• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Jenis Makanan yang Kaya akan Zink

Berbagai Jenis Makanan yang Kaya akan Zink

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Berbagai Jenis Makanan yang Kaya akan Zink

“Makanan yang kaya kandungan zink adalah makanan yang perlu kamu konsumsi setiap hari. Pasalnya, zink ini adalah mineral yang memiliki banyak sekali fungsinya untuk tubuh, terutama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kondisi kekurangan zink pun cukup umum dialami anak, ibu hamil, ibu menyusui, remaja, dan orangtua. Jadi pastikan untuk konsumsi makanan kaya zink lebih sering.”

Halodoc, Jakarta – Zink adalah mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Zat ini diperlukan untuk fungsi lebih dari 300 enzim dan terlibat dalam banyak proses penting dalam tubuh. Ia memetabolisme nutrisi, mempertahankan sistem kekebalan tubuh, dan membantu pertumbuhan, serta perbaikan jaringan tubuh.

Sayangnya tubuh manusia tidak menyimpan zink, jadi kamu perlu makan makanan yang kaya kandungan zink untuk memastikan kebutuhannya tercukupi. Disarankan agar pria mengonsumsi 11 mg zink per hari, sedangkan wanita membutuhkan 8 mg. Namun, jika kamu sedang hamil, kamu akan membutuhkan 11 mg per hari, dan jika sedang menyusui kebutuhan bertambah menjadi 12 mg per hari.

Beberapa orang berisiko kekurangan seng, termasuk anak kecil, remaja, orang tua, dan wanita yang sedang hamil atau menyusui. Untungnya, ada beberapa makanan yang kaya kandungan zink untuk kamu konsumsi setiap hari. 

Baca juga: Tingkatkan Imun dengan Zinc dan Vitamin C untuk Cegah COVID-19

Makanan yang Kaya Kandungan Zink

Berikut ini adalah beberapa makanan yang kaya kandungan zink dan bisa kamu konsumsi secukupnya setiap hari:

  1. Daging
Daging

Daging adalah sumber zink yang sangat baik, tetapi jumlah yang cukup dapat ditemukan di semua jenis daging yang berbeda, termasuk daging sapi, domba, dan babi. Faktanya, 100 gram porsi daging giling mentah mengandung 4,8 mg seng, yang merupakan 44 persen dari rekomendasi harian. Namun ingat, konsumsi daging juga perlu diseimbangkan dengan buah dan sayur. 

  1. Kerang
kerang

Kerang juga merupakan makanan yang kaya akan zink dan ia rendah kalori. Tiram mengandung jumlah yang sangat tinggi, dengan 6 tiram ukuran sedang menyediakan 32 mg, atau 291 persen dari kebutuhan harian. Jenis kerang lainnya mengandung lebih sedikit zink daripada tiram tetapi masih merupakan sumber yang baik. 

Baca juga: Intip Kandungan Nutrisi Kerang dan Manfaatnya 

  1. Susu
susu

Susu dan produk olahan lainnya seperti keju dan yogurt juga merupakan makanan yang kaya kandungan zink. Susu dan keju adalah dua sumber penting, karena mengandung seng bioavailable dalam jumlah tinggi, yang berarti sebagian besar seng dalam makanan ini dapat diserap oleh tubuh. 

  1. Telur
telur

Telur mengandung zink dalam jumlah sedang dan dapat membantu memenuhi kebutuhan harian. Misalnya, satu telur besar mengandung sekitar 5 persen kebutuhan zink harian. Ia juga memiliki 77 kalori, 6 gram protein, 5 gram lemak sehat dan sejumlah vitamin dan mineral lainnya, termasuk vitamin B dan selenium. 

  1. Beberapa Sayuran dan Buah
buah dan sayuran

Secara umum, buah-buahan dan sayuran adalah sumber zink yang kurang baik. Namun, beberapa sayuran mengandung jumlah yang wajar dan dapat berkontribusi untuk kebutuhan sehari-hari, terutama jika kamu tidak makan daging. Kentang mengandung sekitar 1 mg per kentang besar, yang merupakan 9 persen kebutuhan harian.  Sayuran lain seperti kacang hijau dan kangkung mengandung lebih sedikit, sekitar 3 persen dari kebutuhan zink harian. 

Baca juga: Kurang Konsumsi Buah dan Sayur, Ini Dampaknya pada Tubuh

Itulah beberapa makanan yang kaya kandungan zink. Kamu juga bisa tanyakan pada ahli gizi di Halodoc mengenai jenis makanan lain yang tinggi kandungan zink. Ahli gizi di Halodoc akan selalu siaga memberikanmu saran kesehatan yang dibutuhkan.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. Best Foods With Zinc to Strengthen Your Immune System.
Healthline. Diakses pada 2021. The 10 Best Foods That Are High in Zinc.
WebMD. Diakses pada 2021. Foods High in Zinc and Why You Need It.