12 October 2018

Ini 4 Olahraga yang Lebih Cepat Bakar Kalori

 Olahraga bakar kalori,olahraga

Halodoc, Jakarta – Olahraga merupakan cara yang bisa dilakukan untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal, bugar, dan bebas dari lemak. Namun, alasan kesibukan dan tidak adanya waktu masih sering menjadi alasan untuk melewatkan olahraga. Padahal, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan orang dewasa sehat yang berusia 18-64 tahun, untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit per minggu atau olahraga dengan intensitas tinggi.

Umumnya, lama waktu yang direkomendasikan adalah 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu. Batas maksimalnya adalah selama 90 menit setiap hari bagi orang yang kelebihan berat badan(overweight). Terlepas dari lama waktu berolahraga yang direkomendasikan, tidak dapat dimungkiri bahwa kesibukan harian bisa membuat kita mangkir dari sesi olahraga rutin. Berikut olahraga yang lebih cepat membakar kalori yang bisa kamu lakukan:

1. Lari/Joging

Berlari selama satu jam secara rutin dapat membakar 700-an kalori. Kamu dapat lari atau joging pada pagi atau sore hari, tergantung waktu luang yang kamu miliki saja. Lakukan olahraga ini secara rutin sekitar tiga sampai empat kali dalam seminggu agar lebih cepat dan efektif membakar lemak.

Pilihlah jarak yang sesuai dengan kemampuan kamu. Kamu tidak perlu ambisius, apalagi kalau kamu baru saja memulai olahraga. Jarak sekitar satu kilometre sudah cukup bagi kamu yang baru memulai olahraga lari untuk membakar lemak. Apabila sudah mulai terbiasa, baru perpanjang jarak untuk mencapai hasil yang optimal dalam membakar kalori.

2. Lompat Tali

Kamu sudah terlalu malas keluar rumah untuk berolahraga? Kamu tetap bisa menjalani olahraga ini untuk membakar kalori. Hal yang kamu butuhkan hanya seutas tali olahraga dan niat untuk membakar kalori.

Olahraga lompat tali dapat membantu membakar lemak hingga 700-an kalori pada perempuan dan 800-an kalori kalori pada laki-laki, dengan durasi satu jam. Dalam durasi satu jam ini, lakukanlah lompat tali dengan set latihan interval 10 menit. Set ini sama hasilnya dengan melakukan joging selama delapan menit.

Untuk pergerakan, kamu bisa melakukan ayunan ke belakang sebanyak 30 pengulangan, lalu beri jeda istirahat sekitar 30 detik. Setelah itu, ganti ayunan ke arah depan dengan repetisi 30 kali. Variasi gerakan ini dapat secara efektif dan cepat membakar lemak di dalam tubuh kamu.

3. Aerobik

Olahraga ini menawarkan dinamisme gerakan tubuh. Kamu dituntut untuk menggerakan seluruh anggota tubuh mengikuti irama musik sebagai latarnya. Bagian tubuh seperti perut, paha, kaki, lengan, sampai leher akan diajak bergerak saat mengikuti olahraga ini. Kalau sudah begini, tentunya tidak ada tempat tersembunyi lagi bagi lemak.

Aerobik selama satu jam dapat membantu membakar kalori hingga 600-an kalori untuk perempuan. Latihan ini juga dapat membuat perut dan bokong menjadi lebih kencang serta mencegah selulit muncul di area paha.  

4. Latihan Beban

Sebagai alternatif lain, kamu bisa melakukan olahraga ini untuk membakar lemak lebih cepat. Saat melakukan latihan beban, kamu tidak hanya akan membakar kalori, tapi juga membentuk sekaligus melatih kekuatan otot. Latihan beban ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga lemak yang masuk melalui makanan dapat mudah terbakar dan tidak menumpuk dalam tubuh.

Itulah empat olahraga yang bisa kamu lakukan untuk membakar lemak secara efektif dan cepat. Lakukan olahraga tersebut dengan pendampingan dokter supaya hasil yang kamu dapatkan lebih maksimal dan menyehatkan. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter di Halodoc mengenai olahraga yang mampu membakar kalori lebih cepat. Diskusi dengan dokter lebih praktis dilakukan melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa memilih komunikasi via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana pun. Yuk, segera download aplikasinya di Google Play atau App Store!

Baca juga: