena bisa muncul rasa nyeri yang disebut ligamen rotundum.

Perkembangan Janin Janin Minggu ke-18
Si kecil sudah bsia mendengarkan suara dari luar tubuh dan ia bahkan bisa merespon dengan bergerak jika mendengar suara. Ia sudah bisa menendang, meninju, dan bergerak aktif dalam kandungan. Pada minggu ini, ibu kemungkinan dapat merasakan gerakan putaran si kecil dalam kandungan untuk pertama kalinya. Pada usia ini, berat si kecil sekitar 150 gram yakni sebesar buah semangka. Ikatan ibu dan si kecil pada minggu ke-18 ini semakin erat, bahkan si kecil bisa merasakan emosi ibu mulai dari bahagia hingga sedih. Ia juga bisa merasa lapar apabila ibu merasakannya.

Perkembangan Janin Minggu ke-19
Kini si kecil dalam kandungan memiliki panjang sekitar 23 sentimeter dengan berat sekitar 200gram. Jika ibu belum merasakan gerakan si kecil pada minggu sebelumnya, kemungkinan minggu ini ibu akan mulai merasakan gerakan si kecil. Pada usia ini, otak janin telah memiliki jutaan saraf motorik sehingga ia dapat membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol.

Perkembangan Janin Minggu ke-20
Pada usia ini kulit si kecil sudah bisa dibedakan menjadi dua lapisan yakni lapisan dermis yang merupakan lapisan dalam dan lapisan epidermis yang terletak di permukaan. Lapisan epidermis ini selanjutnya akan membentuk pola-pola tertentu pada ujung jari, telapak tangan serta telapak kaki. Sedangkan lapisan dermis mengandung pembuluh-pembuluh darah kecil, saraf dan sejumlah besar lemak. Otot si kecil pun semakin tiap minggunya, ia bahkan sekitar 200 kali sehari. Namun tidak semua gerakan bisa dirasakan, hanya beberapa gerakan saja yang dirasakan ibu.


Pantau terus kesehatan ibu dan si kecil selama kehamilan. Selalu siap sedia menghubungi dokter apabila muncul masalah kesehatan. Tak perlu keluar rumah, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja, dimana saja. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, ibu juga bisa membeli vitamin atau produk kesehatan lain yang dibutuhkan melalui Halodoc dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.