• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Urutan Membersihkan Wajah yang Benar

Ketahui Urutan Membersihkan Wajah yang Benar

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang menghabiskan waktu lebih banyak di dalam ruangan, mungkin sering berpikir tidak perlu membersihkan wajah karena tidak terlalu kotor. Namun, membersihkan wajah tetap penting dilakukan setelah beraktivitas agar kulit wajah terbebas dari kotoran, minyak, dan kuman yang bisa menyebabkan masalah kecantikan

Membersihkan wajah juga wajib dilakukan apabila kamu memakai makeup seharian. Nah, sebaiknya jangan sembarangan membersihkan wajah. Yuk, ketahui urutan membersihkan wajah yang benar berikut agar wajah bersih maksimal.

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Makeup Membandel

1. Bersihkan Wajah dengan Cairan Pembersih Makeup

Sebelum membersihkan wajah, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu untuk memastikan tangan dalam kondisi bersih dan tidak terjadi perpindahan bakteri antar tangan dan juga wajah. Kamu mungkin berpikir bahwa makeup yang digunakan ikut hilang ketika kamu membersihkan wajah dengan air dan sabun. Hal itu salah besar.

Cara agar wajah benar-benar bersih dari makeup, yaitu menggunakan cairan remover atau susu pembersih. Cara untuk membersihkan makeup pada mata seperti eyeliner dan maskara yang lebih susah hilang, gunakan cairan remover khusus yang berbahan dasar minyak.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, hindari cairan pembersih wajah yang memiliki kandungan alkohol cukup tinggi. Sebab, kadar alkohol yang terlalu tinggi membuat risiko gangguan pada kesehatan kulit wajah.

2. Bersihkan Wajah dengan Air Hangat

Setelah makeup pada wajah sudah hilang, barulah kamu bisa membersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit. Bilas jenis kulit wajah berminyak dan berjerawat, pilih sabun pembersih yang mengandung oil control dan anti-bacterial properties seperti tea tree oil untuk membersihkan wajah sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat. Bagi kamu pemilik kulit wajah sensitif, hindari memakai sabun cuci muka yang mengandung pewangi.

Baca juga: Ingin Cantik? Ini Perlunya Cuci Muka dengan Sabun Khusus

Alternatif lainnya selain menggunakan tangan untuk mencuci wajah, kamu juga bisa menggunakan spons atau waslap khusus untuk wajah. Setelah selesai mencuci wajah dengan sabun, basuhlah wajah dengan air hangat untuk membersihkan sisa sabun. Sebaiknya hindari menggunakan air yang terlalu panas untuk membasuh wajah karena menyebabkan kulit wajah menjadi lebih kering.

3. Keringkan Wajah dengan Handuk Bersih

Kamu sebaiknya tidak menggunakan handuk pengering tangan yang biasanya tergantung di wastafel untuk mengeringkan wajah. Walaupun kelihatannya bersih, tetapi tetap saja ada banyak bakteri yang menempel. Jadi, gunakanlah handuk tersendiri untuk mengeringkan wajah agar wajah yang sudah bersih tidak terkontaminasi lagi oleh bakteri.

Hindari juga mengusap wajah dengan handuk kering, melainkan cukup tepuk-tepuk bagian wajah yang basah dengan menggunakan handuk kering untuk menghindari iritasi pada kulit wajah.

4. Gunakan Serum Wajah

Penggunaan serum wajah diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Ada banyak serum wajah yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan jenis kulit kamu. Sebaiknya, pilih serum secara tepat agar hasilnya dapat kamu rasakan dengan maksimal.

5. Gunakan Pelembap

Dilansir dari American Academy of Dermatology, salah satu langkah yang bisa dilakukan setelah mencuci wajah adalah menggunakan pelembap pada wajah. Hal ini dilakukan agar kulit wajah terhindar dari kondisi kering. Sebaiknya hati-hati saat penggunaan pelembap pada wajah, khususnya di area mata. Usapkan secara perlahan dan jangan terlalu kasar pada beberapa area kulit wajah yang cukup sensitif.

Baca juga: 6 Tips Merawat Kulit Sensitif

Nah, itulah urutan yang benar dalam membersihkan kulit wajah. Kalau kamu punya masalah seputar kecantikan kulit wajah, gunakan saja aplikasi Halodoc.

Kamu bisa menghubungi dokter kulit melalui untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

 

Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. Face Washing 101
Instyle. Diakses pada 2020. The 5 Steps to Correctly Washing Your Face
Today. Diakses pada 2020. You’re Doing It Wrong! Here’s The Right Way to Wash Your Face