Cara Mencegah Mata Kering saat Berada di Luar Ruangan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
cara-menjaga-mata-kering-saat-berada-di-luar-ruangan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Sering beraktivitas di luar ruangan memang bisa membuat mata mudah kering. Ini karena saat berada di ruang terbuka, mata berisiko terpapar oleh berbagai macam polutan, seperti asap, debu, angin, dan lain-lain.

Enggak hanya membuat mata jadi merah, mata yang kering juga membuat kamu yang mengalaminya jadi merasa sangat tidak nyaman. Karena itu, lakukan cara-cara berikut untuk mencegah mata kering saat berada di luar ruangan.

Mata kering adalah kondisi saat mata tidak mendapat pelumasan yang cukup dari air mata. Tanpa cairan yang cukup, mata jadi tidak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata. Akibatnya, mata terasa sangat tidak nyaman.

Salah satu penyebab mata kering adalah berada di luar ruangan terlalu lama. Ini karena kondisi cuaca, seperti angin, asap, atau udara kering bisa membuat air mata lebih cepat menguap yang akhirnya membuat mata menjadi kering.

Baca juga: 3 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Mata Kering

Berikut gejala yang akan kamu rasakan bila mengalami mata kering:

  • Mata memerah
  • Mata terasa panas
  • Mata berair karena respon tubuh terhadap iritasi pada mata kering
  • Mata seperti berpasir dan kering
  • Penglihatan menjadi buram
  • Mata sensitif terhadap sinar matahari
  • Mata jadi cepat lelah

Gejala mata kering pada tiap pengidap tentu berbeda-beda dan tingkat keparahannya pun juga bervariasi. Tapi, mata kering bisa semakin parah bila udara di lingkunganmu sedang panas atau berangin.

Karena itu, bagi kamu yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan berada di luar ruangan cukup lama, berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah mata kering:

1. Gunakan Pelindung Mata

Saat berada di luar ruangan, gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan angin, debu, asap, dan juga panas.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum air yang banyak dapat membantu menjaga selaput lendir mata tetap lembap. Karena itu, penuhilah kebutuhan cairan tubuh setiap harinya dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Baca juga: Agar Sehat, Benarkah Orang Butuh Minum 8 Gelas Sehari?

3. Jangan Lupa Berkedip

Air mata akan langsung keluar setiap kamu berkedip. Dengan sering berkedip, kamu dapat melumasi dan menjaga kelembapan matamu serta membersihkan benda-benda asing dari mata. Selain itu, hindari mengucek mata karena dapat membuat mata kering semakin parah.

4. Konsumsi Lemak Omega 3

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung omega 3, seperti makarel, tuna, sarden, atau salmon. Ini karena omega 3 dapat memperbaiki kondisi mata kering.

Baca juga: Selain Salmon, 5 Ikan Ini Juga Tak Kalah Menyehatkan

5. Hindari Menggunakan Riasan Mata

Sebaiknya, jangan menggunakan riasan mata bila kamu banyak beraktivitas di luar ruangan. Ini karena serpihan riasan mata dapat ikut mengiritasi dan membuat mata kamu kering.

6. Gunakan Obat Tetes Mata

Kamu juga bisa meneteskan obat pelumas mata atau dikenal dengan air mata buatan secara berkala saat bekerja di luar ruangan. Obat tersebut bisa melembapkan mata dan berfungsi sebagai pengganti air mata.

Nah, itulah enam cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mata kering saat berada di luar ruangan. Tapi, bila gejala mata kering tidak kunjung sembuh, ada baiknya kamu segera diskusikan ke dokter mata. Kamu juga bisa membeli obat tetes mata melalui aplikasi Halodoc, lho. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play.