• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mudah Mengecilkan Perut dengan Berjalan Kaki

Cara Mudah Mengecilkan Perut dengan Berjalan Kaki

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki kondisi tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, menjaga asupan makanan yang kamu konsumsi setiap harinya, dan juga lakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin. Selain menjauhkan dari penyakit, rutin berolahraga juga membuat penampilan fisik menjadi lebih baik.

Baca juga: Jalan Kaki, Olahraga Ringan yang Punya Banyak Manfaat

Salah satu hal yang umumnya dialami oleh orang yang jarang melakukan olahraga adalah perut yang buncit. Banyak olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut yang buncit, salah satunya dengan berjalan kaki. Dilansir dari Mayo Clinic, rutin berjalan kaki dapat menghindari kamu dari gangguan kesehatan dan meningkatkan kekuatan otot, termasuk otot perut.

Berjalan Kaki dapat Kecilkan Perut

Dilansir dari Healthline, rutin melakukan berjalan kaki dapat mengecilkan lingkar perut yang kamu miliki. Faktanya, pria dengan lingkar pinggang lebih dari 102 cm memiliki kondisi obesitas dan dianggap rentan dengan berbagai gangguan kesehatan. Begitu juga dengan wanita yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 88 cm memiliki risiko yang serupa.

Jadi, tidak ada salahnya rutin untuk lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki yang dianggap sebagai salah satu olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa pun dan dimana saja. Tidak ada salahnya untuk lakukan berjalan kaki minimal 30-60 menit setiap harinya agar kamu mendapatkan hasil yang optimal.

Dilansir dari Harvard Medical School, kegiatan berjalan kaki dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk saat akan berangkat menuju kantor. Jadikan kegiatan berjalan kaki sebagai bagian dari kehidupan kamu sehari-hari.

Melakukan olahraga jalan kaki menjadi salah satu olahraga yang paling minim persiapannya. Kamu hanya membutuhkan persiapan sepatu yang nyaman untuk melakukan kegiatan ini. Gunakan sepatu yang nyaman saat berjalan kaki agar kamu tidak mengalami cedera. 

Baca juga: Kebiasaan Berjalan Kaki Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Saat berjalan kaki, pastikan badan berdiri tegak, otot punggung dan bokong bekerja lebih kuat sehingga kamu bisa berjalan lebih cepat untuk membakar lebih banyak kalori. Aturan berdiri tegak yang tepat adalah posisi punggung lurus, telinga, bahu, dan pinggul sejajar.

Buat lekukan pada tangan hingga membentuk sudut 90 derajat, kemudian gerakkan kedua tangan ke depan dan ke belakang. Hal ini meningkatkan kecepatan kamu berjalan dan akan membakar lebih banyak kalori.

Manfaat Lain dari Berjalan Kaki

Rutin melakukan berjalan kaki tidak hanya dapat mengecilkan perut, namun juga berdampak positif pada kesehatan kamu. Berikut ini manfaat lain dari berjalan kaki yang perlu diketahui.

Dilansir dari Better Health, rutin berjalan kaki dapat menurunkan risiko penyakit jantung maupun penyakit stroke. Selain itu, berjalan kaki juga memperkuat kondisi tulang agar terhindar dari cedera yang dapat terjadi.

Dilansir dari situs halaman Prevention, rutin melakukan olahraga berjalan kaki dapat meningkatkan kondisi kesehatan pencernaan. Studi yang ditulis dalam Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition juga mengungkapkan rutin berjalan kaki memicu kreativitas seseorang.

Baca juga: Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Jadi, tunggu apa lagi? Lakukan jalan kaki secara rutin di sekitar rumah maupun di kantor. Jangan lupa untuk tetap penuhi cairan agar tubuh terhidrasi dengan baik dan kesehatan tetap terjaga. Jika kamu mengalami cedera akibat berjalan kaki, jangan ragu untuk tanyakan kesehatan pada dokter melalui aplikasi Halodoc agar mendapatkan penanganan lebih cepat!

 

Referensi:
APA Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition. Diakses pada 2020.Give Your Ideas Some Legs: The Positive Effect of Walking on Creativity Thinking
Better Health. Diakses pada 2020. Walking Good for Health
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. Walking: Your Steps to Health
Healthline. Diakses pada 2020. How Walking Can Help You Lose Weight and Belly Fat
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Walking: Trim Your Waistline, Improve Your Health
Prevention. Diakses pada 2020. 11 Biggest Benefits of Walking to Improve Your Health, According to Doctor