23 January 2019

5 Bahan Alami yang Bisa Dicoba untuk Atasi Komedo

5 Bahan Alami yang Bisa Dicoba untuk Atasi Komedo

Halodoc, Jakarta - Komedo adalah bintik kecil yang muncul karena pori - pori tersumbat minyak dan kulit mati. Komedo adalah jenis jerawat ringan yang sering terlihat di sekitar hidung. Tidak hanya di hidung, komedo juga bisa muncul di punggung, dada, leher, lengan, dan bahu. Ada dua jenis komedo, yaitu komedo tertutup (whitehead) dan komedo terbuka (blackhead). Komedo umumnya dimiliki remaja dan wanita yang mengalami sindrom pramenstruasi (PMS).

Baca Juga: Mau Wajah Mulus Tanpa Komedo? Ini Rahasianya!

Cara Menghilangkan Komedo

Komedo sering dianggap mengganggu penampilan, sehingga banyak orang ingin menghilangkannya secepat mungkin. Orang biasanya menggunakan masker atau pore pack untuk membasmi komedo. Padahal, banyak bahan - bahan alami yang bisa dipakai untuk menghilangkan komedo dan mudah ditemukan, lho. Apa saja?

  1. Baking Soda

Baking soda biasa digunakan sebagai bahan memasak atau membuat kue. Namun ternyata, baking soda memiliki kandungan antiseptik yang bisa digunakan untuk kulit. Baking soda berfungsi sebagai exfoliator untuk menghilangkan sel kulit mati, tak terkecuali komedo. Baking soda juga membantu menetralkan pH kulit sehingga mendorong kulit untuk menghasilkan lebih sedikit minyak. Cara penggunaannya:

  • Masukkan satu sendok makan baking soda ke dalam gelas atau mangkuk berbahan keramik.

  • Campur baking soda dengan sedikit air, lalu aduk sampai menjadi pasta.

  • Oleskan pasta ke komedo dan biarkan mengering sekitar 10 menit.

  • Bilas dengan air hangat.

  • Lakukan perawatan satu sampai dua kali seminggu

  1. Kayu Manis

Kayu manis adalah bahan antibakteri yang dapat digunakan sebagai bahan masker wajah penghilang komedo. Kayu manis juga membantu menghilangkan kulit yang terkelupas dan jerawat, serta dapat digunakan sebagai scrub tubuh untuk kulit yang lebih halus dan lebih bercahaya. Cara penggunaannya:

  • Campurkan satu bagian kayu manis organik dengan madu untuk membentuk pasta.

  • Oleskan lapisan tipis di atas komedo.

  • Biarkan sekitar 15 menit.

  • Cuci bersih dengan air, kemudian kamu bisa lanjut menggunakan pelembap.

  • Gunakan cara ini setiap hari untuk hasil terbaik.

  1. Oatmeal

Oatmeal tidak sekadar sereal untuk sarapan. Bahan yang kaya nutrisi ini aman dan efektif untuk digunakan di segala kondisi kulit, termasuk komedo dan kulit sensitif yang teriritasi. Oatmeal bekerja sebagai pembersih alami yang lembut untuk membersihkan kulit mati serta melonggarkan pori - pori untuk menghilangkan komedo. Bahan alami ini juga mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat menenangkan iritasi, mengangkat sel kulit mati, dan menyerap minyak berlebih. Cara penggunaan:

  • Ambil oatmeal secukupnya yang sesuai untuk menutupi komedo kamu. Kemudian, campurkan oatmeal dengan air hangat untuk dijadikan pasta. Pastikan air yang kamu gunakan bersih dan bebas dari kontaminasi

  • Setelah masak, diamkan oatmeal sampai agak mendingin sebelum diaplikasikan di area komedo

  • Oleskan ke komedo dan biarkan selama 10 hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Oleskan bahan ini setidaknya sekali sehari untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Ini Perbedaan Antara Komedo dan Jerawat

  1. Jus Lemon

Lemon mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) yang berfungsi sebagai zat alami untuk menghilangkan kulit mati. Lemon juga mengandung vitamin C, antioksidan yang merangsang produksi kolagen untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi jaringan parut akibat jerawat. Berikut cara penggunaan jus lemon untuk kulit yang lebih cerah dan bebas komedo:

  • Cuci muka terlebih dahulu dengan pembersih yang dipunya.

  • Peras lemon hingga menghasilkan sekitar satu sendok teh jus gelas atau mangkuk keramik.

  • Celupkan kapas ke dalam jus lemon dan oleskan ke komedo.

  • Biarkan kering setidaknya 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Perawatan menggunakan jus lemon dapat dilakukan sekali sehari.

Baca Juga: Komedo Bandel Susah Hilang, Ini Tipsnya

  1. Madu

Madu bersifat antibakteri dan antiseptik, sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo dengan menghancurkan kuman atau kotoran yang menyumbat pori - pori. Cara penggunaannya:

  • Campurkan satu sendok madu murni dengan air secukupnya, lalu panaskan hingga terasa hangat saat disentuh.

  • Oleskan madu hangat ke komedo secukupnya dan biarkan meresap selama 10 menit. Setelah selesai, bersihkan dengan kain yang telah direndam air hangat. Atau, kamu dapat melakukan perawatan ini pada malam hari dan bilas pada pagi hari. Lakukan setiap hari agar hasilnya maksimal.

Jika kamu memiliki masalah kulit, tanya dokter Halodoc untuk mengetahui perawatan dan bahan apa yang cocok buat kulitmu. Gunakan fitur Contact Doctor yang ada di Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!