11 January 2019

4 Pola Diet Makan Sehat untuk Pengidap Diabetes Tipe 1

4 Pola Diet Makan Sehat untuk Pengidap Diabetes Tipe 1

Halodoc, Jakarta – Pengaturan pola makan menjadi salah satu kunci untuk “berdamai” dengan gangguan kesehatan yang menyerang tubuh, misalnya diabetes tipe 1. Penyakit ini menyebabkan tubuh pengidapnya tidak bisa mengolah kandungan gula dalam darah dan seluruh tubuh. Hal itu yang kemudian menyebabkan kadar gula meningkat.

Pengidap diabetes tipe 1 harus menjalani terapi insulin setiap harinya, yaitu hormon yang bertugas membantu mengatur kadar gula darah. Tujuan pengobatannya adalah menjaga kadar gula senormal mungkin, sehingga tidak menyebabkan munculnya gejala yang bisa mengganggu. Tanpa pengobatan ini pun, diabetes tipe 1 bisa terus bertambah buruk dan menyebabkan kadar gula darah semakin tinggi.

Baca juga: Gejala Diabetes Tipe 1 yang Perlu Diwaspadai

Selain terapi insulin, menjaga kadar gula juga bisa dilakukan dengan mengatur pola makan. Pengidap diabetes tipe 1 harus membatasi jumlah konsumsi karbohidrat harian. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu memantau dan menghitung secara hati-hati jumlah karbohidrat yang masuk dalam tubuh. Selain membatasi asupan karbohidrat, kamu juga harus melakukan pengaturan pola makan dengan cara:

1. Kaya akan Serat

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui ini, kandungan serat dalam makanan ternyata bisa membantu tubuh mengontrol gula darah. Pasalnya, saat masuk ke dalam tubuh makanan yang mengandung serta hanya melewati saluran pencernaan, tidak dicerna tubuh seperti makanan lainnya. Hal itu yang membuat makanan berserat cenderung tidak menyebabkan gula darah naik. Meski demikian, makanan yang mengandung serta sudah lama dikenal dengan berbagai manfaat sehat untuk tubuh.

2. Mengandung Vitamin dan Mineral

Pada dasarnya, vitamin dan mineral merupakan jenis asupan yang dibutuhkan tubuh. Namun ternyata, kandungan ini juga berkhasiat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh, lho. Keberadaan vitamin dan mineral dalam tubuh ternyata bisa menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, termasuk menjaga kestabilan gula darah. Asupan ini juga penting untuk menjaga kadar gula darah tidak terlalu tinggi, maupun terlalu rendah.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

3. Buah-buahan

Banyak pengidap diabetes tipe 1 yang menghindari buah-buahan, karena khawatir terhadap kandungan gula dalam buah. Namun ternyata, hal itu tidak sepenuhnya benar. Meski mengandung gula, namun buah-buahan bersifat alam, sehingga kandungan gula dalam buah sebenarnya cukup aman dan dibutuhkan tubuh. Hanya saja perlu diingat, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

4. Hindari Makanan Olahan

Mengonsumsi makanan olahan, seperti makanan siap saji dan makanan beku merupakan hal yang sebaiknya dihindari pengidap diabetes tipe 1. Pasalnya, jenis makanan ini biasanya sudah diolah dan dikemas sedemikian rupa, sehingga memiliki kandungan sodium, gula, dan lemak yang lebih tinggi. Selain itu, makanan olahan pun umumnya tidak memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral sebanyak yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Inilah Mitos Tentang Diabetes Tipe 1 yang Perlu Diketahui

Meski terdengar merepotkan, namun mengatur pola makan nyatanya bisa membuat pengidap diabetes tipe 1 lebih nyaman menjalani hidup. Agar tidak bosan, cobalah untuk mengombinasikan dan pilih jenis makanan dan sayuran yang disukai untuk makan sehari-hari. Nyatanya, mengatur pola makan bisa membantu menjaga kadar gula dan membuat tubuh lebih sehat.

Cari tahu lebih lanjut seputar diet sehat yang dianjurkan untuk pengidap diabetes tipe 1 dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips hidup sehat dan rekomendasi memilih menu makanan dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!