Buah Beri Baik untuk Pengidap Diabetes, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Buah Beri Baik untuk Pengidap Diabetes, Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta - Bagi pengidap diabetes, sangat penting untuk menjaga asupan makanan agar kadar gula dalam darah tetap berada pada kisaran normal. Ini termasuk mengurangi asupan karbohidrat yang mudah dicerna dan berbagai makanan yang mengandung gula, terlebih gula buatan. Lalu, bagaimana dengan buah-buahan? Bukannya buah-buahan mengandung gula?

Ternyata, sebuah studi yang sudah dipublikasikan dalam British Medical Journal mengemukakan bahwa mengonsumsi buah-buahan justru meringankan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Namun, tidak dengan mengonsumsi jus buah. Buah memang mengandung gula, tetapi kamu membutuhkan gula tambahan ketika mengonsumsinya dalam bentuk jus. Bisa-bisa, kamu mengasup lebih banyak gula. 

Mengapa Buah Beri Baik untuk Pengidap Diabetes?

Diabetes sendiri merupakan kondisi ketika tubuh mengalami masalah dengan penyerapan insulin, sehingga terjadi penumpukan di dalam tubuh. Ini artinya, semua yang berhubungan dengan gula menjadi hal yang perlu diwaspadai untuk pengidap diabetes, terutama yang mengandung gula buatan.

Nah, ada banyak buah yang direkomendasikan untuk pengidap diabetes, salah satunya adalah buah beri. Ini termasuk stroberi, bluberi, blackberi dan jenis buah lainnya yang termasuk dalam beri-berian. Buah kelompok beri mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu mencegah terjadinya stres oksidatif.

Baca juga: 4 Jenis Makanan Manis untuk Pengidap Diabetes

Nah, stres oksidatif ini sendiri berhubungan erat dengan terjadinya resistensi insulin dan menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan kronis, termasuk sejumlah sakit kanker dan masalah jantung. Namun, jika kamu tidak yakin, kamu bisa menanyakan pada dokter ahli gizi mengenai asupan buah ini. Kamu bisa manfaatkan aplikasi Halodoc melalui fitur Tanya Dokter supaya tanya jawab kamu lebih mudah dan langsung ditangani oleh dokter asli. 

Ternyata, selain kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah stres oksidatif, buah beri juga kaya akan serat yang membantu mencegah kenaikan kadar gula dalam darah serta membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Belum lagi dengan kandungan vitamin dan mineral esensial yang memang baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Tahukah kamu bahwa indeks glikemik buah beri ini kurang dari 55 dan termasuk dalam kategori rendah? Tentu ini sangat bagus jika kamu ingin gula darah tetap stabil.

Baca juga: 4 Pola Makan Sehat untuk Pengidap Diabetes Tipe-1

Ambil contoh buah bluberi yang sangat baik dalam membantu pemrosesan glukosa yang efisien. Ketika dikombinasikan dengan diet rendah lemak, buah bluberi juga menghasilkan massa lemak yang lebih rendah serta berat badan keseluruhan yang lebih rendah. Massa hati pun menjadi lebih rendah. Pasalnya, pembesaran hati terkait dengan resistensi insulin serta obesitas, di mana  ini menjadi gambaran umum dari masalah diabetes. 

Tidak hanya itu, buah ini pun dapat membuat tubuh lebih responsif terhadap insulin yang banyak membantu pengidap prediabetes. Tentunya, karena bluberi rendah kalori dan kaya nutrisi, buah ini mampu membantu menurunkan berat badan. Bagi pengidap obesitas, mengonsumsi makanan seimbang dengan memasukkan buah ini dapat membantu mencegah diabetes dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Buah Lain untuk Pengidap Diabetes

Tidak hanya buah beri, masih ada lagi buah lain yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Ini termasuk buah citrus, apel, anggur, nanas, mangga, blewah, aprikot, hingga pepaya. Buah-buahan ini mengandung nutrisi yang memang diperlukan untuk kesehatan tubuh, terutama bagi pengidap diabetes. Mengonsumsinya secara rutin pun dianjurkan, demi menjaga kadar gula darah dan berat badan tetap terjaga. 

Baca juga: Buah Bit Baik untuk Pengidap Diabetes, Ini Alasannya

Referensi: 
Driscoll’s. Diakses pada 2019. Berry Diet for Diabetes.
Healthline. Diakses pada 2019. Are Blueberries Good for Diabetes?
Everyday Health. Diakses pada 2019. 8 Best Fruits for a Diabetes-Friendly Diet.