Benarkah Sering Minum Soda Bisa Terkena Penyakit Ginjal?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Benarkah Sering Minum Soda Bisa Terkena Penyakit Ginjal?

Halodoc, Jakarta - Minuman soda atau berbasis gula berkarbonasi adalah salah satu minuman tidak sehat yang mungkin sering kamu konsumsi. Bahkan, versi diet dari minuman tersebut juga sarat dengan bahan kimia yang dapat memengaruhi berbagai organ tubuh.

Disebutkan bahwa bahaya dari mengonsumsi minuman soda dapat meningkatkan potensi efek negatif pada kesehatan ginjal. Mengonsumsi minuman soda juga dapat menyebabkan seseorang mengidap gagal ginjal dan kerusakan ginjal permanen.

Baca Juga : Terlalu Sering Minum Soda Sebabkan Gangguan Ginjal?

Bahaya Minum Soda Sebabkan Penyakit Ginjal

Disebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi paling tidak dua botol minuman soda per hari dapat mengalami proteinuria, yaitu peningkatan ekskresi protein di dalam urine. Hal tersebut adalah ciri khas dari terjadinya penyakit ginjal.

Minum soda atau minuman berkarbonasi lainnya setiap hari dapat menyebabkan hipertensi dan diabetes, yang dapat menyebabkan gagal ginjal, penurunan fungsi ginjal, dan batu ginjal.

Baik itu minuman soda biasa atau yang tipe diet atau minuman berkarbonasi manis lainnya, semuanya dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan serius. Disebutkan bahwa asupan fruktosa dalam ukuran sedang dapat meningkatkan sensitivitas ginjal terhadap protein.

Dikarenakan ginjal berfungsi untuk mengatur keseimbangan garam, hal ini juga dapat menyebabkan peningkatan penyerapan kembali garam oleh sel-sel dalam ginjal. Maka dari itu, sangat penting untuk kamu membatasi asupan minuman bersoda atau minuman berkarbonasi lainnya untuk kesehatan yang lebih baik.

Baca Juga : Sering Minum Soda Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Akut?

Kandungan Minuman Soda yang Berbahaya bagi Kesehatan Ginjal

Bahaya minum soda terlalu banyak dapat memberikan dampak sangat buruk pada tubuh, sehingga menyebabkan penyakit ginjal. Terdapat beberapa kandungan utama yang bertanggung jawab atas dampak buruk pada ginjal seseorang yang mempunyai kebiasaan meminum minuman bersoda. Berikut adalah beberapa kandungan yang membahayakan ginjal:

Soda Mengandung Asam Fosfat Tingkat Tinggi

Kandungan dari minuman soda yang berbahaya adalah asam fosfat yang memberikan makanan dengan rasa tajam dan meminum dengan rasa asam. Asam fosfat terkait erat dengan perkembangan batu ginjal dan masalah ginjal lainnya serta menyaring ginjal. Konsumsi asam ini secara teratur dapat menyebabkan penyakit ginjal.

Disebutkan juga bahwa minuman soda diet juga berbahaya bagi kesehatan ginjal, karena minuman tersebut mengandung kadar natrium yang tinggi. Pun kandungan pemanis buatan yang terkandung dalam minuman bersoda dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Baca Juga : Kebanyakan Konsumsi Minuman Manis Sebabkan Gagal Ginjal Kronis

Alternatif dari Minuman Bersoda

Untuk menghindari gangguan yang mungkin terjadi pada ginjal karena terlalu sering minum minuman bersoda, kamu harus mengubah kebiasaan tersebut dengan minuman lain. Berikut adalah beberapa pilihan yang dapat kamu konsumsi sebagai pengganti dari minuman bersoda, yaitu:

  • Pertimbangkan untuk minum lebih banyak air dan lebih sedikit soda.

  • Limun yang tidak mengandung karbonasi lebih sehat dan merupakan pilihan yang mudah tersedia untuk menggantikan soda.

  • Jus buah tanpa tambahan gula juga merupakan minuman yang menyegarkan untuk menemani kamu ketika makan.

  • Air kelapa adalah salah satu minuman yang ringan dan menyegarkan untuk menggantikan soda.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk kamu menghindari konsumsi minuman bersoda atau berkarbonasi. Jika kamu ingin meminum soda, cobalah untuk meminumnya sekali dalam seminggu. Bahkan lebih jarang akan lebih baik. Sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal di masa depan.

Itulah dampak minuman bersoda yang dapat menyebabkan penyakit ginjal. Jika kamu ingin memastikan kesehatan ginjal kamu, Halodoc menyediakan layanan janji temu dengan rumah sakit pilihan. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!