Intip Cara untuk Bentuk Perut Sixpack

Intip Cara Membentuk Perut Sixpack
OLAHRAGA 22 January 2018

Halodoc, Jakarta – Memiliki perut yang rata itu sudah biasa, tapi memiliki perut yang sixpack akan membuat pemiliknya jadi terlihat lebih keren. Namun, perut yang sixpack tidak bisa didapatkan dengan melakukan gerakan olahraga pada umumnya saja atau dengan melatih otot perut.

Masih cukup banyak orang yang salah melakukan olahraga untuk membentuk perut. Akhirnya, setelah sekian lama olahraga, perut tetap saja tidak memperlihatkan otot "kotak-kotak". Memang tidak mudah, tapi kamu bisa mendapatkan perut kotak-kotak dengan melakukan latihan berikut ini:

1. Lakukan Latihan Interval secara Intensif

Kebanyakan orang yang ingin mendapatkan perut sixpack, melakukan latihan kardio selama berjam-jam, karena mengira latihan kardio efektif membentuk otot perut. Namun, menurut pemilik tempat latihan kebugaran di California, Alwyn Cosgrove, mengungkapkan bahwa cara yang benar menonjolkan otot perut adalah dengan menghilangkan lemak di atasnya. Latihan interval secara intensif yang dapat membuat napas terengah-engah lebih efektif membakar lemak disbanding latihan kardio, seperti jogging atau bersepeda. Dengan melakukan gabungan latihan kekuatan dan interval, seperti jumping jack, push up, dan burpees, tubuh bisa membakar lebih banyak lemak, dan otot-ototpun ikut terlatih, sehingga lemak di perut akan hilang dan bentuk otot pun akan mulai terlihat.

2. Lakukan Lebih Banyak Latihan Otot

Pilihlah latihan yang lebih banyak melibatkan otot, seperti squat dibanding crunches yang menggunakan lebih sedikit otot. Selain itu, latihan dengan menggunakan beban lepas, seperti barbel juga dapat memaksa tubuh untuk menyeimbangkan diri, sehingga otot-otot utama lainnya pun dapat ikut terlibat, termasuk otot perut. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan hasil bentuk tubuh yang lebih baik, dibanding hanya berfokus melatih otot perut saja.

3. Tingkatkan Intensitas Latihan

Tubuh manusia akan mengaktifkan serat otot yang diperlukan ketika melakukan suatu gerakan olahraga tertentu. Jadi, meningkatkan intensitas latihan dapat memperbesar serat otot yang digunakan, sehingga kalori yang terbakar pun jadi lebih banyak. Kamu bisa menggunakan beban yang lebih berat saat latihan atau mempercepat gerakan sehingga tenaga yang dikeluarkan dapat lebih besar. Intinya adalah latihlah tubuhmu sampai batas kemampuan maksimal yang bermanfaat untuk mengembangkan otot.

4. Lakukan Latihan yang Berbeda

Ada banyak macam latihan untuk melatih dan membentuk otot perut. Jika kamu hanya berlatih bench press saja di tempat fitness dan malas melatih otot lain, maka otot yang terlatih hanya yang itu saja dan lama kelamaan otot akan menjadi terbiasa, sehingga tidak akan efektif membentuk otot tubuh. Namun, jika kamu mencoba melakukan gerakan baru atau dengan alat yang berbeda, maka akan semakin banyak otot yang terlatih dan tubuh juga dapat membakar lebih banyak kalori.

5. Perhatikan Asupan Makanan

Kamu yang ingin membentuk otot tubuh maupun ingin mendapatkan perut sixpack, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berprotein tinggi dan mengurangi karbohidrat serta lemak. Beberapa makanan dapat membantu pembentukan otot tubuh, yaitu putih telur, dada ayam, daging sapi, salmon, sayur dan buah-buahan. Batasi juga porsi makan setiap hari agar kadar kalori yang masuk tidak melebihi kalori yang dibakar.

Itulah cara-cara membentuk perut sixpack yang tepat. Kamu juga bisa bertanya seputar diet dan nutrisi kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Kini kamu juga bisa melakukan tes kesehatan melalui fitur Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc Jika kamu membutuhkan vitamin atau produk kesehatan tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya