• Home
  • /
  • Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Kelenjar Getah Bening

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Kelenjar Getah Bening

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Kelenjar Getah Bening

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan kelenjar getah bening adalah hal yang penting dilakukan untuk menghindari pembengkakan atau kanker yang bisa menyerang bagian tersebut. Di dalam tubuh manusia, kelenjar getah bening memiliki peran penting bagi kekebalan tubuh. Kelenjar getah bening memiliki fungsi melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. 

Namun, ada kondisi yang bisa menyebabkan kelenjar ini mengalami pembengkakan. Umumnya, pembengkakan kelenjar getah bening diakibatkan oleh infeksi. Kelenjar getah bening terletak di sejumlah area tubuh, seperti di leher, di bawah dagu, selangkangan, serta di ketiak. Lantas, apa yang perlu dilakukan agar kelenjar getah bening tidak mengalami pembengkakan?

Baca juga:  Ini Cara Memeriksa Kelenjar Getah Bening

Mencegah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening 

Kelenjar getah bening bisa ditemukan di beberapa area tubuh, seperti leher, di bawah dagu, selangkangan, dan ketiak. Saat kelenjar getah bening mengalami pembengkakan, artinya kelenjar tersebut sedang mengalami infeksi dan tengah berjuang untuk melawan. Caranya adalah dengan mengaktifkan sel darah putih guna melawan infeksi. 

Penyebab paling umum pembengkakan kelenjar adalah infeksi bakteri, virus, atau jamur. Maka dari itu, cara terbaik untuk menjaga kesehatan kelenjar getah bening adalah dengan melindungi tubuh agar terhindar dari serangan virus atau bakteri. Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan kelenjar getah bening: 

  • Menjaga Kesehatan Tubuh 

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh menjadi hal penting yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit. Salah satu cara mencegah pembengkakan kelenjar getah bening adalah dengan menghindari terserang flu. Pasalnya, virus penyebab penyakit ini juga bisa menginfeksi kelenjar getah bening yang mengakibatkan bagian tersebut mengalami pembengkakan. Agar terhindar dari flu, biasakan untuk selalu mencuci tangan, konsumsi makanan sehat, serta rutin berolahraga dan konsumsi vitamin. 

Baca juga: 5 Cara Ampuh Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

  • Menjaga kebersihan tubuh

Secara umum, pembengkakan kelenjar getah bening terjadi karena infeksi virus, bakteri, atau jamur. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar agar terhindar dari infeksi penyebab kelenjar getah bening bengkak. Untuk itu, pastikan selalu menjaga kebersihan dengan mandi setiap hari, rutin mencuci tangan, hindari sering menyentuh area mata, mulut, dan hidung. Selain itu, biasakan juga untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, mengganti baju setelah beraktivitas, serta menutup mulut dan hidung saat sedang bersin atau batuk.

Selain kesehatan tubuh secara keseluruhan, penting juga untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Bakteri bisa menyebabkan pembusukan gigi dan penyakit gusi yang pada akhirnya bisa menginfeksi kelenjar getah bening. Hal itu kemudian mengakibatkan kelenjar getah bening di leher atau bagian belakang telinga mengalami pembengkakan

Mencegah pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa dilakukan dengan menghindari konsumsi obat-obatan tertentu. Pasalnya, ada jenis obat-obatan yang bisa berbahaya dan memicu pembengkakan pada kelenjar getah bening. Segera lakukan pemeriksaan jika mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, sebab infeksi yang tidak segera ditangani bisa memperlambat pemulihan dan membuat kondisi menjadi lebih buruk. 

Baca juga: Ketahui Perbedaan Gejala Pembengkakan dan Kanker Kelenjar Getah Bening

Menjaga kebersihan tubuh bisa menjadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan kelenjar getah bening. Cari tahu lebih lanjut seputar tips menjaga kesehatan dan mencegah pembengkakan kelenjar getah bening dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. How can swollen lymph nodes be prevented? 
Web MD. Diakses pada 2020. What Are Lymph Nodes? 
Healthline. Diakses pada 2020. The Secrets to Never Getting Sick. 
Health. Diakses pada 2020. 7 Personal hygiene.