Mudah Kambuh, Begini Cara Cegah Penyakit Tipes

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Mudah Kambuh, Begini Cara Cegah Penyakit Tipes

Halodoc, Jakarta - Tipes atau Tifus adalah penyakit yang mudah kambuh, walau sudah sembuh. Penyakit ini disebabkan oleh Rickettsia atau Orientia bacteria, yang didapatkan dari tungau atau kutu yang terinfeksi. Tinggal di lingkungan dengan kebersihan dan kondisi sanitasi dasar yang buruk dapat membuat penyakit ini mudah kambuh kembali. Lalu, bagaimana cara mencegahnya?

Sayangnya, tidak ada vaksin yang dapat melindungi kamu dari tipes. Namun, kebersihan dasar dapat memengaruhi seseorang menjadi salah satu cara mencegah tipes. Hal ini termasuk hal-hal yang sangat sederhana, seperti mandi setidaknya seminggu sekali dan mengganti pakaian secara teratur.

Baca Juga: Yang Perlu Diketahui tentang Penyakit Tipes

Berikut adalah beberapa cara mencegah tipes yang dapat kamu lakukan:

Menjaga kebersihan pribadi yang memadai agar melindungi kamu dari kutu yang membawa penyakit.

  • Mengendalikan populasi hewan pengerat yang dapat membawa kutu.

  • Menghindari perjalanan ke daerah-daerah yang paparan tipes telah terjadi, atau ke negara-negara yang berisiko tinggi karena kurangnya sanitasi.

  • Menggunakan semprotan serangga, serta kemeja dan celana yang panjang.

Jika kamu butuh informasi lebih lanjut tentang penyakit tipes dan langkah-langkah pencegahannya, kamu bisa diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan juga bisa dilakukan di aplikasi Halodoc, lho. Lewat fitur Talk to a Doctor, kamu bisa obrolkan langsung gejalamu melalui Chat atau Voice/Video Call.

Kenali 3 Jenis Tipes

Terdapat tiga jenis utama tipes, masing-masing disebabkan oleh bakteri yang berbeda, yaitu:

  1. Tipes murine ditularkan oleh kutu ke orang-orang jika kutu tersebut menggigit binatang yang terinfeksi, terutama tikus. Sebagian besar kasus di Amerika Serikat telah dilaporkan di California, Hawaii, dan Texas.

  2. Tipes epidemi adalah varietas langka yang disebarkan oleh kutu tubuh yang terinfeksi. Hal ini tidak mungkin terjadi di luar kondisi kehidupan yang sangat ramai. Satu jenis tipes epidemi dapat disebarkan oleh tupai terbang yang terinfeksi walaupun sangat jarang.

  3. Tipes scrub disebarkan oleh tungau yang terinfeksi, terutama ditemukan di daerah pedesaan di Asia Tenggara, Cina, Jepang, India, dan Australia utara.

Jenis tipes yang membuat kamu terinfeksi tergantung pada seberapa banyak kamu menerima gigitan tersebut. Arthropoda biasanya merupakan pembawa strain tipes yang unik untuk spesies tersebut. Wabah tipes biasanya hanya terjadi di negara berkembang atau di daerah miskin, sanitasi buruk, dan kontak manusia yang dekat.

Tipes yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius, dan berpotensi menyebabkan sesuatu yang fatal. Penting untuk mengunjungi dokter kamu jika telah mencurigai kamu mengalami tipes.

Baca juga: Kena Tifus, Bolehkah Tetap Beraktivitas Berat?

Hal-Hal yang Meningkatkan Risiko Tipes

Kamu dapat tertular tipes jika digigit kutu, tungau, atau kutu yang terinfeksi. Hal ini sering ditemukan pada hewan kecil seperti tikus, kucing, dan tupai. Orang-orang juga dapat membawa hewan tersebut pada pakaian, kulit, atau rambutnya.

Penyakit ini dapat terjadi ketika standar hidup dan tingkat kebersihan buruk, terutama di:

  • Tempat-tempat yang penuh sesak seperti hostel saat bepergian.

  • Tempat dengan banyak semak dan padang rumput.

Baca juga: 5 Gaya Hidup untuk Cegah Tipes Kambuh Saat Puasa

Pengobatan Tipes

Kamu mungkin harus melakukan tes darah atau biopsi kulit untuk memeriksa apakah benar-benar terserang tipes. Antibiotik dapat digunakan untuk mengobati infeksi. Hal ini biasanya dimulai sebelum kamu mendapatkan hasil pemeriksaan, karena tes tersebut bisa memakan waktu hingga satu minggu.

Kebanyakan orang mulai merasa lebih baik dalam waktu 48 jam setelah memulai pengobatan. Penting untuk tetap mengonsumsi antibiotik sampai habis, bahkan jika kamu merasa lebih baik. Seseorang dengan tipes yang parah mungkin perlu dirawat di rumah sakit.