Coba 3 Olahraga Air untuk Melatih Otot Perut

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Coba 3 Olahraga Air untuk Melatih Otot Perut

Halodoc, Jakarta - Sudah menjadi rahasia umum, olahraga memang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Selain itu, berolahraga juga dapat membakar lemak dan membentuk otot perut. Untuk mendapatkan otot perut yang diinginkan, kamu ternyata bisa melakukan olahraga air.

Olahraga yang dilakukan di air membutuhkan energi yang lebih tinggi, karena tubuh harus berusaha lebih keras di dalam air. Ketika di dalam air, tubuh akan berusaha menahan terjangan tekanan air yang mungkin 12 kali lipat lebih kuat, sehingga otot-otot perut pun akan menjadi lebih kuat dan kencang. Walau begitu, membentuk otot perut itu lebih susah dibandingkan membentuk otot di bagian tubuh lainnya.

Berikut adalah olahraga-olahraga yang dapat membentuk otot perut, yaitu:

  1. Renang

Olahraga renang adalah salah satu cara untuk membakar lemak dan juga untuk membentuk otot di seluruh tubuh termasuk juga otot di perut. Dengan koordinasi gerakan pada otot tangan, perut, kaki, dan tubuh untuk berusaha menyeimbangkan tekanan air. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal guna membentuk otot perut, saat berenang harus melakukan gerakan yang benar. Cara-caranya yaitu dengan:

  • Tendangan kaki. Gaya ini dilakukan dengan menggunakan pelampung, sehingga tubuh mengapung dengan posisi tubuh lurus dari ujung tangan ke ujung kaki. Lalu, ayunkan kedua kaki secara bergantian sambil menjaga kepala tetap melihat ke atas permukaan air. Teruskan gerakan tersebut ke sisi lain dari kolam lalu bolak-baliklah sampai merasa cukup.
  • Pull Buoy. Gerakan ini juga membutuhkan pelampung atau pull buoy agar tubuh mengapung. Cara membentuk otot perut yaitu pertama-tama jepit pull buoy rapat-rapat dengan kedua kaki selama berenang. Dengan cara ini, kamu tidak akan menggunakan kaki untuk berenang dan terus menggunakan tangan untuk berenang. Dengan posisi ini, maka otot perut semakin kencang.
  1. Polo Air

Olahraga polo air adalah olahraga tim yang dilakukan dalam kolam renang dengan cara memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak mungkin. Tiap anggota tim harus terus berenang di permukaan dan mengoper bola dengan menggunakan satu tangan. Sistemnya mirip dengan sepak bola hanya saja dilakukan dalam air. Satu tim polo air terdiri dari tujuh orang dengan enam orang pemain dan satu penjaga gawang.

Ketika seseorang bermain polo air, semua bagian tubuhnya akan aktiv bergerak. Selain itu, pemain juga harus tetap menjaga tubuhnya agar di permukaan. Sehingga, otot yang ada di seluruh tubuh sekalipun yang jarang digerakkan menjadi terlatih termasuk juga otot perut.

  1. Akuarobik

Olahraga ini dilakukan di dalam air dengan gerakan-gerakan yang berasal dari senam. Olahraga ini dapat mengencangkan otot bahu, dada, dan juga otot perut. Ketika dilakukan di darat, sebagian besar senam mengandalkan kekuatan kaki. Sedangkan ketika melakukan akuarobik, tekanan air dapat membantu setiap gerakan, sehingga tidak selalu bertumpu pada kaki.

Latihan akuarobik yang dilakukan selama satu jam dapat membakar kalori sebanyak 235-345 kalori. Selain itu, akuarobik juga dapat membantu sistem kardio. Latihan akuarobik dapat menjaga kesehatan terutama pada kesehatan jantung dan paru-paru. Olahraga ini dapat meningkatkan sistem kardiovaskular pada tubuh kamu.

Itulah 3 olahraga air yang dapat melatih otot perut. Jika kamu mempunyai pertanyaan seputar pembentukan otot perut, dokter-dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Play Store.

Baca juga: