• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Sakit Pinggang Menandai Adanya Penyakit Ginjal?

Benarkah Sakit Pinggang Menandai Adanya Penyakit Ginjal?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta -  Sudah tahu kan betapa pentingnya peran ginjal dalam tubuh kita? Organ ini punya fungsi vital untuk menyaring limbah dan racun dari darah, mengatur tekanan darah, hingga menjaga keseimbangan cairan, elektrolit, dan asam basa di dalam tubuh. 

Nah, sudah kebayang kan apa jadinya bila ginjal bermasalah? Pastinya akan timbul sederet keluhan pada tubuh kita. Pertanyaannya, seperti apa sih gejala penyakit ginjal? Benarkah sakit pinggang bisa menandai penyakit ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Baca jugaBenarkah Sering Minum Soda Bisa Terkena Penyakit Ginjal?

Bukan Cuma Sakit Pinggang 

Ketika ginjal tengah bermasalah, pastinya akan timbul beragam keluhan pada tubuh pengidapnya. Misalnya, sakit atau nyeri pada bagian pinggang. Oleh sebab itu, ketika melakukan pemeriksaan fisik untuk mendiagnosis penyakit ginjal, dokter akan menekan area pinggang. 

Akan tetapi, gejala penyakit ginjal sebenarnya bukan cuma menyoal sakit pinggang saja. Penyakit ini juga bisa menimbulkan berbagai gejala lainnya. Nah, berikut ini beberapa gejala penyakit ginjal yang mungkin dialami oleh pengidapnya:

  • Ada peningkatan tekanan darah. 

  • Penurunan volume urine.

  • Kram pada otot dan kedutan.

  • Timbulnya rasa nyeri saat buang air kecil.

  • Perubahan warna urine, menjadi keruh atau bercampur darah.

  • Pembengkakan pada tungkai.

  • Anemia.

  • Kulit gatal, penyebabnya tak diketahui pasti.

  • Mual dan muntah.

  • Nafsu makan menurun.

Nah, gejala-gejala penyakit ginjal di atas bisa muncul secara tiba-tiba atau bertahap, bergantung pada jenis penyakit ginjal yang diidap. Oleh sebab itu, bila mengalami gejala-gejala di atas, segeralah temui atau tanyakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.  Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Baca jugaHati-Hati, Anak-Anak Juga Bisa Kena Gagal Ginjal Akut

Batu Ginjal Terbilang Umum

Seperti penjelasan di atas, gejala penyakit ginjal bisa beragam bergantung jenis penyakit ginjal yang diidap. Nah, salah satu jenis penyakit ginjal yang terbilang umum adalah batu ginjal. Lalu, seperti apa gejala batu ginjal? 

Gejala batu ginjal sebenarnya bervariasi. Ketika batu ginjal berukuran kecil, umumnya gejalanya tidak akan dirasakan. Sebab batu tersebut bisa keluar dari tubuh secara alami melalui ureter dengan mudah. Ureter merupakan saluran yang menyambungkan ginjal dengan kandung kemih.

Namun, lain ceritanya bila batu ginjal berukuran lebih besar dari diameter saluran ureter. Kondisi ini bisa menyebabkan iritasi, bahkan luka. Inilah yang mengakibatkan urine terkadang bisa mengandung darah. 

Baca Juga: Begini Metode untuk Mengobati Batu Ginjal

Selain dapat membuat ureter iritasi, batu ginjal juga dapat tersangkut dalam ureter atau uretra (saluran akhir pembuangan urine) sehingga bakteri terakumulasi yang menyebabkan pembengkakan akibat infeksi.

Gejala yang dirasakan adalah nyeri pada pinggang, perut bagian bawah atau samping, dan selangkangan juga dapat disertai mual. Sedangkan apabila pengidap batu ginjal mengalami infeksi, gejala yang dirasakan adalah urine terlihat keruh dan berbau tidak sedap, badan lemas, menggigil, dan demam tinggi.

Mau tahu lebih jauh mengenai gejala penyakit ginjal dan cara mengobatinya? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Disease & Conditions. Kidney Stones.
WebMD. Diakses pada 2020. Kidney Disease.
National Institute of Health.Diakses pada 2020. Kidney Disease.