Benarkah Kekenyangan Saat Puasa Diatasi dengan Jus Buah?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Benarkah Kekenyangan Saat Puasa Diatasi dengan Jus Buah?

Halodoc, Jakarta - Lamanya tubuh menahan lapar dan haus ketika puasa membuat kamu menjadi gelap mata ketika menjelang waktu berbuka. Semua makanan dan minuman yang tertangkap oleh mata terasa begitu lezat dan menggugah selera. Tak jarang, hal ini membuat kamu makan berlebihan atau makan kalap ketika berbuka.

Jika itu terjadi, kamu mengalami kekenyangan, yang berujung pada perut begah dan mulas. Hal ini berbahaya, karena bisa membuat kamu mual dan mudah terserang penyakit berat seperti obesitas dan diabetes. Padahal, puasa sendiri sebenarnya, mengajak kamu hidup lebih sehat dengan membatasi waktu dan asupan makanan juga minuman.

Menetralkan Perut yang Kekenyangan dengan Jus Buah, Bisakah?

Kekenyangan membuat kamu sulit dan malas bergerak. Makanan yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan membuat organ pencernaan harus bekerja lebih keras untuk bisa mencerna makanan yang kamu makan. Terkadang, kamu sudah mengantuk bahkan sebelum organ ini selesai menjalankan tugasnya.

Baca juga: 5 Bahaya Nasi Kalau Dimakan Berlebihan

Jika kamu tertidur, tubuh akan menyerap semua makanan tersebut dan menyimpannya sebagai cadangan dalam bentuk lemak. Apabila ini terjadi terus-menerus, kamu rentan mengalami kegemukan, terlebih jika kamu tidak mengimbanginya dengan olahraga, hobi begadang, dan makan larut malam.

Namun, kabarnya, netralisir perut yang kekenyangan bisa dilakukan dengan konsumsi jus buah. Ya, manfaat jus buah memang begitu beragam. Jus buah mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Tak heran jika menu ini direkomendasikan menjadi salah satu menu diet sehat.

Lalu, benarkah jus buah juga bisa membuat kekenyangan yang kamu alami berkurang? Bisa, jika kamu mengombinasikan dengan sayuran tertentu. Kombinasi antara buah dan sayur yang dilumatkan atau dijus mampu membantu menghilangkan racun keluar tubuh sekaligus menjaga kesehatan kulit tubuh, seperti menghilangkan komedo dan jerawat.

Baca juga: Tetap Sehat Meski Banyak Makan Manis

Bahkan, kombinasi jus ini bisa dikonsumsi selepas kamu makan terlalu banyak atau ketika menyantap makanan siap saji. Salah satu yang direkomendasikan adalah paduan antara wortel, pir, dan tambahan seledri. Wortel mengandung vitamin A dan C yang baik untuk mata dan meningkatkan imunitas tubuh, sementara kandungan antioksidannya membantu memerangi masuknya radikal bebas.

Adapun buah pir memiliki rasa manis dan asam, menghasilkan paduan rasa segar pada jus. Tidak hanya itu, buah bulat berwarna kuning ini mampu membantu menjaga penuaan dini dan kemunculan keriput di kulit. Sementara daun seledri baik untuk peningkatan kinerja fungsi ginjal dan hati.

Baca juga: Tips Atasi Sakit Perut karena Kekenyangan Sehabis Buka Puasa

Kamu perlu ingat, waktu bulan puasa bukan menjadi ajang untuk balas dendam karena perut kamu kosong selama lebih dari 12 jam. Kamu harus tetap menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan. Pertimbangkan jus buah sebagai menu, karena manfaat jus buah memang sudah tak bisa diragukan lagi.

Jika perlu konsumsi vitamin untuk menunjang kekuatan tubuh. Kesibukan aktivitas tidak boleh menjadi alasan kamu lupa membeli vitamin, karena kamu bisa dengan mudah memesan melalui aplikasi Halodoc. Melalui layanan beli obat, kamu dapat memesan obat dan vitamin dari mana saja dan kapan saja, cukup dengan download aplikasi Halodoc. Mudah, kan?