Bukan Hanya Kesuburan, Ini Manfaat Lain dari Taoge

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bukan Hanya Kesuburan, Ini Manfaat Lain dari Taoge

Halodoc, Jakarta - Taoge menjadi makanan yang digemari masyarakat Indonesia. Sayuran dengan batang berwarna putih dan ujung kekuningan ini dinilai baik untuk membantu meningkatkan kesuburan, terutama pada pria. Namun, ternyata manfaat taoge tidak hanya sebatas pada hal tersebut. Kamu harus tahu, ini manfaat lain dari taoge untuk menunjang kesehatan tubuh. 

  • Membantu Melancarkan Pencernaan

Taoge mengandung enzim dalam jumlah yang berlimpah. Enzim memainkan peran yang begitu penting dalam proses pencernaan. Tidak hanya itu, kandungan serat dalam taoge atau kecambah membantu mengangkat kotoran dan merangsang asam lambung, membantu kerja enzim dalam mencerna makanan lebih baik lagi. Taoge juga bermanfaat untuk mengatasi diare maupun sembelit. 

  • Membantu Mengatasi Anemia dan Meningkatkan Peredaran Darah

Kurangnya asupan zat besi pada tubuh bisa membuat kamu mengalami anemia. Pasalnya, zat besi menjadi bagian penting dalam pembentukan sel darah merah. Ketika mengalami anemia, kamu turut mengalami kelelahan, tidak bisa berkonsentrasi dengan baik, mual, pusing, hingga mengalami masalah pada perut. Melalui taoge, tubuh mampu mempertahankan jumlah sel darah merah, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih optimal. 

Baca juga: Enggak Hanya Taoge, Ini 5 Makanan Penyubur Sperma

  • Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ada beberapa faktor yang menjadikan taoge sebagai penguat imunitas tubuh. Kandungan vitamin C makanan ini berperan sebagai stimulan yang baik untuk sel darah putih dalam melawan infeksi dan penyakit. Lalu, kandungan vitamin A yang semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan kecambah itu sendiri. Vitamin A pun juga baik untuk menguatkan sistem imunitas tubuh karena kandungan antioksidan di dalamnya. 

  • Membantu Mencegah Stroke dan Memelihara Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 juga bisa kamu dapatkan dari taoge. Jenis kolesterol baik ini mampu mengusir kolesterol jahat dalam darah. Asam lemak ini termasuk antiperadangan alami yang membantu mengurangi stres pada sistem kardiovaskular tubuh. Lalu, kandungan kalium pada taoge yang membantu mengontrol tekanan darah, mengurangi terjadinya pembekuan dan menurunkan risiko penyempitan, stroke, dan jantung. 

Baca juga: 5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Mentah

  • Mencegah Kanker

Manfaat taoge berikutnya adalah mencegah kanker melalui antioksidan yang terkandung di dalamnya. Peran serta vitamin A, C, dan protein serta asam amino mampu mengatasi penumpukan radikal bebas pada tubuh yang menjadi penyebab munculnya sel-sel kanker. Radikal bebas juga bertanggung jawab terhadap masalah jantung, penurunan kemampuan kognitif, dan penuaan dini. 

Kanker menjadi masalah kesehatan besar yang ditakuti oleh masyarakat. Pasalnya, kehadirannya sering kali tidak diikuti dengan gejala, sehingga deteksi dini diperlukan untuk mengatasinya. Oleh karena itu, buat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat supaya kamu lebih mudah melakukan skrining kesehatan, sebagai tindakan deteksi dini dari kanker. 

Baca juga: Suka Lari? Perlu 5 Makanan Sehat Ini

Selain manfaat untuk kesehatan, tidak banyak yang tahu bahwa taoge sangat kaya nutrisi tetapi rendah kalori. Jadi, kamu tidak perlu khawatir gagal diet ketika mengonsumsi makanan ini. Serat di dalam taoge membantu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Tentu saja, ini membantu kamu makan atau ngemil berlebihan ketika merasa lapar dan mencegah terjadinya obesitas. 

Referensi: 

Organic Facts. Diakses pada 2019. Health Benefits of Sprouts.
Stylecraze. Diakses pada 2019. 20 Amazing of Sprouts for Skin, Hair and Health.
Health Benefits Times. Diakses pada 2019. Health Benefits of Bean Sprouts.