• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Membersihkan Makeup Membandel

5 Tips Membersihkan Makeup Membandel

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Karena ingin tampil cantik maksimal, kebanyakan wanita menggunakan tata rias yang lebih tebal saat menghadiri acara-acara penting. Saat ingin dibersihkan, makeup yang tebal ini kadang-kadang suka bandel dan sulit untuk dihilangkan. Apalagi bila makeup yang kamu gunakan adalah waterproof. Enggak usah kesal, kamu bisa membersihkan makeup membandel lebih mudah dengan tips-tips berikut.

Makeup waterproof saat ini sedang digemari karena bisa memberikan hasil tata rias yang lebih memukau dan tahan lama, bahkan meskipun terkena keringat sekalipun. Namun, karena formulanya yang kuat dan tahan lama inilah, makeup waterproof jadi susah dihilangkan. Bila makeup remover tidak mempan juga untuk menghilangkan jenis makeup yang satu ini, coba gunakan cara-cara alami ini:

1. Air Hangat

Rahasianya agar makeup yang membandel, khususnya riasan mata, mudah dibersihkan adalah dengan menggunakan air hangat. Caranya, basahi waslap dengan air hangat dan kompres area mata untuk melunakkan riasan. Kemudian, lanjutkan dengan membersihkan makeup dengan makeup remover seperti biasa.

2. Minyak Zaitun

Selain bisa digunakan sebagai masker wajah, minyak zaitun ternyata juga ampuh untuk menghapus makeup waterproof, lho. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan makeup, mulai dari maskara waterproof yang melekat erat di bulu matamu, blush on, foundation, sampai lipstick.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk mempermudahmu melepas bulu mata palsu. Caranya, uapi dulu wajahmu dengan air hangat, kemudian gunakan kapas atau cotton bud untuk mengolesi minyak zaitun pada mata. Lalu, pelan-pelan lepas bulu mata palsu dari matamu. Namun, kalau jenis kulit wajahmu berminyak, sebaiknya gunakanlah minyak kelapa daripada minyak zaitun. (Baca juga: 5 Masalah Kulit yang Bisa Diatasi dengan Minyak Zaitun)

3. Minyak Kelapa

Bahan alami lainnya yang bermanfaat untuk menghapus makeup yang membandel adalah minyak kelapa. Selain membersihkan makeup, minyak kelapa juga bisa melembapkan kulit dan bulu matamu, lho. Caranya, teteskan sedikit minyak kelapa ke jari, lalu pijat lembut kelopak matamu. Lakukan selama beberapa saat sampai makeup pada mata mulai luntur. Kemudian, bersihkan dengan menggunakan kapas.

4. Sampo Bayi

Sampo bayi yang formulanya sangat lembut juga bisa digunakan untuk menghapus makeup membandel. Namun, kamu sebaiknya menggunakan sampo bayi yang tidak pedih di mata.  Caranya adalah pertama-tama campurkan sampo bayi ke dalam sebuah botol berisi air dengan perbadingan 1:10. Lalu, kocok hingga tercampur rata dan kamu pun bisa menggunakannya sebagai makeup remover.

5. Petroleum Jelly

Lipstik matte adalah jenis lipstik yang sedang populer saat ini. Namun, lipstik matte lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan jenis lipstik biasa, karena formulanya yang melekat pada bibir. Kadang-kadang, walaupun kamu sudah menggosoknya berkali-kali, tetap saja ada sisa lipstik yang tertinggal di bibir. Selain itu, menghapus lipstik dengan cara menggosok bibir dengan kuat juga bisa merusak lapisan bibir dan membuat bibir jadi pecah-pecah.

Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan petroleum jelly. Oleskan petroleum jelly pada bibirmu dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian, hapus lipstik pada bibir dengan menggunakan waslap hangat dengan gerakan melingkar. Bilas waslap, kemudian ulangi lagi sampai tidak ada lagi sisa lipstik pada bibir.

Jangan malas untuk membersihkan makeup yang kamu gunakan setelah beraktivitas ya, agar kesehatan kulit wajahmu selalu terjaga (Baca juga: Ini Bahaya Tidur Pakai Makeup). Kalau kulit wajahmu bermasalah, tanyakan saja pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.