08 April 2019

Lakukan 5 Cara Ini Agar Prediabetes Enggak Menjadi Diabetes

Lakukan 5 Cara Ini Agar Prediabetes Enggak Menjadi Diabetes

Halodoc, Jakarta – Prediabetes merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang memiliki kadar gula di atas normal. Meski begitu, kadar gula pada prediabetes belum setinggi pengidap diabetes. Hal itu membuat orang tersebut belum bisa dikatakan mengidap penyakit diabetes.

Kadar gula darah puasa seseorang dalam keadaan normal adalah kurang dari 100 miligram per desiliter (mg/dl). Pada prediabetes, kadar gula dalam darah akan melebihi batas normal dan bisa mencapai 100–125 miligram per desiliter. Lantas, bisakah mencegah prediabetes berkembang menjadi penyakit diabetes? Bagaimana caranya?

Seseorang dikatakan mengidap penyakit diabetes jika sudah memiliki kadar gula darah di atas 125 miligram per desiliter. Sebelumnya, penyakit ini mungkin akan ditandai dengan prediabetes, yaitu kondisi di mana kadar gula dalam darah mulai mengalami peningkatan.

Kabar baiknya, prediabetes sebenarnya masih bisa disembuhkan dan dicegah perkembangannya menjadi penyakit diabetes. Dengan kata lain, prediabetes sebenarnya adalah “peringatan” dari penyakit diabetes yang berbahaya dan tidak bisa diobati.

Baca juga: 8 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Prediabetes

Cara Mencegah Prediabetes Berkembang menjadi Diabetes

Tidak perlu terlalu khawatir jika dinyatakan mengalami prediabetes, sebab kondisi ini sebenarnya masih bisa diobati. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah perkembangan prediabetes menjadi penyakit diabetes, di antaranya:

1. Menjaga Berat Badan

Salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit diabetes adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal. Pasalnya, penyakit ini lebih rentan menyerang orang dengan berat badan berlebih alias obesitas. Risiko prediabetes berkembang menjadi diabetes lebih tinggi pada orang yang memiliki berat badan berlebih.

Maka dari itu, pastikan untuk selalu menjaga berat badan ideal agar terhindar dari penyakit diabetes. Jika dinyatakan mengalami prediabetes, cobalah untuk menurunkan 10-15 persen berat badan yang dimiliki.

2. Atur Pola Makan

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Kamu bisa mencegah diabetes, bahkan prediabetes dengan mengatur pola makan. Agar terhindar dari diabetes, biasakan mengonsumsi makanan sehat, serta hindari makanan yang manis seperti permen, kue, dan gula.

Baca juga: Prediabetes Bisa Jadi Diabetes dalam 10 Tahun?

Kamu bisa memulai dengan mengurangi penggunaan gula tambahan dalam makanan dan minuman sehari-hari. Sebagai gantinya, gunakan pemanis yang lebih sehat dan rendah kalori. Selain mencegah diabetes, ini juga bisa membantu menjaga berat badan tidak naik.

3. Jangan Malas Bergerak

Nyatanya, kurang bergerak bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes menyerang. Untuk menghindarinya, biasakan diri untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin, misalnya berolahraga 3 kali dalam seminggu.

Tidak perlu memaksakan diri dengan olahraga yang terlalu berat. Kamu bisa memulai dengan aktivitas ringan, namun rutin, seperti berjalan kaki di taman dekat rumah. Jenis olahraga lain yang bisa dicoba adalah bersepeda atau berenang.

4. Jauhi Rokok

Risiko penyakit menjadi lebih tinggi pada orang yang aktif merokok. Selain diabetes, ada banyak penyakit kronis lain yang lebih berisiko pada orang dengan kebiasaan merokok.

5. Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Memantau kondisi kesehatan dan kadar gula darah adalah hal yang harus dilakukan saat mengalami prediabetes. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah kadar gula darah sudah kembali normal atau malah semakin membahayakan. Maka dari itu, pastikan untuk selalu mengontrol dan memeriksakan kesehatan tubuh.

Baca juga: Masih Muda Sudah Prediabetes, Harus Apa?

Cari tahu lebih lanjut seputar prediabetes dan cara mencegah diabetes dengan bertanya ke dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!