Ini Alasan untuk Cek Lab Agar Sehat Jelang Natal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Alasan untuk Cek Lab Agar Sehat Jelang Natal

Halodoc, Jakarta - Disadari atau tidak, momen perayaan Natal tampaknya tak hanya khusus dirayakan pemeluk nasrani saja. Kini perayaan Natal dirayakan hampir oleh seluruh penduduk dunia. Pasalnya perayaan Natal jatuh berdekatan dengan momen pergantian tahun yang merupakan saat-saat yang tepat berkumpul bersama keluarga atau sahabat.

Jika membicarakan tentang sebuah perayaan, hal ini tidak terlepas kaitannya dengan segala sesuatu yang spesial. Banyak orang yang mempersiapkan betul perayaan Natal dan tahun baru ini dengan mendekorasi rumah serta menyajikan makanan khas keluarga dan kue-kue manis lainnya. Makanan saat Natal dan tahun baru seolah menggoda kamu untuk mengonsumsinya. Namun, jika kamu memiliki riwayat penyakit seperti hipertensi, diabetes, atau lainnya, sebaiknya cegah konsumsi makanan tertentu selama momen liburan ini. Selain itu, untuk mencegah masalah kesehatan lain tidak ada salahnya agar kamu melakukan pemeriksaan kesehatan melalui cek lab menjelang natal.

Mengapa Cek Lab Penting?

Tes kesehatan rutin melalui uji laboratorium dapat membantu menemukan masalah sebelum hal tersebut mengganggu kesehatan. Hal ini dapat membantu menemukan masalah sejak dini, ketika peluang untuk melakukan perawatan dan penyembuhan masih dapat dilakukan lebih mudah. Dengan mendapatkan layanan kesehatan yang tepat melalui cek laboratorium secara rutin, kamu telah berupaya untuk dapat hidup lebih sehat.

Usia, riwayat kesehatan yang kamu dan keluarga miliki, pilihan gaya hidup (seperti makanan yang dikonsumsi sehari-hari, seberapa aktif dirimu, dan apakah kamu seorang perokok), adalah faktor penting lainnya yang memengaruhi apa dan seberapa sering kamu wajib melakukan perawatan kesehatan.

Nah, berikut ini terdapat beberapa alasan lain kamu butuh melakukan pemeriksaan kesehatan melalui cek lab:

  • Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Pemeriksaan rutin membantu dokter mengenali masalah kesehatan sejak dini. Pemeriksaan tersebut meliputi beberapa tes, termasuk pemeriksaan pencegahan dan pemeriksaan fisik, untuk memeriksa kesehatan dan risiko yang dimiliki pasien saat ini.

Jika ada masalah yang ditemukan, dokter segera memberikan informasi tentang rencana perawatan dan cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah risiko gangguan kesehatan di masa depan. Nah, pemeriksaan kesehatan yang paling sering dilakukan antara lain:

  • Tes pap smear untuk wanita.

  • Tes tekanan darah.

  • Pemeriksaan kadar kolesterol.

  • Indeks massa tubuh (BMI) dan tes obesitas.

  • Pemeriksaan diabetes.

Jika kamu memiliki masalah kesehatan yang lebih spesifik, maka dokter dapat menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lain yang lebih tepat.

Meskipun pemeriksaan dokter membantu mengatasi masalah apa pun sejak dini, namun penting juga untuk mengikuti beberapa langkah yang mendukung gaya hidup sehat.

Pola hidup sehat yang wajib dilakukan antara lain konsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang, berolahraga secara teratur, dan mempertahankan berat badan yang sehat.

  • Menghemat Biaya Perawatan Kesehatan

Bagi banyak orang, biaya pemeriksaan kesehatan yang tidak murah adalah alasan mereka menunda penjadwalan pemeriksaan. Namun, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan demi melakukan penghematan besar pada perawatan kesehatan. Pemeriksaan rutin adalah cara untuk menghemat banyak uang dalam jangka panjang. Hal ini membantu meminimalkan risiko masalah kesehatan sehingga kamu tidak perlu melakukan perawatan medis  yang berpotensi menguras kantong di masa depan.

Menjelang Natal dan tahun baru, kamu juga bisa memeriksakan kondisi kesehatanmu di Prodia. Kabar baiknya, Prodia hadir di aplikasi Halodoc melalui fitur Cek Lab. Tanpa perlu keluar dari rumah, kamu sudah bisa melakukan tes kesehatan melalui fitur cek lab di Halodoc. Jangan ragu juga untuk menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk berdiskusi dan meminta saran kesehatan kapan saja. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play dan nikmati kemudahan cek lab di Prodia melalui Halodoc!

Baca Juga: