Bisakah Akantosis Nigrikans Ditangani dengan Operasi?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
pigmentasi kulit, akantosis nigrikans

Halodoc, Jakarta - Gangguan akantosis nigrikans yang dialami, merupakan gangguan yang tidak menular dan lebih sering ditemukan pada mereka yang memiliki warna kulit yang lebih gelap. Munculnya akantosis nigrikans masih belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebabnya. Bisa jadi akantosis nigrikans yang muncul pada seseorang merupakan suatu gejala adanya penyakit pada tubuh. Jika hal ini terjadi, apakah dapat ditangani dengan prosedur operasi?

Baca juga: Benarkah Akantosis Nigrikans Petanda Alami Prediabetes?

Mengidap Akantosis Nigrikans, Bisakah Ditangani dengan Jalan Operasi?

Akantosis nigrikans merupakan kelainan pada pigmentasi kulit yang tidak menular. Kondisi ini juga tidak akan membahayakan pengidapnya. Namun, kamu tetap waspada, karena akantosis nigrikans yang muncul bisa saja jadi pertanda kalau kamu tengah mengalami gangguan kesehatan. Pengidap akantosis nigrikans akan ditandai dengan kulit yang bertekstur tebal, kasar, menghitam, rasa gatal, serta bau yang tidak sedap.

Penanganan pada pengidap akantosis nigrikans akan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Biasanya, dokter akan menyarankan penanganan seperti memberikan resep obat untuk memperbaiki hormon pada tubuh, penurunan berat badan, serta operasi. Operasi dapat dilakukan jika akantosis nigrikans yang muncul merupakan tanda jika seseorang tengah mengidap tumor ganas.

Pada pengidap ini, dokter akan melakukan prosedur operasi pengangkatan untuk mengatasi perubahan warna kulit pada pengidapnya. Selain mengatasi penyebabnya, dokter juga akan melakukan upaya untuk memperbaiki warna kulit, seperti memberikan krim pencerah, sabun antibakteri, krim antibiotik, serta terapi laser yang memfokuskan sinar yang ditembakkan untuk memperbaiki tekstur kulit.

Baca juga: Alami Akantosis Nigrikans, Ini Penyebabnya

Ketahui Gejala yang Muncul pada Pengidap Akantosis Nigrikans

Beberapa gejala yang dapat menandakan kalau kamu tengah mengidap akantosis nigrikans, antara lain:

  • Penebalan kulit yang disertai dengan lesi kulit yang berwarna kehitaman.

  • Lesi kulit biasanya terdapat pada daerah lipatan pada tubuh, seperti selangkangan, ketiak, leher bagian belakang, bibir, siku, telapak tangan, lutut, telapak kaki, serta sela antara jari.

  • Munculnya lesi kulit ini biasanya akan disertai dengan rasa gatal.

  • Munculnya jaringan pada lesi kulit atau area di sekitar munculnya lesi.

Ketika gejala muncul dengan mencurigakan, dokter ahli pada aplikasi Halodoc akan selalu siap untuk membantu dalam mengupayakan kesehatan kamu kembali. Jadi, download aplikasinya sekarang juga, ya!

Baca juga: Ada Lipatan di Leher, Hati-Hati Gejala Akantosis Nigrikans 

Jangan Takut, Berikut Upaya Pencegahan Timbulnya Akantosis Nigrikans

Akantosis nigrikans yang terjadi bukan semata-mata gangguan pada kulit, kondisi ini bisa saja menjadi gejala dari suatu masalah kesehatan yang tengah kamu alami. Sebagai upaya pencegahan, kamu dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini, seperti:

  • Mengurangi berat badan dengan melakukan diet sehat.

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang agar terhindar dari penyakit yang dapat menimbulkan akantosis nigrikans.

  • Olahraga teratur, setidaknya seminggu tiga kali.

  • Jika kamu tengah mengonsumsi obat-obatan yang dapat menimbulkan akantosis nigrikans, diskusikan dengan dokter untuk mengganti obat yang kamu konsumsi.

Jika langkah upaya yang kamu lakukan tidak dapat mencegah terjadinya akantosis nigrikans, segera diskusikan dengan dokter spesialis kulit, ya! Karena komplikasi pada akantosis nigrikans akan tergantung dari penyebab terjadinya gangguan ini. Untuk itu, perlu diketahui penyebabnya supaya penanganan yang dilakukan tepat pada sasaran dan kamu terhindari dari risiko komplikasi berbahaya seperti kanker akibat dari kondisi ini. Jadi, di mana pun kamu berada, jangan lupa untuk jaga selalu kesehatanmu!