Benarkah Panoramic Hanya Digunakan untuk Penambalan Gigi?

Benarkah Panoramic Hanya Digunakan untuk Penambalan Gigi?

Halodoc, Jakarta - Radiografi panoramic atau rontgen panoramik adalah suatu pemeriksaan rontgen gigi dua dimensi (2D) yang digunakan untuk menangkap bentuk seluruh mulut hanya dalam satu gambar tunggal. Seluruh mulut yang dimaksud adalah gigi, rahang, struktur dan jaringan yang berada di sekitarnya. Panoramic menggunakan dosis kecil radiasi untuk melakukan hal tersebut. Pemeriksaan ini berguna untuk merencanakan perawatan gigi palsu, kawat gigi, ekstraksi, dan implan.

Rahang manusia mempunyai struktur melengkung mirip dengan tapal kuda. Meski begitu, radiografi panoramic dapat menghasilkan gambar datar dari struktur yang melengkung tersebut. Umumnya, struktur yang ingin dilihat secara detail ketika menggunakan panoramic adalah bagian tulang dan gigi. Pemeriksaan ini tidak membutuhkan persiapan khusus untuk melakukannya.

Radiografi panoramic menggunakan sinar-X, yaitu tes medis non-invasif yang dapat membantu ahli medis untuk mendiagnosis dan mengobati kondisi medis yang mungkin terjadi atau hanya sekedar melakukan pemeriksaan. Pencitraan dengan sinar-X tersebut dapat memperlihatkan gambar dari bagian tubuh, serta merupakan bentuk pencitraan medis yang paling tua dan paling sering digunakan.

Baca Juga: Penyebab Sakit Gigi Selain Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya

Fungsi dari Radiografi Panoramic

Radiografi dengan panoramic ini umumnya digunakan oleh dokter gigi dan ahli bedah mulut untuk mendiagnosis seseorang dan merupakan salah satu alat yang sangat penting. Alat ini dapat mencakup area yang lebih luas dibandingkan sinar-X intraoral konvensional. Selain itu, alat ini juga dapat menyediakan informasi yang penting tentang sinus maksilaris, posisi gigi, dan kelainan tulang lainnya.

Pemeriksaan dengan panoramic ini juga digunakan untuk merencanakan perawatan gigi tiruan secara keseluruhan, parsial, kawat gigi, ekstraksi, hingga implan. Selain untuk mengatasi masalah gigi, radiografi ini juga dapat digunakan untuk penyakit-penyakit seperti:

  • Penyakit periodontal yang parah.

  • Kista pada tulang rahang.

  • Tumor rahang dan kanker mulut.

  • Gigi yang mengalami kelainan, termasuk gigi bungsu.

  • Gangguan rahang atau gangguan sendi temporomandibular.

  • Radang dalam selaput lendir.

Baca Juga: 5 Tips Cara Atasi Masalah Gigi Sensitif

Prosedur Kerja Radiografi Panoramic

Sinar-X adalah salah satu bentuk radiasi yang menggunakan cahaya dan gelombang radio. Sinar-X dapat menembus sebagian besar objek, termasuk juga tubuh. Ketika diarahkan dengan hati-hati pada bagian tubuh yang diperiksa, mesin sinar-X tersebut dapat menghasilkan ledakan kecil radiasi yang dapat melewati tubuh. Kemudian, alat tersebut akan merekam gambar pada sebuah film fotografi atau detektor khusus.

Selama terjadinya pemeriksaan, tabung rontgen akan berputar dalam setengah lingkaran pada kepala seseorang yang diperiksa, dari salah satu sisi rahang ke sisi lainnya. Mesin dari sinar-X panoramic tersebut memproyeksikan sinar melalui film atau detektor yang berputar berlawanan dengan tabung dari sinar-X tersebut. Belakangan ini, gambar tersebut dapat disimpan secara elektronik, sehingga mudah diakses.

Format digital tersebut dapat memungkinkan dokter gigi untuk menyesuaikan dan mengubah kontras dari sisi kecerahan dan kegelapan gambar untuk keperluan visualisasi yang lebih baik. Gambar tersebut dapat terlihat dari struktur dan jaringan tertentu. Walau begitu, gambar pada film tidak dapat disesuaikan atau diubah.

Keunggulan lain dari sinar-X panoramic adalah tidak ada radiasi yang tersisa pada tubuh seseorang setelah pemeriksaan berakhir. Setelah itu, sinar-X yang digunakan juga tidak menimbulkan efek samping apabila hanya untuk diagnosis. Walau begitu, terdapat risiko dari pemeriksaan ini, yaitu pada wanita yang sedang mengalami kehamilan. Pasalnya, pemeriksaan ini dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 6 Kiat Mudah Memutihkan Gigi yang Perlu Diketahui

Itulah fungsi radiografi panoramic selain untuk penambalan gigi. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal pemeriksaan gigi atau masalah kesehatan lainnya, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa beli obat di Halodoc. Praktis tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan sampai tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!