15 November 2018

Perlu Diketahui, Ini 5 Komplikasi Gagal Ginjal Kronis

Perlu Diketahui, Ini 5 Komplikasi Gagal Ginjal Kronis

Halodoc, Jakarta - Berkurangnya kemampuan ginjal untuk menyaring zat sisa, racun, dan segala cairan lain dari dalam darah yang tidak dibutuhkan mengindikasikan adanya kerusakan pada organ tersebut. Oleh para ahli, kondisi ini dikenal dengan penyakit gagal ginjal kronis. Pasalnya, gejala gagal ginjal baru diketahui setelah masuk pada tahap yang begitu parah, karena organ ini mampu beradaptasi dengan semua gangguan yang menyerang fungsinya.

Terdapat banyak sekali faktor yang bisa memicu kerusakan pada fungsi ginjal, seperti misalnya memiliki riwayat penyakit diabetes melitus, hiperkolesterolemia atau kadar kolesterol berlebih, inflamasi pada bagian glomerulus, hingga tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ini kondisi yang dapat memicu terjadinya komplikasi gagal ginjal kronis. Apa saja?

  • Kadar Kalium Berlebih (Hiperkalemia)

Hiperkalemia adalah kondisi ketika kadar kalium dalam darah terbilang tinggi. Hal ini menyebabkan terganggunya kerja jantung. Jika tidak segera ditangani, komplikasi ini menimbulkan masalah baru pada jantung yang bisa berujung pada kematian secara tiba-tiba.

Seseorang yang mengidap gagal ginjal kronis, organ ginjalnya tidak mampu menyerap dan mensekresikan kalium akan rendah. Oleh karena itu, dokter biasanya tidak menganjurkan pengidap penyakit ini untuk mengonsumsi buah dan sayuran.

  • Cairan Berlebihan

Banyak minum akan menyehatkan ginjal. Hal ini tidak salah, karena bagi orang yang sehat ginjalnya dianjurkan untuk banyak minum. Namun, bagi pengidap gagal ginjal kronis, banyak minum justru bisa berakibat fatal. Kondisi ini bisa menyebabkan berkurangnya kadar garam dalam tubuh, sehingga kamu akan merasa lemah bahkan mengalami kejang.

Pengidap gagal ginjal kronis memiliki masalah terhadap pembuangan cairan dalam tubuhnya. Saat pengidap mengonsumsi air dalam jumlah banyak, tidak semua cairan keluar, sehingga terjadi penumpukan di dalam pembuluh darah dan menyebabkan jantung bekerja terlalu keras.

  • Gangguan Tulang

Komplikasi gagal ginjal kronis berikutnya adalah gangguan tulang yang terjadi karena asupan mineral yang tidak memadai, terutama kalsium yang berfungsi membantu menguatkan tulang. Oleh karena itu, pengidap gagal ginjal memiliki tulang yang tidak kuat dan cenderung mudah patah.

  • Metabolik Asidosis

Selain mensekresikan cairan, ginjal berfungsi untuk mengatur kadar asam basa atau pH di dalam darah. Ginjal yang mengalami gangguan berdampak pada penurunan pH darah menjadi lebih asam. Kondisi ini mengakibatkan pelebaran pembuluh darah dan kontraksi jantung.

  • Gangguan Otak

Ensefalopati terjadi karena ketidakmampuan ginjal untuk mensekresikan amonia, sehingga terjadi penumpukan zat tersebut di dalam tubuh. Amonia ini kemudian memasuki aliran darah menuju ke otak, padahal zat ini bersifat merusak otak. Akibatnya, tubuh mengalami perubahan yang signifikan, seperti hilangnya kesadaran, aktivitas terganggu, kejang, hingga dapat berujung pada kematian.

Itu tadi komplikasi gagal ginjal kronis yang perlu diketahui. Jangan anggap remeh setiap gejala aneh pada tubuh kamu. Tanya segera pada dokter sesuai dengan spesifikasinya melalui aplikasi Halodoc. Aplikasi ini sudah tersedia dan bisa kamu download di Play Store dan App Store. Selain Tanya Dokter, aplikasi Halodoc juga bisa kamu pakai untuk beli obat, vitamin, dan cek lab di mana saja, dan kapan saja.

 

Baca juga: