07 January 2019

Beginilah Tahapan Proses Pemeriksaan dengan MRI

Beginilah Tahapan Proses Pemeriksaan dengan MRI

Halodoc, Jakarta - Magnetic resonance imaging atau disingkat MRI adalah proses pemeriksaan yang memanfaatkan medan magnet dan gelombang radio untuk menampilkan gambar struktur organ dalam tubuh manusia. MRI adalah proses pemeriksaan yang cukup mutakhir dan hasil pemeriksaannya tidak bisa didapatkan pada tes lain seperti Rontgen, USG, atau CT-Scan. Tubuh pasien akan dipindai dan ditempatkan pada sebuah mesin dengan magnet yang kuat. Gambar-gambar yang dihasilkan dari MRI berupa foto digital yang disimpan di komputer dan dicetak untuk dipelajari lebih dalam untuk mengidentifikasi penyakit.

MRI membantu dokter dalam memeriksa bagian dalam tubuh pasien seperti organ, jaringan, dan sistem rangka dengan resolusi yang tinggi. Hasil pemeriksaan membantu dokter mendiagnosis berbagai masalah seputar kesehatan. Mesin MRI biasanya memiliki panjang berkisar 1,5 – 2,5 meter.

Pemindaian dilakukan dengan sebagian atau seluruh tubuh pasien diposisikan (ditempatkan) dalam mesin. Sebetulnya tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan saat hendak melakukan MRI, tetapi mengetahui tahapan prosesnya dan diharapkan membantumu merasa lebih siap menjalani pemeriksaan ini.

Berikut beberapa tahapan dan persiapan yang wajib kamu ketahui:

Baca Juga: Ini Alasan untuk Cek Lab Agar Sehat Jelang Natal

  • Hal yang paling pertama wajib kamu lakukan adalah memberitahu dokter jika kamu mengalami klaustrofobia. MRI membuat sebagian tubuh atau seluruh tubuhmu masuk ke dalam mesin ini hingga beberapa waktu bahkan hingga satu jam. Bagi kamu yang merasa tidak nyaman atau takut berada dalam mesin MRI, sebaiknya segera memberitahu dokter. Pengalaman ini bisa menyebabkan kecemasan yang besar, dan dokter mungkin bisa memberimu obat penenang sebelum menjalani pemeriksaan untuk mencegah kecemasan berlebihan. Meski ada operator yang menjaga dari luar, tetapi saat pemeriksaan MRI biasanya kamu diminta melakukan beberapa gerakan seperti menggerakan tangan atau kaki guna proses identifikasi penyakit, dan kondisi ini membutuhkan ketenangan agar prosesnya berjalan lancar.

  • Beritahu dokter jika memiliki implan dan lepaskan semua benda logam dari tubuh. Implan logam tertentu bisa memengaruhi pindaian MRI, oleh karena itu wajib melepaskan perhiasan dan segala macam aksesori. Jika kamu memiliki implan yang ada di dalam tubuh, diskusikan segera dengan dokter demi proses pemeriksaan yang lancar nantinya.

Baca Juga: 6 Jenis Pemeriksaan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

  • Pahami apa saja yang akan terjadi saat pemeriksaan MRI. Hal ini membantu meredakan kecemasan akan prosedur tersebut. Pelajari apa yang bisa diharapkan dalam hari-hari menjelang pemeriksaan. Berikut beberapa informasi yang wajib kamu ketahui:

  • MRI merupakan tabung besar dengan lubang-lubang pada setiap sisinya. Jika kamu diminta melakukan pemeriksaan ini, maka kamu akan ditempatkan pada meja yang dapat bergerak masuk ke dalam tabung, sementara petugas ahli akan mengawasi dari ruangan lain.

  • Medan magnet dan gelombang radio menghasilkan pembacaan internal dari tubuh Anda, yang digunakan untuk mendeteksi berbagai hal seperti tumor otak, kondisi kronis, dan gangguan lainnya. Prosedur ini tidak menyakitkan karena kamu tidak akan merasakan medan magnet tersebut.

  • Mesin MRI menghasilkan banyak suara selama prosedur berlangsung. Banyak pasien memilih membawa penyumbat telinga dan mendengarkan musik ataupun rekaman audio buku selama proses tersebut.

  • Durasi pemeriksaan bermacam-macam, namun sebagian dapat terasa cukup lama. Terkadang membutuhkan waktu hingga satu jam untuk sebuah pemeriksaan hingga selesai.

  • Sebelum melakukan pemeriksaan, kamu diminta mengisi formulir yang menanyakan riwayat kesehatanmu. Perhatikan baik-baik saat mengisinya karena hal ini akan mempengaruhi proses jalannya pemeriksaan. Saat pemeriksaan kamu akan memakai baju khusus. Kamu disarankan untuk mengajak kerabat untuk menunggu jalannya pemeriksaan dan memberikan dukungan kepadamu.

Baca Juga: Alasan Harus Puasa Sebelum Cek Darah

Kini kamu juga bisa memeriksakan kondisi kesehatanmu di aplikasi Halodoc melalui fitur Cek Lab. Tanpa perlu keluar dari rumah, kamu sudah bisa melakukan tes kesehatan melalui fitur cek lab di Halodoc. Jangan ragu menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk berdiskusi dan meminta saran kesehatan kapan saja. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play dan nikmati kemudahan cek lab di Halodoc!