• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tetap Sehat Meski Banyak Makan Manis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tetap Sehat Meski Banyak Makan Manis

Tetap Sehat Meski Banyak Makan Manis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Februari 2022
Tetap Sehat Meski Banyak Makan ManisTetap Sehat Meski Banyak Makan Manis

Halodoc, Jakarta – Makanan manis memang dapat menjadi candu bagi beberapa orang. Rasa nikmat yang dihasilkan membuat seseorang ingin makan lagi dan lagi. Seperti yang semua orang tahu, terlalu banyak makan manis dapat menimbulkan dampak buruk pada tubuh. Maka dari itu, ketahui cara tetap sehat meski banyak makan manis!

Berbagai Cara Makan Manis Agar Tidak Berdampak Buruk untuk Kesehatan

Ada banyak dampak buruk yang dapat terjadi saat makan terlalu banyak gula, seperti pada gigi, sistem kekebalan tubuh, kadar gula darah, hingga berat badan. Semakin banyak makanan manis yang kamu makan setiap hari, semakin tinggi juga risiko kesehatan yang dapat terjadi. 

Saat kamu mengonsumsi terlalu banyak gula, kadar gula darah dapat melonjak secara tiba-tiba. Ketika gula darah naik, kamu dapat merasa lapar dan menginginkan lebih banyak makanan manis. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara untuk tetap sehat meski mengonsumsi banyak makan manis.

Jangan khawatir! Bagi kamu pecinta makanan manis, ada trik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh meski sering makan manis. Mau tahu?

1. Ketahui Makananmu

Agar tidak menjadi petaka, pastikan kamu tidak “lupa daratan” saat menyantap makanan manis. Sebab pada dasarnya, makanan manis tak berbeda dengan makanan pada umumnya jika dikonsumsi dalam batas wajar. Selain itu, perhatikan label dan kandungan makananmu, sehingga lonjakan gula darah dapat dicegah.

2. Atur Jadwal

Meski sangat menyukainya, namun kamu harus membuat jadwal dalam mengonsumsi makanan manis. Hindari  mengonsumsinya terlalu banyak, buat jadwal misalnya hanya makan manis di akhir minggu. Atau saat merasa sudah berlebih, detoksifikasi tubuh dengan cara puasa makanan manis selama tiga hari.

3. Sikat Gigi

Selain kesehatan tubuh, makanan manis juga bisa merusak gigimu. Maka penting untuk rutin menyikat gigi, terlebih setelah makan manis. Kebiasaan ini dapat mencegah gigi berlubang atau masalah mulut lainnya.

4. Rutin Periksa

Lakukanlah pemeriksaan kesehatan dengan rutin, sehingga kamu akan mengetahui perubahan yang terjadi. Memeriksa kondisi tubuh pun bisa membantu kamu mengontrol sebanyak apa makanan manis boleh masuk dalam tubuh.

5. Banyak Minum Air Putih

Cara lainnya agar tetap sehat meski banyak makan manis adalah dengan mengonsumsi air putih setelahnya. Hal ini mampu membilas partikel makanan, bakteri, dan asam yang ada. 

Saat tubuh kekurangan cairan, dehidrasi dapat terjadi dan mampu menurunkan jumlah air liur. Tubuh yang alami dehidrasi, keinginan untuk mengonsumsi makan manis malah lebih parah. Cobalah minum air putih dan keinginan untuk makan manis dapat berkurang.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar tetap sehat meski banyak makan manis. Dengan menerapkan beberapa cara yang disebutkan, risiko yang dapat disebabkan oleh terlalu banyak konsumsi sesuatu yang manis dapat diturunkan. Meski begitu, alangkah baiknya tetap membatasi konsumsi gula setiap harinya.

Lalu, jika kamu memiliki pertanyaan  tentang cara sehat meski makan banyak manis atau menghentikan kebiasaan makan manis, dokter dari Halodoc siap membantu. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi langsung dengan ahli medis di mana saja dan kapan saja.

Referensi:
Cooking Light. Diakses pada 2022. What to Do After You've Eaten Too Much Sugar.
Jungle Roots. Diakses pada 2022. Healthiest Ways to Eat Sweets.