Operasi Plastik untuk Dapatkan Perut Six Pack, Amankah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Operasi Plastik untuk Dapatkan Perut Six Pack, Amankah?

Halodoc, Jakarta - Media sosial seperti Instagram kini menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat luas. Akibatnya, baik pria maupun wanita banyak yang ingin menjadi pusat perhatian dengan memamerkan beberapa hal seperti kegiatan sehari-hari atau keindahan tubuh mereka.

Akibat fenomena ini, muncul standar kecantikan dan ketampanan di dunia media sosial, yang mana orang-orang berlomba untuk masuk dalam standar tersebut. Jika wanita yang diidealkan adalah sosok wanita yang tinggi, berkulit terang, dan memiliki postur tubuh yang tidak kurus dan tidak gemuk, maka otot six pack di perut adalah standar untuk kalangan pria.

Kini banyak cara instan untuk mendapatkan tubuh ideal tersebut, salah satunya adalah operasi plastik untuk mendapatkan perut six pack. Alih-alih mencapainya dengan cara olahraga teratur dan menjaga pola hidup sehat, operasi plastik kini hadir sebagai upaya alternatif bagi para pria yang ingin tampil menarik.

Tren ini menjadi viral di media sosial berkat unggahan salah satu rumah sakit di Thailand yang berhasil melakukan tindakan bedah plastik ini. Melansir Detik,  CEO Masterpiece Hospital yang juga seorang dokter bedah Raweewat "Sae" Maschamadol dalam wawancaranya pada Coconuts Thailand mengatakan tiap tahun bisa menerima sekitar 20-30 pasien yang ingin melakukan operasi plastik perut kekar. Sebagian besar pasien adalah penggiat kebugaran yang mengaku kesulitan untuk mendapatkan bentuk tubuh idealnya karena beberapa alasan.

Baca Juga: 5 Negara yang sering Jadi Tujuan untuk Operasi Plastik

Bagaimana Prosedur untuk Operasi Plastik Perut?

Dikutip dari Strait Times, dalam melakukan operasi ini maka dilakukan modifikasi lemak dan bukan menanamkan implan karena implan dinilai menghasilkan bentuk yang kurang bagus dan tidak bertahan lama. Dokter nantinya mengukir bentuk yang diinginkan lalu lemak di sekitar area perut disedot untuk bisa mendapatkan bentuk tersebut.

Sebelum menjalani bedah ini, dokter akan mempertimbangkan tinggi badan, berat badan, riwayat kesehatan dan BMI pasien. Alasannya orang-orang yang menjalani operasi plastik sebelumnya di perut berisiko terkena nekrosis kulit.

Selain itu, prosedur ini menghasilkan pembengkakan selama dua minggu pertama, dan butuh dua hingga tiga bulan untuk sepenuhnya pulih.

Biaya untuk melakukan operasi bedah plastik ini pun tidak murah. Jika kamu tertarik melakukannya, kamu harus merogoh kocek sebesar USD 3700 atau kurang lebih Rp 52,6 juta. Fakta menarik lainnya, mereka yang melakukan tindakan ini adalah mereka yang rutin berolahraga di pusat kebugaran namun tidak mencapai impiannya untuk memiliki perut six pack.

Baca Juga: Ini Bahaya Suntik untuk Membentuk Otot pada Pria

Jangan Fokus pada Hasilnya, Ketahui Juga Efek Sampingnya!

Meskipun prosedur ini berpotensi membuat perut kamu memiliki perut six pack dalam waktu singkat, namun hal ini bukan tanpa risiko. Operasi ini dapat membuat kamu mengalami kerusakan saraf dan otot atau infeksi jika prosedurnya salah.

Maka dari itu, kamu harus memilih klinik yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Selain itu, penting diingat perut yang six pack menandakan kamu mengalami ketahanan tubuh yang kuat. Jadi, percuma jika kamu memiliki fisik yang sempurna tapi ketahanan fisik kamu masih lemah. Apalagi jika kamu tidak mengimbanginya dengan olahraga yang teratur. Lemak bisa datang kembali dan menutup area six pack tersebut.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Punya Badan Sekekar Cristiano Ronaldo

Meski bisa didapatkan dengan cara instan, namun lebih baik jika perut six pack didapatkan melalui cara alami yakni dengan olahraga teratur dan pola hidup sehat. Kamu bisa meminta bantuan personal trainer untuk mendapatkan tubuh ideal tersebut. Nah, bagi kamu yang punya pertanyaan mengenai prosedur operasi plastik atau trik mendapatkan tubuh berotot, bisa lho mendiskusikan hal itu dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!