Bikin Jerawatan, Ini Bedanya Komedo Putih dan Komedo Hitam

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bikin Jerawatan, Ini Bedanya Komedo Putih dan Komedo Hitam

Halodoc, Jakarta - Seringnya, komedo disamakan dengan jerawat. Padahal, keduanya jelas berbeda. Bahkan komedo disinyalir menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah. Kamu harus tahu, jerawat mengacu pada peradangan pada kulit yang ditandai munculnya benjolan-benjolan berwarna merah keunguan, biasanya berisi nanah. Sementara itu, komedo merupakan benjolan-benjolan kecil yang muncul pada pori-pori kulit, biasanya menjadi bakal sebelum berkembang menjadi jerawat. 

Munculnya komedo disinyalir karena kotoran yang terjebak di dalam pori-pori kulit. Kondisi ini akan semakin buruk jika kamu malas membersihkan muka. Ketika kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang berada di bawah kulit menyumbat pori, maka rentan muncul komedo. Namun, uniknya, komedo ini bisa hadir dalam dua warna yang berbeda, yaitu hitam dan putih. Apa sih bedanya?

Komedo Putih

Whitehead, begitu komedo putih ini disebut. Komedo jenis ini muncul karena bakteri, minyak, dan sel kulit mati terperangkap dalam pori kulit. Kulit di area penyumbatan pori biasanya menutup, sehingga sel kulit mati tidak bereaksi dengan oksigen dan tidak mengubah warna dari komedo tersebut. 

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Dicoba untuk Atasi Komedo

Tersumbatnya pori kulit ini bisa terjadi karena banyak hal, termasuk berubahnya hormon, kulit yang berminyak berlebihan, terpapar bahan kimia, folikel rambut pecah, merokok, dan terlalu banyak konsumsi makanan berlemak tinggi serta makanan yang tinggi gula alias makanan manis. Namun, komedo putih terbilang ringan, sehingga penanganannya pun tidak sulit. 

Kamu hanya perlu rutin membersihkan muka dengan sabun khusus pembersih muka atau menggunakan salep yang memiliki kandungan benzoyl peroxide. Kandungan ini berperan untuk mengendalikan kadar minyak berlebih pada wajah. Pada kasus yang cukup parah, komedo putih bisa diatasi dengan obat retinoid yang berperan untuk menghilangkan sel kulit mati dan membuka pori yang mengalami penyumbatan. 

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Komedo

Meski begitu, obat tersebut bisa kamu dapatkan hanya dengan resep dari dokter. Begitu pula dengan antibiotik yang biasanya diresepkan apabila terjadi tanda-tanda kulit yang mengalami peradangan. Selain obat dari dokter, komedo putih bisa disembuhkan dengan ekstraksi komedo, chemical peeling, terapi cahaya, hingga suntik kortikosteroid. Tanyakan pada dokter ahli kecantikan kulit apa saja efek samping dan bagaimana risiko dari masing-masing perawatan sebelum kamu memutuskan melakukannya. 

Komedo Hitam

Sementara itu, komedo bikin jerawatan juga bisa hadir dengan warna hitam. Kondisi ini terjadi ketika kulit yang ada di sekitar pori-pori yang tersumbat terbuka, sehingga komedo mengalami paparan oksigen dan mengalami perubahan warna menjadi hitam. Ini berbeda dengan komedo putih, ketika benjolan pada komedo putih cenderung tertutup hingga terlihat seperti berwarna putih. 

Komedo hitam muncul karena banyak hal, termasuk keringat berlebihan, iritasi yang terjadi pada folikel rambut, produksi minyak wajah yang berlebihan, efek samping konsumsi obat tertentu, hingga penumpukan bakteri jenis Propionibacterium acnes pada kulit. Komedo hitam bisa diatasi dengan mengonsumsi obat jerawat. Supaya lebih meyakinkan, tanyakan terlebih dahulu pada dokter. 

Baca juga: Basmi Komedo dengan Air Hangat, Begini Caranya

Biasanya, dokter memberikan obat yang memiliki kandungan vitamin A untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada folikel rambut dan memicu terjadinya pergantian sel kulit menjadi lebih cepat. Selain obat, terapi laser juga bisa menjadi metode pengobatan komedo hitam yang bisa kamu pilih untuk mengatasi komedo hitam.

Referensi: 
Medical News Today. Diakses pada 2019. Blackheads: Facts, Causes, and Treatment.
Verywell. Diakses pada 2019. Pimple or Blackhead? What’s the Difference?
Healthline. Diakses pada 2019. Blackheads.