21 August 2018

Ketahui Urutan Membersihkan Wajah yang Benar

membersihkan wajah

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang menghabiskan waktu lebih banyak di dalam ruangan, mungkin berpikir tidak perlu membersihkan wajah karena tidak terlalu kotor. Namun, nyatanya membersihkan wajah tetap penting setelah beraktivitas seharian agar kulit wajah terbebas dari kotoran, minyak, dan kuman yang bisa menyebabkan berbagai masalah kecantikan. Apalagi bagi wanita yang sehari-harinya menggunakan makeup. Nah, kamu sebaiknya jangan sembarangan membersihkan wajah. Yuk, ketahui urutan membersihkan wajah yang benar berikut agar wajah kamu bisa bersih maksimal.

1. Bersihkan Makeup dari Wajah

Kamu mungkin berpikir bahwa makeup yang kamu kenakan juga akan ikut hilang ketika kamu membersihkan wajah dengan air dan sabun. Nyatanya, hal itu salah besar. Agar wajah benar-benar bersih dari makeup, kamu perlu menghilangkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan cairan remover atau susu pembersih. Untuk membersihkan makeup pada mata seperti eyeliner dan maskara yang lebih susah hilang, gunakanlah cairan remover khusus yang berbahan dasar minyak.

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Makeup Membandel

2. Bersihkan Wajah

Setelah makeup pada wajah sudah hilang, barulah kamu bisa membersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Bilas jenis kulit wajah berminyak dan berjerawat, pilihlah sabun pembersih yang mengandung oil control dan anti-bacterial properties seperti tea tree oil untuk membersihkan wajah sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat. Sedangkan untuk kamu yang punya kulit wajah sensitif, sebaiknya hindari memakai sabun cuci muka yang mengandung parfum.

Baca juga: Ingin Cantik? Ini Perlunya Cuci Muka dengan Sabun Khusus

Alternatif lainnya selain menggunakan tangan untuk mencuci wajah, kamu juga bisa menggunakan sponge atau waslap khusus untuk wajah. Setelah selesai mencuci wajah dengan sabun, basuhlah wajah dengan air hangat untuk membersihkan sisa sabun. Hindari membasuh wajah dengan air terlalu dingin atau panas, karena dapat merusak pembuluh kapiler dan menyebabkan iritasi kulit.

3. Keringkan Wajah dengan Handuk Bersih

Kamu sebaiknya enggak menggunakan handuk pengering tangan yang biasanya tergantung di wastafel untuk mengeringkan wajah. Ini karena walaupun kelihatannya bersih, tetapi tetap saja ada banyak bakteri yang menempel. Jadi, gunakanlah handuk tersendiri untuk mengeringkan wajah agar wajah yang sudah bersih tidak terkontaminasi lagi oleh bakteri.

4. Gunakan Exfoliating Toner

Eits, belum selesai sampai di situ saja, lho. Langkah selanjutnya setelah membersihkan wajah dengan sabun, gunakanlah exfoliating toner yang bermanfaat untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori wajah. Ada dua jenis acid yang biasanya terdapat dalam exfoliating toner, yaitu lactic acid dan salicyc acid. Keduanya bekerja aktif untuk merontokkan sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Dengan demikian, kulit wajah kamu bisa bersih secara maksimal.

Namun, bagi kamu yang punya kulit wajah sensitif, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih produk exfoliating toner, karena jenis toner yang cukup kuat bisa menyebabkan wajahmu iritasi dan breakout. Jadi, pilihlah exfoliating toner yang berbahan ringan dan gunakan hanya sehari sekali saja.

Baca juga: 6 Tips Merawat Kulit Sensitif

5. Gunakan Hydrating Toner

Setelah memakai exfoliating toner, wajah biasanya akan menjadi kering. Karena itu, kamu perlu menggunakan hydrating toner yang bisa menghidrasi kulit wajahmu dan mengembalikan kelembapannya. Kandungan hyaluronic acid yang terdapat di dalam toner ini bermanfaat untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit sehingga kulit kembali lembab dan kenyal.

Nah, itulah urutan yang benar dalam membersihkan kulit wajah. Kalau kamu punya masalah seputar kecantikan kulit wajah, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kulit melalui Video/Voice Call dan Chat untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.