22 December 2017

Tetap Sehat Meski Banyak Makan Manis

Tetap Sehat Meski Banyak Makan Manis

Halodoc, Jakarta – Hampir tak ada orang yang bisa menolak godaan makanan manis. Seperti semangkuk es buah atau permen dan kue yang manis. Meski banyak yang telah mengetahui dampak dari makanan manis, namun memutuskan untuk berhenti mengonsumsinya tentu tak akan semudah itu.

Jangan khawatir! Bagi kamu pecinta makanan manis, ada trik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh meski sering makan manis. Mau tahu?

1. Ketahui makananmu

Agar tidak menjadi petaka, pastikan kamu tidak “lupa daratan” saat menyantap makanan manis. Sebab pada dasarnya, makanan manis tak berbeda dengan makanan pada umumnya jika dikonsumsi dalam batas wajar. Selain itu, perhatikan label dan kandungan makananmu, sehingga lonjakan gula darah dapat dicegah.

2. Atur jadwal

Meski sangat menyukainya, namun kamu harus membuat jadwal dalam mengonsumsi makanan manis. Hindari  mengonsumsinya terlau banyak, buat jadwal misalnya hanya makan manis di akhir minggu. Atau saat merasa sudah berlebih, detoksifikasi tubuh dengan cara puasa makanan manis selama tiga hari.

3. Sikat gigi

Selain kesehatan tubuh, makanan manis juga bisa merusak gigimu. Maka penting untuk rutin menyikat gigi, terlebih setelah makan manis. Kebiasaan ini dapat mencegah gigi berlubang atau masalah mulut lainnya.

4. Rutin periksa

Lakukanlah pemeriksaan kesehatan dengan rutin, sehingga kamu akan mengetahui perubahan yang terjadi. Memeriksa kondisi tubuh pun bisa membantu kamu mengontrol sebanyak apa makanan manis boleh masuk dalam tubuh.

Segera hubungi dokter jika ada masalah kesehatan, apalagi setelah makan manis. Kamu bisa  menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter seputar masalah kesehatan. Yuk, download sekarang!