31 August 2018

Cara Merawat Kulit Agar Tetap Cantik di Usia 30 Tahunan

Merawat kulit

Halodoc, Jakarta - Banyak perempuan yang kurang perhatian dengan kesehatan kulit wajahnya di sela kesibukan harian. Padahal, menginjak usia 30 tahun, kulit wajah perempuan rentan menunjukkan tanda-tanda penuaan.

 

Dermatolog dari Fakultas Kedokteran Atmajaya, Dr Melyawati Hermawan, menyebutkan adanya beberapa tanda-tanda umum penuaan. Seperti kulit kasar, flek semakin banyak dan munculnya garis-garis halus.

 

Melyawati menjelaskan bahwa pada perempuan berusia 30 tahunan ada hambatan dalam pengelupasan pigmen pada sel kulit yang berfungsi untuk regenerasi kulit. Dengan tidak mengelupasnya pigmen tersebut, maka wajah menjadi terlihat kusam dan kering sebab wajah dipenuhi oleh sel-sel kulit mati. Pigmen ini setidaknya berganti setiap bulan. Nah, berikut merupakan tips merawat kulit agar tetap cantik di usia 30 tahun yang perlu kamu tahu.

  1. Rutin Membersihkan Wajah

Memasuki usia 30 tahunan kulit umumnya memang akan terasa lebih kering dan mulai terlihat kusam. Ini disebabkan karena kecepatan tubuh untuk memproduksi sel-sel kulit baru mulai melambat. Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, kamu harus rutin membersihkan wajah sebelum tidur. Apalagi untuk kamu yang setiap hari merias wajah, maka ritual membersihkan muka dari makeup sudah harus menjadi kegiatan rutin setiap hari. Pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Karena aktivitas membersihkan kulit setelah menggunakan makeup akan membantu untuk menghilangkan kotoran yang menempel dan mencegah dehidrasi pada kulit. Bahkan untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan facial, scrub dan masker secara rutin seminggu sekali.

2.Jangan Lupakan Pelembab

Tanda-tanda penuaan kulit memang nggak bisa dicegah, tetapi kamu bisa mengurangi kerutan kulit dengan rajin memakai pelembab. Terutama untuk para wanita yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, jangan lupa memakai pelembab  wajah dan kulit kaki tangan.  Gunakan pelembab yang memiliki kandungan lengkap seperti antioksidan, bahan aktif seperti retinol dan AHA (untuk regenerasi kulit).  Jadi sebelum kamu beraktivitas di luar rumah, pakailah pelembab di wajah dan oleskan juga hand and body lotion pada tangan dan kaki. Karena terpaan sinar matahari bisa memberikan dampak negatif untuk kulit dan wajah.

3. Pakai Krim Malam

Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit di usia 30 tahunan, kamu sudah harus rajin memakai krim malam. Karena menggunakan krim malam secara teratur sebelum tidur, kulit akan mendapatkan nutrisi yang bisa memulihkan kulit dari stres serta mengembalikan kelembaban kulit  dan mendorong aktivitas sel bekerja optimal di malam hari.

Selain itu manfaat memakai krim malam bagi wanita di usia 30 tahunan, bisa membantu untuk merangsang produksi kolagen dan elastin untuk membuat kulit lebih kenyal. Mengurangi tanda penuaan kulit, seperti keriput, garis halus dan flek wajah serta mempercepat proses pergantian kulit baru.  Nah, apakah kamu ingin kulitmu tetap cantik dan sehat di usia 30 tahunan? Jangan lupa melakukan tiga perawatan sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah, ya.

Masih banyak tips-tips seputar kecantikan dan kehidupan sehari-hari. Dengan download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play kamu.

 

Baca juga: