Cara Mengenalkan Bahaya Narkoba pada Anak

Cara Mengenalkan Bahaya Narkoba pada Anak

Halodoc, Jakarta - Narkoba dan obat-obat terlarang lain tidak hanya mengancam anak-anak muda atau orang dewasa, namun juga mengincar anak-anak. Melalui berita kriminal, banyak ditemukan modus yang dilakukan para pengedar narkoba untuk membuat anak-anak mau mencoba atau bahkan kecanduan barang berbahaya tersebut. Oleh karena itu, kewaspadaan orangtua harus ditingkatkan dalam mengawasi pergaulan anak-anak agar terhindar dari bahaya narkoba.

Tidak hanya mengawasi pergaulan anak, orangtua wajib mengenalkan kepada mereka tentang bahaya narkoba. Pengenalan bahaya narkoba kepada anak-anak dapat dimulai sejak anak duduk di sekolah dasar.

Tentu saja pengenalan ini harus dikemas sesuai usia mereka dan tidak akan sama dengan pengenalan yang dilakukan kepada anak yang sudah lebih dewasa. Diperlukan cara yang tepat dalam memberikan edukasi tentang narkoba tersebut. Edukasi yang tepat membuat anak paham akan bahaya narkoba sehingga ia akan membentengi dirinya dari benda terlarang ini. Buat kamu yang penasaran tentang kiat mengenalkan bahaya narkoba pada anak.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Overdosis Narkoba

Bicarakan Langsung dengan Mereka tentang Narkoba

Sebagai orangtua, bukanlah masalah jika kamu terus membicarakan bahaya narkoba pada mereka. Selain itu, melakukan dialog terbuka dengan anak-anak adalah cara paling penting bagi mereka untuk belajar tentang narkoba dan bahaya yang ditimbulkan. Bicarakan kepada anak lebih dari sekali dan hingga ia benar-benar memahaminya.

Lakukan Sedini Mungkin

Untuk anak-anak yang lebih kecil, pendapat orangtua tentang apa yang "buruk" dan apa yang "baik" adalah hal yang sangat penting. Ajari mereka hal-hal apa yang dapat membantu mereka dan hal-hal mana yang dapat membahayakan mereka. Seiring bertambahnya usia, kamu dapat menjelaskan bahwa hal-hal yang mereka pilih untuk dimasukkan ke dalam tubuh mereka yang tidak dimaksudkan untuk dimakan atau diambil membuat mereka sangat sakit. Kamu dapat mengajari mereka bahwa narkoba akan merusak fungsi alami tubuh dan bisa sangat berbahaya.

Lakukan Penelitian Pribadi Mengenai Narkoba 

Ketahuilah segala informasi tentang narkoba yang kamu butuhkan sehingga kamu bisa siap menjawab pertanyaan anak-anak tentang bahaya narkoba. Di era teknologi ini, mudah bagi anak-anak dan orangtua untuk meneliti berbagai obat yang masuk dalam jenis narkoba. Kamu mungkin bisa melihatnya dari situ resmi Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk beberapa informasi yang mungkin diperlukan. Selain itu, kamu bisa memberikan buku bergambar yang mungkin ia mau baca tentang bahaya narkoba.

Pertahankan Jalur Komunikasi yang Terbuka

Biarkan anak-anak tahu bahwa kamu sebagai orangtua adalah orang yang aman bagi mereka untuk meminta bantuan. Biarkan mereka tahu bahwa boleh saja mereka memberi tahu hal yang akan terjadi dalam hidup mereka, baik atau buruk. Ketika mereka masuk SMP dan SMA, akan lebih banyak tekanan untuk mencoba alkohol atau menggunakan narkoba. Kamu sebagai orangtua dapat melakukan simulasi saat seseorang menawari mereka obat terlarang. Ini dapat membantu ketika hal-hal muncul dalam kehidupan nyata, karena mereka akan melakukannya. Biarkan mereka mengetahui kemungkinan yang bisa terjadi sehingga mereka dipersiapkan dengan baik untuk melakukan respon yang seharusnya sudah kamu ajarkan. Misalnya, segera lari jika ada seseorang yang menawari permen atau apa pun. 

Baca Juga: Dampak Konsumsi Ekstasi yang Mengancam Generasi Muda

Definisikan Maksud dari Kecanduan untuk Anak-Anak

Beri pengertian kepada mereka bahwa minum alkohol dan menggunakan narkoba dapat menjadi kebiasaan buruk yang sulit dikendalikan atau dihentikan. Kamu dapat memberi tahu mereka bahwa dengan beberapa obat seperti LSD dan kokain, kecanduan dapat terjadi saat pertama kali mereka mencobanya.

Definisikan Sejak Awal Apa itu Narkoba

Beritahu mereka bahwa narkoba pada dasarnya adalah racun. Seberapa pun jumlah yang dikonsumsi, mereka secara perlahan akan merusak tubuh. Obat-obatan dapat melakukan segala macam hal pada tubuh. Terlalu banyak obat apa akan membunuh sel-sel otak, membunuh hati, atau membunuh bagian tubuh lain. Hal yang harus dilakukan adalah mencari efek samping dari obat apa pun dan kamu akan melihat efeknya pada tubuh.

Bicaralah Mengenai Apa yang Anak Lihat di Televisi Mengenai Narkoba

Biarkan anak-anak tahu bahwa meskipun media mengagungkan kebiasaan merokok, minum, dan menggunakan narkoba, itu bukan kenyataan. Ada konsekuensi serius untuk semua hal ini. Mulai dari penyesalan, penyakit, gangguan kejiwaan, penjara, pembunuhan, pencurian, penyakit, bahkan kematian. Sebab kebanyakan tayangan televisi dan film cenderung tidak pernah memperlihatkan sisi negatifnya. 

Pujilah Mereka Atas Hal yang Mereka Lakukan dengan Benar

Bagian dari mendidik anak-anak adalah memvalidasi mereka yang telah membuat pilihan positif. Pujilah anak-anak untuk apa yang mereka lakukan dengan benar. Pujilah mereka karena merawat tubuh mereka seperti mandi, menyikat gigi, dan masih banyak lagi. Sebagai anak kecil, pujian sederhana akan membuat mereka merasa dihargai.

Baca Juga: Ini Pola Asuh Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

Itulah beberapa kiat memberitahu anak tentang bahaya narkoba. Pastikan anak untuk selalu terjaga kesehatannya. Namun, jika ia mengalami gejala penyakit tertentu dan malah semakin parah, kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan melakukan penanganan yang tepat di rumah sakit, maka hal ini bisa meminimalisir risiko. Kini kamu juga bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu melalui Halodoc. Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!