• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Penumpukan Asam Laktat di Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Penumpukan Asam Laktat di Tubuh

Cara Mengatasi Penumpukan Asam Laktat di Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 November 2021
Cara Mengatasi Penumpukan Asam Laktat di Tubuh

“Asam laktat merupakan zat sisa metabolisme tubuh yang dihasilkan dari sel otot dan sel darah merah. Jumlahnya sendiri dapat meningkat ketika seseorang melakukan aktivitas fisik berat atau berolahraga secara berlebihan. Lantas, bagaimana cara mengatasi penumpukan asam laktat dalam tubuh?”

Halodoc, Jakarta – Menumpuknya asam laktat saat melakukan aktivitas fisik berat atau berolahraga secara berlebihan menjadi kondisi yang umum terjadi. Namun, hal tersebut dapat memicu nyeri otot jika tidak diatasi dengan segera. Rasa nyeri yang muncul tentu akan mengganggu aktivitas yang kamu lakukan.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Bekas Jerawat Membandel

Cara Efektif Atasi Penumpukan Asam Laktat

Seperti pada penjelasan sebelumnya, asam laktat pada tubuh dapat menumpuk akibat olahraga berlebihan yang kamu lakukan. Pada kondisi tersebut, akan muncul sejumlah gejala, seperti:

  • Badan terasa lemas.
  • Kram atau nyeri otot.
  • Sakit kepala.
  • Tubuh mengeluarkan banyak berkeringat.
  • Peningkatan detak jantung.

Dalam kasus yang ringan, kondisi tersebut dapat mereda dengan sendirinya setelah beristirahat, karena metabolisme telah kembali normal. Namun, jika setelah beristirahat sejumlah gejala tidak kunjung membaik, kamu dapat melakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengatasinya:

1. Konsumsi Banyak Air Putih

Saat sedang berolahraga, tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih  agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, kamu akan terhindar dari penumpukan asam laktat. Konsumsi banyak air putih juga dapat mencegah kram dan nyeri otot, serta mengoptimalkan performa fisik saat berolahraga.

2. Bernapas dengan Cara yang Benar

Bernapas dengan benar saat berolahraga ternyata mampu meningkatkan performa fisik, sehingga seseorang akan terbebas dari penumpukan asam laktat. Berkaitan dengan teknik pernapasan yang benar, kamu dapat menarik napas melalui hidung dan tahan selama beberapa detik. Kemudian, buang napas lewat mulut. Jika tidak nyaman menahan napas, jangan melakukannya.

3. Pemanasan dan Pendinginan saat Berolahraga

Langkah selanjutnya dilakukan dengan melakukan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga. Jangan lupa, atau bahkan malas melakukannya, ya. Keduanya mampu melancarkan peredaran dalam tubuh dan meningkatkan fleksibilitas gerak sendi. Saat aliran darah lancar, oksigen dan nutrisi yang dialirkan menuju otot dapat menurunkan produksi asam laktat dan mencegahnya menumpuk.

Baca juga: Terlalu Banyak Berolahraga Dapat Menyebabkan Kecanduan

4. Konsumsi Jus Jeruk Sebelum Olahraga

Selain mampu mengatasi dan mencegah penumpukan asam laktat, mengonsumsi jus jeruk sebelum berolahraga dapat memberikan tambahan energi yang dibutuhkan. Sejumlah manfaat tersebut dapat dirasakan karena kandungan vitamin C dan B9 dalam buah jeruk. Asupan tersebut juga dapat membantu memperbaiki otot yang mengalami kelelahan saat berolahraga.

5. Cukupi Asupan Magnesium Tubuh

Tubuh membutuhkan asupan magnesium dalam jumlah besar untuk mendukung fungsi saraf dan proses relaksasi otot. Asupan ini juga dibutuhkan guna meredakan nyeri dan ketegangan otot akibat penumpukan asam laktat dalam tubuh. Asupan tersebut dapat kamu peroleh dari sayuran hijau, kacang-kacangan, susu, dan yoghurt.

Terkait dengan asupan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh, kamu bisa mendapatkannya dengan satu kali klik melalui aplikasi Halodoc. Cek kebutuhan asupan tersebut di sini, ya.

6. Mengistirahatkan Tubuh

Berolahraga memang dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, jika dilakukan secara berlebihan selama satu minggu penuh, otot pun tidak dapat beristirahat. Alih-alih sehat, penumpukan asam laktat dalam tubuh pun tidak dapat dihindari. Jadi, sebaiknya berikan jeda sehari dalam seminggu untuk beristirahat.

Baca juga: Ini Bahayanya Asam Laktat bagi Kesehatan Kulit

Itulah beberapa langkah mengatasi penumpukan asam laktat dalam tubuh. Bagi kamu yang memiliki masalah dengan penumpukan asam laktat atau masalah kesehatan lainnya, tanyakan saja langsung pada dokter melalui Halodoc. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 6 Ways to Get Rid of Lactic Acid in the Muscles.
WebMD. Diakses pada 2021. Lactic Acidosis and Exercise: What You Need to Know.
NCBI. Diakses pada 2021. Health and nutritional benefits from lactic acid bacteria.